Lovebird Cabut Bulu ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lovebird yang sering mencabuti bukunya sendiri merupakan hal yang tidak baik untuk burung itu sendiri, entah itu disebabkan oleh factor kondisi, penyakit, factor lingkungan dan lain sebaganya.

Pada kesempatan kali ini, Duniakicau.net akan membahas tentang beberapa penyebab dan cara mengatasi lovebird mencabuti bulunya sendiri.

Ya, penyebab lovebird gemar cabut bulu sendiri beragam, maka itu bagi anda yang ingin mengatasinya perlu terlebih dahulu mengetahui tentang beberapa penyebabnya.

Penyebab Lovebird Cabut Bulu

Sebelum merawat lovebird yang cabut bulu ketahui tentang penyebabnya, karena jika salah melakukannya, perilaku lovebird yang gemar cabut bulu tidak kunjung selesai.

  1. Lovebird Bosan dan Stres

Lovebird merupakan jenis burung yang biasa hidup secara berkelompok,  dan memiliki kecerdasan yang lebih bagus dari jenis burung lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Emosian

Jika aktifitas burung begitu-gitu saja, maka burung akan cenderung mudah bosan, dan ketika bosan tersebut bisa membuat burung menjadi berperilaku cabut bulu, gigit kaki dan lain sebagainya.

Begitu juga ketika lovebird stress, berperilaku cabut bulu sendiri kemungkinan besar lovebird akan lakukan.

  1. Over birahi

 Lovebird yang over birahi akan berpelilaku banyak tingkah dan juga bisa berpeluang burung akan cabut bulu sendiri.

Birahi yang tidak tersalurkan biasanya akan membuat lovebird menjadi bertingkah, seperti menjadi galak, naik turun tangkingan, suka gigit jari pemilik dan termasuk cabut bulu sendiri.

Biasanya over birahi lovebird di sebabkan oleh pemberikan pakan yang mengandung protein yang tinggi. Dan untuk mengatasinya cukup berikan milet putih saja setiap hari dan melakukan perawatan lainnya.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Lovebird

  1. Iritasi Kulit

Iritasi pada kulit lovebird bisa menyebabkan kulit burung terasa gatal. Dan ketika rasa gatal muncul, maka lovebird akan menggruknya, dan ketika menggaruknya terlalu keras, maka bulu yang di sekitar kulit yang terkena iritas menjadi rontok.

  1. Lovebird Terkena Alergi

Ketika lovebird terkena reaksi alergi,kulit  tubuh burung menjadi gatal, sehingga burung menggaruknya dan bahkan bulunya menjadi rontok.

Lovebird terkena alergi bisa di sebabkan sangkar yang kotor, makanan dan minuman yang kotor, entah itu pakan yang terkena air hujan atau air mandi burung itu sendiri ketika mandi semprot.

  1. Bahan Buat Bersarang Kurang

Lovebird butuh bahan untuk bersarang ketika di ternakan, namun jika bahan buat bersarang kurang, burung terpaksa mencabuti bulunya sendiri. Dan bisa saja kemungkinan lain, seperti burung lovebird yang di ternak tersebut di sebabkan oleh kurangnya fosfor ( p ) dan mineral kalsium ( Ca ) .

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird

  1. Lovebird Terkena Paparan Polusi Udara

Polusi yang buruk seperti asap rook, asap pembakaran sampah dan polusi lainnya bisa menimbulkan iritasi, dan efek iritasi tersebut bisa membuat kulit lovebird menjadi gatal.

  1. Kekurangan Gizi dan Gizi tidak Seimbang

Ketika lovebird kekurangan gizi dan asupan gizinya tidak seimbang bisa membuatnya berperilaku aneh, termasuk mencabuti bulu sendiri untuk membuatnya menjadi rasa nyaman.

  1. Sangkar atau Kandang Terlalu Kecil

Kandang atau sangkar yang terlalu kecil dan di huni oleh beberapa lovebird lainnya dapat membuat lovebird menjadi gelisah dan menjadi tidak nyaman, dan bisa membuatnya menjadi stress dan jika lebih parah lagi lovebird akan cabut bulu sendiri.

  1. Adanya Penyakit Hormonal

Ada beberapa penyekit yang memicu lovebird berperilaku menjadi sering cabut bulu sendiri yang menimbulkan rasa gatal pada tubuhnya seperti penyakit Addison atau hipertiroid.

Baca Juga : Penyebab Lovebird tidak Ngekek di Gantangan

  1. Keracunan Benda Logam

Jeruji sangkar lovebird yang sudah berkarat, bisa menimbulkan lovebird menjadi sering cabut bulu karena memiliki efek gatal pada kulitnya.

Cara Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Sendiri

Untuk mengatasi lovebird yang kerap kali mencabuti bulu sendiri tinggal di sesuaikan ya teman-teman, misalkan penyebabnya over birahi, maka tinggal stabilkan birahinya dan lain sebagainya, dan untuk tips lainnya, antara lain :

  • Bersihkan tubuh burung dengan cara memmandikannya setiap hari
  • Jaga kebersihan dsar sangkar dari kotoran yang tercampur dengan sisa pakan untuk menghindari bakteri, kuman dan tungau bersarang pada sangkar
  • Di usahakan jangan merokok di dekat lovebird
  • Ketika memandikan alangkah baiknya gunakan shampoo khusus burung untuk mengusir kutu atau tungau yang ada pada bulu dan kulit burung
  • Karena salah satunya penyeba lovebird cabut bulu sendiri karena keracunan benda logam, maka sangkar burung di cat ulang
  • Gunakan sangkar atai kandang yang sesuai dengan ukuran lovebird dan hindari memasukan lovebird dalam jumlah terlalu banyak di kandang koloni

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Sering Buang Makanan

  • Berikan mainan seperti bak mandi kecil atau ayuna ketika lovebird terlihat bosan
  • Berikan asupan pakan yang lengkap dan juga berikan multivitamin dan suplemen
  • Jika birahinya terlalu tinggi, maka turunkan dengan sering memandikan, kurangi jemur dan berikan milet putih

Lovebird Mencabuti Bulu Setelah Mandi

Beberpa penyebab lovebird juga bisa di sebabkab oleh memandikan dengan cara yang tidak tepat, sehingga burung akan merasa kesakitan seperti tertusuk jarum, karena setelan semprotan atau sprey terlalu kuat, sehingga burung menjadi ingin mencabuti bulunya.

Jadi untuk memandikan lovebird setelah semprotannya lembut saja agar tidak menyakiti burung.

Leave a Comment