Inilah Perilaku Ketika Lovebird Bertelur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sebagian dari peternak lovebird mungkin sangat penasaran, apakah lovebird yang diternakannya tersebut sudah bertelur atau belum.

Ketika lovebird mulai membangun sarang, tentunya bisa sudah di lihat, dimana lovebird jantan dan betina akan sibuk membuat sarang dari serat kayu, kertas koran, serbuk kayu dan bahan bersarang lainnya yang di sediakan oleh pemiliknya.

Ya, tahapan beternak seperti kawin, membangun sarang dan bertelur merupakan proses yang harus diketahui prosesnya.

Perilaku Lovebird Bertelur

Sebagian orang mungkin akan membuka glodoknya, dan melihat apakah ada telur di dalam glodoknya tersebut ada telur atau tidak, dan mungkin sebagian lagi tidak berani membuka glodoknya karena khawatir lovebird yang di ternakan menjadi tidak nyaman dan membuat burung menjadi tidak mau bertelur dan merusak telurnya, karena merasa terganggu.

Baca Juga : Penyebab Lovebird Macet Produksi

  1. Indukan Betina Lovebird Lebih Agresif

Indukan lovebird ketika akan bertelur akan terlihat agresif, terlebih lovebird indukan tersebut sudah bertelur akan lebih agresif untuk melindungi telurnya.

  1. Indukan Lovebird Sering di Dalam Glodok

Beberapa hari sebelum lovebird bertelur dan sudah bertelur, indukan lovebird betina akan sering berdiam diri di dalam glodok untuk mengerami telurnya untuk menjaga suhu telur.

  1. Jantan Sering Masuk dan Keluar Glodok

Lovebird jantan ketika lovebird betina mengeram dan bertelur akan banyak mengkonsumsi makanan, untuk kebutuhan lovebird jantan itu sendiri dan untuk meloloh atau menyuapi  lovebird betina yang sedang mengeram.

Baca Juga : Penyebab Lovebird Jantan Keluar Masuk Glodok

Karena lovebird betina akan sering berdiam diri di glodok, dan lovebird jantan memberikan makanan dengan cara melolohnya.

  1. Indukan Lovebird Jarang Bunyi

Jika biasanya lovebird rajin bunyi, maka ketika sedang bertelur, lovebird akan banyak diam dan jarang mengeluarkan suara, terutama mengeluarkan suara ngekeknya untuk melindungi telurnya.

Leave a Comment