Cara Mengatasi Burung Cililin Macet bunyi dan Agar Tidak Mudah Stress

cara merawat burung cililin macet bunyi

Kepopuleran dari burung cililin ini menjadi hal yang menjadi perbincangan dari kalangan kicaumania Indonesia, karena kicauan burung cililin sering digunakan sebagai burung masteran, karena memiliki kualitas suara yang baik, dan tak heran banyak orang yang memelihara burung ini.

Namun ,selain memiliki kelebihan memiliki kicauan yang sangat bagus dengan kecerdasan yang dimilikinya sehingga dapat menirukan banyak suara burung, burung cililin memiliki kekurangan tersendiri, dimana burung cililin rawan terkena stress dan dan bisa membuatnya mudah macet bunyi karena stress tersebut, dan membuat para kicau mania enggan untuk memelihara burung ini.

Namun , bagaimanapun semua burung , jika di rawat dengan baik dapat membuatnya stress dan macet bunyi, namun perbedaannya adalah dari perlakukan dalam perawatannya, karena setiap burung memiliki karakter dan kebiasaan masing-masing, sehingga dengan memperhatikan dair karakter burung itu sendiri menjadi awal sebelum melakukan perawatan yang akan di lakukan nanti.

Penyebab Burung Ciliin macet bunyi dan stress

Burung cililin stress bisa di sebabkan oleh banyak hal, sebelum lebih jauh mengatasi burung cililin agar tidak stress, maka ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang mungkin akan membuat burung menjadi stress.

  • Pakan

Dalam pemberian pakan pada burung cililin sebaiknya jangan di berikan dalam jumlah yang banyak, karena bisa membuatnya menjadi malas untuk bergerak aktif dan juga nantinya malas untuk berkicau. Selain itu pakan yang diberikan juga jangan terlalu sedikit karena bisa membuatnya menjadi stress dan menimbulkan kematian.

  • Penjemuran

Durasi lamanya penjemuran pada burung berbeda-beda, karena jika terlalu lama, burung cililin tidak menyukainya yang bisa membuatnya menjadi macet bunyi dan stress. Untuk menjemurnya jangan melebihi selama 20 atau 30 menit saja dan itu juga jangan terlalu siang, karena burung tidak akan kuat sama panas mataharinya.

  • Terkena Hembusan Angin

Jika terkena hembusan angin yang cukup kencang, burung cililin akan rentan sakit yang dapat membuatnya menjadi drop. Jadi jauhkan tempat yang terlalu kena angin secara langsung atau hal lainnya yang menimbulkan angin kencang, seperti kompresor AC, ventilasi udara, kipas angin , blower dan yang lainnya.

  • Tempat air atau air yang kotor

Bersihkan tempat air atau air secara rutin hingga benar-benar di pastikan bersih. Karena jika kotor, dapat berakibat fatal pada burung cililin, sehingga burung mudah sakit.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Burung Cililin macet bunyi

Jangan pernah menyepelekan ketika burung macet bunyi atau terkena stress, karena bisa membuatnya menjadi mati atau macet bunyi berkepanjangan yang dapat menurunkan kualitas kicaunnya. Segera atasi dengan perawatan khusus seperti yang di sampaikan pada penjelasan di bawah ini.

  1. Menganti kandang

Jika permasalahan burung cililin menjadi macet bunyi atau stress di sebabkan oleh kandang terlalu kecil, atau burung sedang bosan dan lain sebagainya, maka bisa dengan mengganti kandang yang memiliki ukuran yang lebih besar dari biasanya sebagai terapi untuk mengembalikannya menjadi rajin gacor.

  1. Tambahkan Ekstrafooding

Ekstrafooding tentunya bisa di berikan dalam jumlah lebih banyak ketika burung cililin sedang stress atau macet bunbyi, sehingga staminanya dapat pulih kembali dan membuatnya secara perlahan mau untuk berkicau.

Jika selama ini memberikan pakan dari jangkrik, kroto dalam jumlah tertentu , maka tambahkan lebih banyak sebelumnya, atau juga dengan menambah jenis pakan Ekstrafooding lainnya seperti kepongpong atau ulat jerman.

  1. Suara Terapi

Ketika burung dalam macet bunyi, memberikan kenyaman merupakan hal yang di inginkan oleh burung tersebut , dan menjauhkan dari aktifitas lainnya ketika sedang tidak sakit.

Simpan burung di tempat yang teduh sambil memutar suara terapi lengkap dengan hembusan angin pelan dan air, agar membantunya menjadi rileks.

  1. Jemur dan di Angin-anginkan

Jemur burung cukup 10 menit pada pagi hari ketika matahari awal muncul sekitar jam 07.00, setelah itu gantang burung di tempat yang teduh yang di dekatkan dengan burung lainnya yang memiliki suara kicauan ngerol, seperti burung robin, kenari dan blacktharoat.

  1. Air Bersih

Sediakan terus air bersih dalam kandang agar memudahkan burung mau minum ketika sedang haus dan sesekali bisa menambahkan larutan penyegar pada air bersih matang pada cepuk yang air yang di sediakan tersebut.

Cara Mengatasi Burung Cililin Macet bunyi dan Agar Tidak Mudah Stress | duniakicau | 4.5