Kelebihan Ternak Lovebird di Kandang Koloni

Untuk beternak lovebird memang bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti ternak di sangkar kapsul, kandang kotak dan juga kandang koloni.

Setiap beternak dengan menggunakan kandang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan bagi anda yang ingin beternak lvoebird di kandang koloni, maka harus mengetahui tentang kelebihannya.

Kelebihan Ternak Lovebird di Kandang Koloni

Meskipun beternak lovebird di kandang koloni memiliki banyak kelebihan, tentunya ada kekurangannya juga dan berikut adalah keunggulan ternak lovebird di kandang koloni.

Untuk menggunakan kandang koloni bisa menyimpan beberapa pasang lovebird, namun jangan terlalu banyak lovebird, ukuran kandang di sesuaikan dengan jumlah lovebird untuk menghindari burung stres, burung kurang makan karena tidak kebagian karena di kuasai lovebird lain, tidak ada provasi dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Budidaya Lovebird

Jadi pastikan kandang ternak lovebird luas dengan jumlah pasangan lovebird yang cukup.

  1. Lovebird Lebih Leluasa

Kandang koloni memiliki luas yang lebih besar dari kandang ternak kotak, dan tentunya dapat membuat burung memiliki ruang gerak lebih banyak, seperti terbang-terbang pendek, dan lebih banyak ruang bergerak.

Dengan kelebihannya tersebut, tentunya memiliki efek yang bagus untuk burung itu sendiri.

Baca Juga : Cara Melatih Nafas Lovebird Agar Ngekek Panjang

  1. Menghindari Stres

Karena lebih leluasa untuk bergerak dan terbang, maka hal tersebut dapat menghindari lovebird menjadi stres.

Selain untuk mencegah stres, menyimpan burung di kandang umbaran juga sering di gunakan sebagai terapi burung untuk mengatasi lovebird stres.

  1. Mudah penjodohan

Menjodohkan lovebird tergolong gampang-gampang sudah, berbeda halnya dengan penjodohan lovebird di kandang koloni, karena ketika di kandang koloni, burung akan mencari pasangannya masing-masing, dan tentunya hal tersebut dapat dengan mudah untuk berjodoh, dan tidak sesulit perjodohan yang dilakukan oleh manusia.

Baca Juga : Proses menjodohkan Lovebird

  1. Memudahkan Peternak

Meskipun biaya awal pembuatan kandang koloni untuk ternak lovebird lebih mahal dari kandang kotak, akan tetapi dalam perawatannya lebih mudah dilakukan, seperti hanya menggunakan 1 tempat pakan dan 1 tempat minum, tidak harus menambah biaya jika menambah indukan lovebird, memudahkan dlam membersihkan alas kandang dengan menggunakan pasir, agar terurai.

Leave a Comment