Cara Menurunkan Birahi Burung kacer yang Tinggi ( Over Birahi ) Agar Stabil

Ketika memelihara burung kacer, tentunya sebagai pemilik burung akan menghadapi beberapa persoalan yang mungkin akan timbul pada kacer peliharannya, salah satunya burung memiliki birahi yang terlalu tinggi.

Memiliki birahi memang memiliki peranan yang baik, agar nantinya burung akan rajin berkicau untuk menarik perhatikan burung kenari betina, namun apa jadinya jika birahi burung burung kacer terlalu tinggi, maka hal tersebut tidak baik untuk kesehatan mental, fisik dan tentunya kemampuan berkicaunya menjadi tidak bisa di tampilkan oleh burung dengan optimal.

Kelebihan birahi dan juga kekurangan birahi pada burung kacer, sama-sama tidak baik di miliki oleh burung kacer. Maka dari itu kestabilan birahinya harus terjaga agar burung rajin berkicau, terutama burung kacer untuk lomba, sehingga bisa tampil maksimal ketika di rumah di tempat lomba.

Ciri-ciri Burung Kacer Over Birahi

Ada beberapa ciri yang bisa dilihat ketika burung kacer sedang mengalami over birahi yang bisa rekan-rekan ketahui. Jadi, ketika burung tersebut terlihat tanda-tanda di bawah ini, maka segera lakukan perawatan yang tepat agar stabil kembali birahinya.

Dan untuk ciri-ciri kacer over birahi, antara lain :

  • Burung sering mengembangkan bulunya, atau istilah lain, Mbagong/Ngebalon/Mbesi
  • Sering banyak tingkah di sangkarnya, namun tidak mengeluarkan kicauannya
  • Burung terlalu agersif yang di tandai sering naik turun di sangkarnya
  • Ketika sudah terlalu tinggi, burung akan sering mencabuti bulunya sendiri
  • Burung sering berdiam di sisi sangkar dan sering mematuki sangkarnya
  • Kacer menjadi ngeruji
  • Burung bisa menjadi stress hingga macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Kacer Over Birahi

Jika burung sudah terlihat tanda-tanda seperti yang telah disampaikan di atas, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah dengan cara menurunkan birahi burung kacer, sehingga birahinya menjadi stabil, tidak terlalu tinggi dan kurang birahi.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Kacet Macet Bunyi

  1. Pengembunan

Setiap pagi burung di gantang di luar rumah sebelum matahari terbit, sekitar jam 04.00 pagi hingga jam 06.00 pagi

  1. Mandikan kacer

Mandikan burung pada saat pagi hari seperti biasanya, atau masih kurang, maka memandikan kembali pada siang hari, dan setiap seminggu sekali mandikan burung kacer yang sedang over birahi tersebut pada malam hari.

Memandikan burung kacer yang terlalu tinggi sebaiknya di lakukan lebih sering durasinya dari sebelumnya, karena dapat menurunkan birahi yang teralalu tinggi.

  1. Menjemur kacer

Dalam menjemur kacer yang over birahi durasinya di kurangi dari sebelumnya, karena jika terlalu lama bisa menaikan birahinya, cukup jemur kacer selama 30 menit lamanya setiap pagi hari.

  1. Ekstrafooding di kurangi

Pakan ekstrafoofing memiliki knadungan protein yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan birahi burung. Namun, ketika burung memiliki birahi yang berlebih, maka pemberian pakan ekstrafooding tersebut di kurangi jumlahnya dari pakan sebelumnya secara bertahap, misalkan mengurangi pemberian jangkrik 2 ekor atau pakan lainnya, jika burung masih tinggi birahinya, maka tinggal kurangi kembali, hingga burung terlihat kondisi burung sudah tidak terlalu agresif.

Namun, jika rekan-rekan lebih mempertahankan jumlah pakan jangkrik yang diberikan pada kacer tersebut, maka bisa menghentikan saja pakan lainnya, seperti menghentikan terlebih dahulu pemberian pakan kroto.

Setelah burung terlihat berkurang birahinya dari pengurangan pakan, maka tinggi tambahkan kembali jumlah pakan yang di kurangi tersebut secara bertahap, dan jika sudah menemukan setingan pakan dengan jumlah pemberian tertentu, maka pertahankan saja jumlahnya, karena mungkin saja jumlah pakan tersebut sudah pas jumlahnya untuk kacer peliharaanya rekan-rekan.

  1. Pengumbaran

Karena burung kacer menjadi sangat agresif karena over birahi, maka setiap harinya burung di simpan di kandang umbaran, sehingga burung bisa beraktifitas dengan sering, sehingga emosinya yang tinggi tersebut dapat tersalurkan oleh terbang pendek-pendek dan lebih leluasa bergerak.

Leave a Comment