fbpx

Campuran atau Racikan Pakan untuk Burung Perkutut Agar Rajin Manggung

Dalam memelihara burung kicauan, termasuk burung perkutut, tentunya banyak cara untuk dilakukan agar perkutut peliharaan agar rajin bunyi atau gacor, terutama burung mengeluarkan suara manggung khasnya.

Setiap pemilik perkutut memang memiliki cara tersendiri untuk membuat momongannya tersebut menjadi rajin bunyi, salah satunya mencampur makanan tertentu agar burung burung makin rajin bunyi.

Selain perawatan harian yang harus dilakukan secara ruin dan konsisten, pemberikan makanan yang tepat dan berkualitas memiliki peranan yang membuat burung perkutut menjadi rajin bunyi.

Campuran Pakan untuk Perkutut

Makanan yang disukai oleh burung poerkutut adalah makanan dari biji-bijian, seperti jewawut, milet, godem, gabah, ketan hitam dan pakan sejenis lainnya.

Lihat Juga : Ciri-ciri dan Kelebihan Perkutut Tuban

Namun, untuk menambah nilai gizi, maka makanan harian yang di berikan tersebut bisa di campur dengan bahan atau herbal alami seperti garam beryodium, madu, jinten, telur bebek atau telur ayam kampung, madu, bawang putih, kencur dan jahe.

Untuk membuat racikan atau campuran pakan perkutut antara lain :

  1. Garam sebanyak ½ sendok makan
  2. Milet 1 kilo gram
  3. Kencur sebesar 2 cm atau 3 ruas
  4. Jahe sebanyak 2 cm atau 3 ruas
  5. Jewawut ¼ kilo gram
  6. Jinten ½ sendok teh
  7. Ketan hitam atau godem sebanayk ¼ kilo gram
  8. 5 sendok makan madu
  9. 2 butir telur bebek atau telur ayam kampung
  10. 2 siung bawang putih

Baca Juga : Cara Menangkap Perkutut Liar

Pertama-tama, bahan alami yang bertektur keras seperti jinten, bawang putih, jinten, jahe, kencur dan garam di tumbuk hingga hancur atau halus, setelah itu campurkan dengan kuning telur bebek/ayam kampung dan madu asli yang di siapkan, lalu aduk hingga merata dan campuran tersebut terlihat mengembang.

Setelah itu, biji-bijian seperti jewawut, milet,  godem/ketan hitam di cuci hingga bersih, lalu di jemur hingga kering, lalu adonan yang sudah di sediakan di atas di campurkan, hingga jewawut, milet, ketan hitam tersebut terlihat mengembang, lalu tiriskan dan simpan di wadah lainnya.

Lihat Juga : Cara Membedakan Perkutut Jantan dan Betina

Sambil di tiriskan, anda bisa menjamur atau di sangrai, hingga campuran pakan tersebut menjadi kering kembali.

Dan setelah kering, lalu di angin-anginkan dan biarkan campuran pakan tersebut dingin dan pakan siap di berikan untuk perkutut anda.

Demikianlah tips kali yang bisa kami bagikan tentang campurkan pakan untuk perkutut agar rajin manggung dan gacor sepanjang hari.

Leave a Comment