Penyebab Lovebird yang Tidak Mau Bunyi di Gantangan

Perawatan lovebird lomba memang membutuhkan cara khusus tergantung kondisi burung, dimana bukan hanya perawatan harian yang dilakukan, akan teapi perawatan sebelum dan setelah lomba memiliki cara tersendiri.

Banyak hal yang terjadi pada lovebird lomba di gantangan, seperti perilaku lovebird yang sering ngeuji dan juga burung tidak mau mengeluarkan suara kicauannya.

Meskipun sebelumnya lovebird rajin ngekek atau beberapa hari burung dilombakan, tidak ada jaminan ketika di gantangan burung mau ngekek juga.

Nah, memiliki lovebird yang tidak mau ngekek ketika di gantangan, tentunya di sebabkan oleh beberapa hal, seperti permasalahn mental, fisik, stamina dan lain sebagainya.

Secara umum, untuk membuat lovebird mau kerja, alias ngekek terus pada saat lomba berlangsung, maka menjaga kestabilan birahinya sangat menentukan, apapun karakter lovebird yang dimiliki.

Mengatasi Lovebird yang tidak Mau Bunyi di Gantangan

Hal yang harus dilakukan untuk mengatasi lovebird yang tidak mau ngekek ketika di gantangan, maka beberapa hari sebelum lomba, burung di rawat dengan treatmen khusus, sehingga nantinya ketika lomba, stamina, mental dan fisik burung menjadi baik.

  1. Perawatan H -2

Persiapan yang matang tentunya akan membuat lovebird memiliki mental yang siap ketika lomba, birahi stabil, mental dan fisiknya juga siap, sehingga burung mau kerja di lapangan.

Baca Juga : Ciri-ciri Lovebird Siap Lomba

  • Pagi hari, burung di embunkan
  • Lovebird dimandikan dengan cara di semprot halus, lalu di angin-anginkan selama 15 menit lamanya
  • Berikan milet putih, dan memberikan juga jagung manis muda
  • Air minum burung pastikan bersih dan baru, ganti air minum burung jika melebihi waktu 11 jam
  • Bersihkan sisa-sisa pakan dan juga kotoran burung yang berada di sangkarnya
  • Sangkar lovebird di krodong terus setelahnya
  1. Mengadaptasi Lapangan

Hal terpenting ketika burung sudah anda berada dilapangan adalah dengan menyesuaikan terlebih dahulu burung dengan lingkungan sekitar, suara yang ramai oleh manusia dan burung, dan suasana lainnya.

  • Ketika datang, jangan langsung di buka krodong burung, tapi biarkan terlebih dahulu hingga burung terpancing mau bunyi
  • Gantung lovebird di tempat yang teduh, sambil membuka krodongnya untuk membiasakan diri dengan lingkungan tanpa krodong
  • Setelah burung mau ngekek ketika di gantang tanpa krodong, maka burung di krodong kembali hingga lomba akan mulai
  • Namun, ketika lovebird hanya ngetik-ngetik saja bersuaranya, tidak mau ngekek maka semprot dadanya beberapa kali dengan halus, hingga giliran gantang siap
  • Sebelum digantang, bersihkan sangkar burung dari sisa makanan, dan bahkan bila perlu, pakan dan air minum di cabut terlebih dahulu agar lovebird fokus ngekek ketika lomba berlangsung

Nah, selamat mencoba, semoga momongannya mau ngekek terus ketika di gantangan.

Leave a Comment