Lovebird Sering Buang Makanan ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Banyak jenis makanan yang bisa di berikan pada lovebird, dan setiap pakan yang di konsumsi oleh lovebird memiliki manfaat masing-masing.

Namun, terkadang banyak dari lovebirdmania yang sering melihat lovebirdnya sendiri atau lovebird orang lain yang kerap membuang makanannya sendiri yang berada di cepuk pakan dan pakan lainnya yang ada di dalam sangkarnya.

Sebagian dari lovebirdmania mungkin akan merasa aneh, kenapa lovebird tersebut sering membuang makannya, apa karena lovebird tidak suka makanan yang diberikan atau karena apa.

Penyebab Lovebird Sering Buang Makanan

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 3 penyebab lovebird sering buang makanannya dan cara mengatasinya.

  1. Bosan dengan Pakan itu-itu saja
  2. Lovebird terlalu giras
  3. Lovebird Sedang Stres
  4. Lovebird seang birahi tinggi

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Emosi Tinggi

Cara Mengatasi Lovebird Sering Buang Makanan

Untuk mengatasi lovebird yang gemar membuang makananya perlu mengetahui tentang penyebabnya, karena nantinya untuk mengatasinya berbeda-beda sesuai dengan kondisi burung.

  1. Berikan Vareasi Makanan

Banyak para kicaumania yang sering memberikan milet putih sebagai pakan hariannya, namun terkadang lovebird juga perlu di berikan pakan lainnya seperti canary seed, jagung muda manis, kangkung dan lainnya.

Sebaiknya burung di berikan pakan yang bervareatif, seperti pakan harian milet, jagung muda seminggu 3 kali dan kangkung seminggu 3 kali.

Selain untuk kebutuhan vareasi pakan yang dikonsumsi burung agar burung tidak bosan, namun dengan memberikan vareasi pakan tersebut memeiliki manfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi yang dibutuhkan burung.

Jadi, berikan vareasi makanan yang lengkap sesuai dengan kebutuhan dan kondisi burung, agar kebutuhan gisi burung terpenuhi.

Baca Juga : Makanan Lovebird

  1. Lovebird Buang Makanan Karena Masih Giras

Lovebird yang masih giras memang terlihat tidak disukai oleh pemilik lovebird, karena hal tersebut merupakan kondisi yang tidak baik, terutama burung tidak bisa mengeluarkan suaranya dengan baik.

Banyak pelilaku yang tidak baik ketika burung masih giras, salah satunya adalah burung sering membuang makanannya sendiri, dan perilaku lainnya.

Karena penyebabnya adalah burung karena masih giras, untuk menghilangkan perilaku tersebut, burung perlu di jinakan terlebih dahulu.

Baca Juga : Tips Menjinakan Lovebird

  1. Lovebird Sedang Stres

Lovebird yang stres memiliki perilaku yang tidak normal, selain menjadikan burung galak terhadap pasangannya atau pemiliknya, lovebird stres juga sering membuang makanan yang ada, merusak aksesoris sangkar dan lain.

Untuk itu, agar burung tidak stres kembali, maka harus dilakukan terapi, karena jika sudah pulih kembali, burung akan memiliki perilaku yang normal.

Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak

  1. Birahi Lovebird Terlalu Tinggi

Ketika birahi lovebird terlalu tinggi atau over birahi, lovebird akan selalu banyak tingkah, seperti lovebird sering naik turun tangkringan, lovebird menjadi galak, merusak aksesoris sangkar, dan juga sering membuang-buang makanan yang ada di sangkarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka burung bisa di turunkan terlebih dahulu birahinya hingga stabil.

Baca Juga : Cara Murunkan Birahi lovebird

Leave a Comment