Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Kawin

Burung lovebird memang tergolong mudah untuk ternakan, akan tetapi pada kasus lain, peternak mengalami kesulitan dalam melakukannya, agar burung yang sudah berjodoh tersebut dapat bertelur dan menghasilkan anakan yang bagus, seperti semestinya.

Pada proses penjodohan memang gampang-gampang sudah terlebih burung tersebut di jodohkan oleh pemiliknya. Beda halnya ketika burung di ternakan di kandang koloni, karena ketika sudah memasuki usia matang, minimal 7 sampai 8 bulan, maka burung akan mencari pasangannya masing-masing dan menempati glodok untuk tempat bertelur nantinya.

Namun , tidak semua pemilik burung ingin beternak lovebird dengan menggunakan kandang koloni dan hanya beternak menggunakan kandang kotak untuk 1 pasang lovebird. Selain itu menjodohkan lovebird dengan menggunakan kandang kotak memiliki keunggulan tersendiri, seperti menjodohkan lovebird warna A dengan warna B, guna untuk mencetak warna lovebird lainnya,sedangkan jika menjodohkan lovebird menggunakan kandang koloni, maka burung sendiri yang mencari pasangannya secara acak.

Penyebab Lovebird Tidak Mau Kawin

Dalam beternak lovebird, tentunya hal yang di nanti-nanti, burung tersebut bisa bertelur,namun sebelum menginginkan hal tersebut, apakah sudah terpantau burung tersebut sudah kawin apa belum. Jika lovebird masih belum mau untuk kawin, maka ada beberapa hal yang menyebabkannya masih enggan untuk kawin.

  1. Lovebird belum Akur

Hal yang membuat lovebird yang masih tidak mau kawin, bisa disebabkan oleh lovebird yang belum sepenuhnya akur dengan pasangannya, meskipun sesekali, lovebird tersebut saling berdekatan terlihat sudah berjodoh sepenuhnya. Hal tersebut bisa di sebabkan salah satu lovebird, jantan atau betina dalam keadaan agresif dan menjadikannya sulit akur.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Galak Pada Pasangannya

  1. Lovebird jantan jarang meloloh betina

Meloloh betina merupakan salah satu karakter yang dimiliki oleh lovebird jantan, dan biasanya setelah meloloh betina, lovebird jantan akan mengawin betinanya.

  1. Lovebird jantan merusak sarang

Lovebird betina lebih aktif untuk membangun sarang ketika akan mau bertelur, namun ketika burung jantan sering merusak sangkarnya, maka burung tidak mau kawin.

  1. Belum cukup umur

Sebelum menjodohkan burung pastikan burung melebihi 9 bulan keatas, karena meskipun bisa dilakukan pada umur 7 sampai 8 bulan di khawatirkan burung belum mau kawin meskipun sudah cocok dengan pasangannya. Itu tergantung dari perawatan, namun untuk memastikan burung mau kawin tunggu hingga dewasa 9 sampai di atas 1 tahun. Sehingga keduanya siap untuk di kawini dan mengawini.

  1. Burung Kurang Fit

Burung kurang Fit, sedang sakit , cacat atau juga mengalami kekurangan birahi, maka burung tersebut tidak akan mau kawin. Jadi , pastikan burung dalam keadaan sehat dan memiliki birahi yang cukup.

  1. Berjenis kelamin sama

Burung yang belum terlihat kawin bisa jadi burung tersebut memiliki jenis kelamin yang sama, meskipun pernah kepantau sangat mesra di kandang. Meskipun burung sudah bertelur, belum tentu burung tersebut kawin, karena meskipun burung bisa bertelur sewaktu-waktu tanpa kawin, dan pastinya telurnya tidak bisa menetas.

Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Kawin

Dengan  melihat beberapa penyebab kemungkinan burung lovebird masih belum kawin pada penjelasan di atas, maka untuk mengatasinya adalah dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, karena setiap penyebab memiliki solusi yang berbeda-beda. misalkan burung dalam keadaan sakit, maka hal yang pertama adalah dengan memisahkannya terlebih dahulu dan menyembuhkannya, dan ketika sembuh keduanya, makanya burung sudah siap kawin.

  1. Sudah Cukup Umur

Lovebird bisa di ternak minimal 7 sampai 8 bulan, namun jika di umur tersebut belum cukup maka tunggu hingga 9 bulan atau lebih dewasa lebih baik, karena setiap burung memiliki perkembangan organ repreduksinya sudah matang. Dalam hal ini untuk memastikan organ repreduksinya benar-benar matang dan siap untuk berproduksi.

  1. Pakan dengan Gizi Lengkap

Ketika burung sedang perjodohan, hingga meningkatkan birahinya hingga burung bisa mengeluarkan kualitas yang baik, maka butuh asupan gizi yang lengkap dari makanan yang diberikan pada lovebird. Oleh sebab itu, berikan pakan secara vareatif antara pakan utama dan pakan Ekstrafooding.

Berikan pakan secara bergantian atau di mix untuk memenuhi Gizinya dan juga meningkatkan birahi lovebird, seperti milet merah, milet putih,gabah merah, canary seed,kuaci dan pakan sejenisnya, dan pakan dari Ekstrafooding seperti kangkung, jagung muda, buah apel, cukup di berikan 1 minggu 3 kali.

  1. Suplemen Khusus Untuk Ternak

Karena factor makanan sangat penting untuk organ reproduksi  burung lakbet , seperti meningkatkan birahi lovebird, memberikan asupan gizi yang cukup sehingga kualitas telur menjadi baik, maka membutuhkan asupan makanan dengan Gizi yang lengkap. Jika dari makanan belum bisa membuat burung mau kawin, maka bisa gunakan suplemen khusus untuk beternak lovebird agar mau kawin dan bertelur.

  1. Jangan satukan Lovebird

Jika lovebird belum berjodoh sepenuhnya, maka jangan di satukan di kandang ternak, karena bisa kemungkinan burung masih belum sepenuhnya berjodoh dan bisa bertengkar di dalam kandang.  Masukan kedua lovebird tersebut ketika keduanya sudah saling loloh.

Baca Juga : Cara menjodohkan Lovebird Agar Cepat Bertelur

  1. Bersihkan kandang

Kandang yang kotor bisa membuat pasangan lovebird yang berada di kandang menjadi terganggu, karena adanya parasit dan bisa mengundang penyakit.

  1. Mendekatkan kandang Indukan lain

Agar lovebird terangsang untuk kawin, maka dekatkan lovebird di lokasi yang berdekatan dengan lovebird yang sudah kawin dan bertelur, sehingga pasangan tersebut mau di kawini dan mengawini pasangannya.

Leave a Comment