Cara Mengatasi Lovebird Over Birahi dengan Mudah

Mengatur birahi pada burung lovebird, merupakan hal penting untuk di perhatikan, karena dengan birahi yang stabil, maka burung akan rajin berkicau dan aktif bergerak.

Birahi yang berlebih atau birahi yang kurang pada lovebird bisa membuat perilaku burung yang tidak optimal.

Dalam hal mempertahankan briahi burng yang stabil, terkadang bisa terjadi kesalahan yang membuat birahi burung menjadi terlalu tinggi.

Bukan hanya dapat mempengaruhi kualitas suara burung, over birahi juga dapat membuat burung menjadi terlalu agresif, sehingga tidak cocok untuk di ternakan dan perlu untuk di normalkan kembali.

Hal yang mudah untuk membuat birahi burung tidak berlebihan adalah dengan cara menyalurkannya dengan cara mengawinkan ke pasangannya.

Namun, terkadang , meskpiun lovebird memiliki pasangan pun kemungkinan terjadi dan membuat burung terlalu agresif yang mengakibatkan perkelahian.

Namun, jika over birahi yang terlalu lama dibiarkan, bisa mengakibatkan hal yang negatif, seperti burung sering mencabuti bulunya sendiri dan juga menggesekan kloakanya ke tangkringan.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Over Birahi

 Apapun yang terjadi yang membuat burung menjadi over birahinya, di sengaja atau tidak di sengaja, maka jika ingin menurunkan birahinya hingga stabil, maka berikut adalah tips untuk perawatannya.

Lihat Juga : Suara Lovebird Gacor Mp3

Ingin Suara Burung Masteran ? Cari pada kolom Pencarian dibawah ini.....!!!! ⬇️⬇️⬇️
  1. Mandikan Lebih Sering

Ketika birahinya terlalu tinggi, hal yang harus dilakukan adalah dengan cara meredam birahinya, dan cara yang efektif untuk meredam birahi lovebird adalah dengan memandikannya lebih sering dari sebelumnya.

Untuk itu, untuk memandikan lovebird ketika over biraihi bisa dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Jika hal tersebut masih kurang, maka bisa memandikannya pada malam hari, hingga perilaku terlalu agresif dan perilaku lainnya yang sering menggesekan kloakannya berhenti.

Namun, jika ingin memandikannya pada malam hari, perhatikan juga faktor cuaca, jika hujan atau cuacanya lagi kurang bagus, maka jangan mandikan terlebih dahulu.

  1. Kurangi penjemuran

Menurut para kicaumania, banyak yang percaya, kalau penjemuran dapat meningkatkan birahi lovebird. Untuk itu, dalam hal penjemurannya di kurangi saja dari penjemuran sebelumnya.

Misalkan, biasanya menjemur 1 jam lamanya, maka ketika lovebird dalam kondisi birahi yang berlebih, cukup dilakukan selama 30 menit saja.

Baca Juga : Lovebird Josan: Ciri-ciri, Karakter dan Cara Memilihnya

  1. Setting Ulang pakan

Pakan memiliki faktor yang membuat birahi burung menjadi naik, seperti pemberian pakan dari kangkung, untuk itu pemberian pakan kangkung dan pakan lainnya perlu di batasi, seperti jagung muda, kwaci, kacang-kacangan dan telur rebus

Nah, demikianlah tips mengatasi lovebird yang terlalu tinggi birahinya agar normal kembali.

Leave a Comment