Berapa Lama Lovebird Akan Bertelur Setelah Kawin ? Inilah Penjelasannya

dalam hal beternak, ketika melihat lovebird yang sedang di ternak tersebut terlihat kawin atau sering terpantau kawin terus, tentunya menunggu lovebird bertelur merupakan hal yang di tunggu-tunggu.

Namun, terkadang, sebagian dari pembaca melihat lovebird akan bertelur setelah di kawin berbeda-beda waktunya, ada yang 2 minggu lovebird di kawin baru bertelur, dan ada yang baru beberapa hari terpantau kawin burung sudah bertelur kembali.

Berapa Lama Lovebird Akan Bertelur Setelah Kawin

Sebelum menjelaskan kapan lovebird bertelur setelah di kawin, maka saya jelaskan terlebih dahulu beberapa hal.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird untuk Pemula

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi organ reproduksi burung sehingga burung akan mengeluarkan kualitas telur dan anakan yang baik.

  1. Pengaruh Pakan ternak Lovebird

Pakan merupakan hal penting untuk di berikan untuk lovebird yang sedang di ternakan, seperti memenuhi kebutuhan protein, kalsium, dan yang lainnya dari pakan yang di berikan. Sehingga, semakin berkualitas pakan yang di berikan, maka indukan lovebird bertelur akan lebih cepat dengan kualitas yang bagus.

Karena jika lovebird di kawin terus tapi makanan yang di berikan tidak atau kurang berkualitas, maka bisa menghambat burung memproduksi telur atau telur tersebut tidak menetas.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird tidak Mau Kawin

  1. Pengaruh Umur

Selain pakan, faktor umur juga memiliki peranan, apakah lovebird tersebut sudah memiliki organ reproduksi yang matang atau tidak. Jadi untuk itu pastikan lovebird yang di ternak sudah dewasa, kira-kira sekitar 8 bulan yang sudah siap kawin.

Kesimpulan :

Dengan melihat penjelasan di atas, tentunya untuk lama lovebird akan bertelur setelah kawin, itu bervareatif, tergantung kualitas pakan, umur, lingkungan dan lain sebagainya dan pada umumnya, lovebird akan bertelur 3 – 7 hari pasca di kawin, dan bahkan bisa memakan waktu hingga 2 minggu.

Tapi yang penting adalah mempersiapkan lovebird ketika di ternak merupakan hal penting adalah membuat organ reproduksi burung bagus dan kualitas bagus dari pakan yang di berikan.

Leave a Comment