fbpx

Cara Menangkap Burung Perkutut Liar dengan Jaring, Kandang Pikat dan Getah/Lem

Memelihara burung pekutut memang memilikia lasan tersendiri dari kalangan kungmania, salah satunya sebagai burung peliharaan klangean.

Jika di tempat anda banyak sekali perkutut lokal liar yang biasa hidup secara liar di dekat lingkungan anda, maka anda bisa memikatnya dengan cara menggunakan lem/getah, kandang pikat dan dengan menggunakan jaring.

Untuk menangkap burung liar seperti perkutut, memang gampang-gampang susah, butuh keahlian khusus dan kesabaran untuk mendapatkannya.

Cara Menangkap Perkutut Liar

Ada 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk memikat perkutut liar, dan tentunya 3 cara tersebut memiliki kelebihan masing-masing yang bisa di sesuaikan dengan keinginan anda.

  1. Menggunakan Jaring Pikat

menjaring perkutut

Untuk menangkap burung perkutut dengan menggunakan jaring , sekali pikat bisa mendapatkan burung perkutut.

Sebelum memasang jaring untuk pikat burung perkutut, pertama-tama mencari tempat dimana burung perkutut mencari makan dan minum.

Lihat Juga : Ciri-ciri dan Kelebihan Perkutut Tuban

Jika sudah menemukan lokasi dimana sekelompok burung perkutut sering cari makan dan minum, maka perhatikan tempat masuk dan keluar burung di tempat tersebut di tempat itu.

Simpan jaring pikat, di tempat biasa burung perkutut lalui, untuk masuk dan ke luar tempat untuk mencari makan dan minum.

Dan nantinya, ketika jaring pikat sudah di pasang, maka burung akan melewatinya dan burung yang melewati jaring akan nyangkut di jaring yang sudah di pasang.

  1. Menggunakan Getah/Lem

Getah yang bisa di jadikan alat untuk memikat burung di antaranya getah pohon sukun, getah pohon blendo, getah pohon nangka, atau getah lainnya yang biasa di sebut getah pulut.

Atau anda bisa juga menggunakan lem yang bisa di beli di kios burung, dan untuk lem ini bisa dilakukan beberapa kali, dan ketika ingin menggunakannya kembali bisa dibasahi dengan air terlebih dahulu sebelum di gunakan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Perkutut Mancret

Siapkan burung pikat yang di simpan di dalam kandangnya untuk memncing bunyi burung perkutut liar dan mau menghampirinya.

Di atas kandang burung perkutut pikat, di simpan terlebih dahulu ranting pohon kecil yang sudah di olesi lem atau pulut, sehingga ketika burung perkutut liar mendekati dan menginjakan kakinya ke raning, burung tidak akan bisa terbang dan diam terus di tempat itu dan siap untuk di tangkap.

  1. Menggunakan Kandang Pikat

kandang pikat perkutut

Untuk memikat perkutut liar dengan cara ini bisa mempersiapkan kandang pikat, 1 kor jantan perkutut gacor ( untuk pancingan ) , dan 1 ekor perkutut betina ( agar burung mau mendekati ke kandang jebakan yang telah di siapkan ).

Lihat Juga : Perbedaan Perkutut Lokal dan Perkutut Bangkok

Simpan jantan perkutut gacor di kandang untuk memancing bunyi dan siapkan betina perkutut di kandang yang khusus.

Sebisa mungkin, kedua perkutut rajin bunyi untuk memancing perkutut liar bunyi dan mau mendekati, dan ketika sudah mendekati perkutut betina, maka jebakan yang telah disimpan di kandang merpati betina bisa membuat perkutut liar terjebak.

Leave a Comment