Manfaat dan Efek Samping Ulat Hongkong untuk Murai Batu

Burung murai batu menyukai makanan dari beberapa serangga, terutama pakan dari ulat hongkong.

Setiap pakan serangga yang di berikan pada burung murai batu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti bisa menimbulkan birahi yang berlebihan jika terlalu banyak di berikan.

Begitu juga dengan ulat hongkong, untuk pemberiannya jangan terlalu banyak, meskipun ulat hongkong juga dapat bermanfaat untuk membuat murai batu menjadi rajin untuk berkicau.

Sebelum kita melihat beragam manfaat dari ulat hongkong untuk burung murai, yuk kita ketahui apa saja tentang efek sampingnya terlebih dahulu.

Efek Samping Ulat Hongkong untuk Burung Murai

Sebagian besar pecinta murai batu karena keindahan bulu yang dimiliki oleh burung tersebut, dan jika terlalu sering di berikan pada murai batu , bisa berakibat pada rusaknya penampilan bulu burung murai batu, dan bahkan bisa menyebabkan kerontokan.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Murai Batu Tidak Mau Bunyi Saat Lomba

Selain itu, efek samping dari pemberian ulat hongkong pada burung murai batu ini bisa menyebabkan tensi murai batu cepat naik, sehingga murai batu menjadi cepat emosi.

Manfaat Ulat Hongkong untuk Murai Batu

Selain ada efek samping, ulat hongkong juga memiliki manfaat untuk murai batu, seperti dapat membantu meningkatkan birahi cepat naik, sehingga bagus diberikan pada murai batu yang kurang birahi dan menjadi tinggi dengan cepat.

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Batu Siap Lomba

Ulat hongkong juga sangat baik di berikan pada murai batu yang akan ikut lomba, karena seperti yang telah di sebutkan di atas, efek dari ulat hongkong untuk murai batu dapat meningkatkan tensi, sehingga sifat fighternya akan muncul, sehingga terlihat lebih galak dan lebih berenergi.

Lihat Juga : Suara Burung Murai

Tips Pemberian Ulat Hongkong untuk Burung Murai Batu

Jangan di berikan ulat hongkong setiap hari pada murai batu, tapi cukup 1 -2 kali dalam seminggu saja, untuk murai batu yang akan lomba di berikan beberapa ulat hongkong 1 jam sebelum lomba, bagus di berikan ketika musim hujan karena dapat menghangatkan tubuhnya.

Lihat Juga : Racikan Pakan Murai Batu

Demikianlah efek samping dan manfaat ulat hongkong untuk murai batu dan cara memberikannya yang tepat.

Tinggalkan komentar