Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

Dalam memelihara burung kacer, burung memiliki kebiasaan yang gemar mencabuti bulunya sendiri merupakan hal yang mungkin saja terjadi, jika pemilik burung melakukan perawatan yang tidak tepat.

Ada yang beranggapan, bahwa burung kacer yang gemar mencabuti bulunya sendiri merupakan sebagai kanibal. Namun, pernyataan tersebut tidaklah tepat, karena yang namanya kanibal merupakan jenis hewan yang menyerang dan memakan burung sejenis, yang bukan karakter burung kacer, tidak seperti burung gagak,dan elang yang memiliki sifat yang bisa memakan jenisnya sendiri.

Burung kacer yang menjadi suka mencabuti bulunya sendiri, bukanlah kanibal, akan tetapi hal tersebut merupakan sebuah ekpresi pada burung kacer ketika sedang stress. Dimana ketika burung stress tersebut membuat burung menjadi mencabuti bulu sendiri, jarang berkicau dan berbagai macam hal negative lainnya yang harus segera di tangani.

Penyebab Burung Kacer Macet mancabuti bulunya sendiri

Burung yang sedang mengalami sering mencabuti bulunya sendiri, selain dapat merusak penampilannya, dapat merusak kulit juga yang bisa membuat iritasi.

Dan untuk penyebabnya antara lain :

  • Burung kacer dalam keadaan ngedrop/stress
  • Burung kacer dalam keadaan over birahi
  • Emosi burung dalam keadaan sangat tinggi
  • Burung terserang penyakit tungau, sehingga membuat tubuhnya gagal, sehingga burung menggaruknya hingga rontok bulunya

Cara Mengatasi Burung Kacer Mencabuti Bulunya Sendiri

  1. Karantina Burung Kacer

Burung yang sering mencabuti bulunya sebaiknya di karantina dan jauhkan dari manusia, terutama jauhkan dari burung lainnya, untuk membantu mempercepat proses pemulihan dan juga menghindari penularan tungau pada burung lainnya.

  1. Kurangi Asupan Pakan tinggi protein

Ketika burung dalam keadaan over birahi ,ketika birahinya tersebut tidak tersalurkan, maka burung akan mencabuti bulunya sendiri.

Pakan dari ekstrafooding , memiliki kandungan protein yang tinggi, dan bisa membuat birahi burung menjadi naik. Ketika birahinya naik dan terlalu tinggi, maka kurangi pemberian pakan yang mengandung tinggi protein, seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong dan pakan lainnya.

Baca Juga : Cara mengatasi burung kacer macet bunyi

  1. Berikan Voer yang tepat

Terkadang ditemukan, penyebab burung mencabuti bulunya sendiri di sebabkan oleh pemberian pakan voer yang tidak tepat. Maka dari itu pilihlah pakan voer yang baik dengan kualitas dan kandungan gizinya yang lengkap.

  1. Mandikan Burung

Memandikan burung kacer yang sering mencabuti bulunya sendiri memiliki manfaat yang dapat membuat burung menurun birahinya, jika over birahi menjadi penyebab burung tersebut mematuki bulunya.

Selain itu, jika penyebabnya di karenakan adanya kutu atau tungau yang membuat kacer mencabuti bulunya sendiri, dapat mengurangi iritasi dan sebaiknya gunakan shampoo khusus untuk burung.

Selain memandikan pada siang hari, mandikan juga pada malam hari untuk mengurangi kebiasaan burung mencabuti bulunya sendiri.

  1. Terapi betina

Jika cara di atas masih belum membuat burung berhenti mencabuti bulunya, maka coba simpan burung kacer tersebut di kndang kacer betina hanya beberapa menit saja dan sambil memperhatikan untuk menghindari perkelahian karena jantan agresif dan mengejar-ngejar betina.

Nah, itulah beberapa tips untuk merawat burung kacer yang sering mencabuti bulunya sendiri. Lakukan cara tersebut dengan rutiin, hingga burung tersebut benar-benar pulih kembali.

Leave a Comment