Cara Menggemukan Lovebird yang Kurus dan Nyilet agar Ideal Tubuhnya

Berat badan yang ideal pada lovebird tentunya dapat mempengaruhi berbagai macan hal, seperti burung aktif, sehat dan juga rajin untuk berkicau.

Lovebird yang memiliki tubuh yang terlalu gemuk dan juga terlalu kurus, apalagi sampai nyilet tentunya hal tersebut juga tidak baik.

Namun, jika lovebird anda sudah terlanjur kurus, maka bisa melakukan perawatan yang tepat, terutama memberikan makanan yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi lovebird.

Cara Menggemukan Lovebird

Untuk membuat burung yang kurus menjadi gemuk atau ideal, maka burung tetap di jemur di pagi hari dan di mandikan. Namun, untuk lovebird yang nyilet, cukup di jemur saja pada pagi hari.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Tidur Terus

Dengan menjemur lovebird pada pagi hari, dapat memberikan vitamin D pada tubuh burung, sehingga baik untuk kesehatannya, terutama baik untuk proses penggemukan lovebird.

Makanan untuk Menggemukan Lovebird

Perhatikan pemberian pakan, jangan asal memberikan, harus memberikan makanan yang bersih, berkualitas dan bervareasi, karena mungkin saja lovebird berbadan kurus di sebabkan oleh malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Apapun penyebab lovebird berbadan kurus, entah untuk karena malnutrisi atau burung baru sembuh sakit atau penyebab lainnya, maka untuk membuat tubuhnya ideal kembali, perlu mengatur ulang pakannya.

Jaga kebersihan lingkungan sangkar, seperti menjaga kebersihan dasar sangkar, jeruji sangkar, tempat pakan, tempat minum dan lainnya.

Baca Juga : Penyebab Lovebird Buang Makanan

Untuk setingan pakan daftar makanan di antaranya :

  • Pakan Harian ( Milet Putih, Milet Merah, Canary Seed, Kwaci, biji oat/harver )
  • Vitamin di berikan setiap hari, dengan cara di berikan langsung atau mencapurnya dengan air minum
  • Pakan yang di berikan 2 -3 kali dalam seminggu ( jagung muda, kangkung )
  • Beberapa kali dalam seminggu berikan BR Ayam, karena pakan tersebut khusus untuk menggemukan ayam, dan bagus di berikan untuk lovebird yang kurus. Jika lovebird anda belum terbiasa, maka bisa melatihnya terlebih dahulu

Leave a Comment