Burung Manyar: Jenis, Suara, Habitat, Karakter, Harga, Perawatan dan Menjinakan

Burung Manyar memang tidak sepopuler dengan burung lainnya, karena burung ini memiliki suara melengking dan beberapa variasi suara lainnya yang menurut beberapa kicaumania kurang menarik dan kurang enak di dengar.

Namun, meskipun begitu burung manyar juga tidak kalah bagus suaranya dengan burung blackthroat, kenari dan burung mozambik jika di master dan di rawat dengan yang baik.

Dengan berbagai macam perkembangan dan perawatan di tangan yang tepat, burung manyar juga bisa di latih untuk bisa menirukan suara burung mozambik, burung kenari dan burung blackthroat secara fasih, dan berkemungkinan juga, burung manyar bisa menirukan suara burung lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi tentang burung manyar seperti jenis, suara, harga, karakter, asal-usul, perawatan, menjinakan dan lain sebagainya yang sebentar lagi akan anda ketahui dengan mambaca penjelasannya di bawah ini.

Jenis Burung manyar

Burung manyar merupakan keluarga ploceidae, Dari seluruh dunia, burung manyar ada 119 spesies. Dari jumlah spesies tersebut 4 spesies terdapat di asia tenggara dan 3 spesies lainnya berada di Indonesia.

  1. Manyar tempua (Ploceus philippinus) : jenis ini tersebar di jawa, sumatera dan bali. Akibat penangkapan liar, populasinya sudah menyusut habitatnya
  2. Manyar jambul (Ploceus manyar) : hanya di temukan di bali dan jawa dan populasi jenis burung manyar ini populasinya menyusut di habitatnya
  3. Manyar emas (Ploceus hypoxanthus) : tersebar di sumatera dan jawa dan untuk populasinya sudah hamprr terancam punah ( NT ) , sehingga IUCN memasukan burung manyar emas sebagai daftar merah karena terancam punah
  1. Ciri Burung Manyar Jambul

burung manyar jantan jambul jantan dan betina
gambar burung manyar jantan jambul jantan musim kawin dan non kawin dan betina gambar tengah

Secara ukuran, tubuh burung manyar Jambul lebih kecil dari 2 jenis burung manyar lainnya, dan untuk cirri-cirinya, antara lain :

  • Ukuran tubuh 14 cm
  • Untuk burung jantan, ketika memasuki masa kawin, maka bulu di bagian kepala atas atau mahkotanya bewarna kuning emas
  • Mahkota atau kepala betina memiliki warna coklat, dengan coretan hitam
  • Terdapat bercak putih di bagian lehernya untuk manyar Jambul betina

Kebiasaan Burung Manyar Jambul

Ketika di alam liar, manyar Jambul sering ditemukan dalam koloni dalam jumlah besar dan sering dijumpai  di dataran rendah seperti di pohon kepala, pohon palm dekat rumah, di semak-semak, sekitar kebun dan pohon-pohon .

Suara Burung Manyar Jambul

Manyar Jambul memiliki kemampuan menirukan suara burung lainnya, terutama burung tersebut di latih ketika masih anakan dan juga nantinya ketika suara kicauannya bagus, bisa di gunakan sebagai masteran burung lain seperti burung kenari dan jenis burung finch lainnya.

  1. Ciri Burung Manyar Emas (Ploceus hypoxanthus )

burung manyar emas
gambar burung manyar emas jantan dan betina
  • Ukura tubuh manyar emas, ukuran tubuhnya 15 cm
  • Bulu tubunya bewarna kuning ke emasan
  • Pada bagian muka bewarna hitam
  • Ketika memasuki berkembang biak, burung manyar emas jantan akan memiliki mahkota, bulu tubuh bagian bawah dan tungging memiliki warna bulu kuning, sedangkan untuk bulu pada bagian tenggorokan, dagu dan sisi muka bewarna hitam
  • Ketika manyar emas tidak berkembang biak atau masa non-breeding, jantan dan betina akan memiliki alis bewarna kuning tua dan tubuh bagian bawahnya kekuningan

Burung manyar emas biasa di temukan di wilayah terbuka yang banyak rawanya, seperti gelagah, semak-semak, kawasan rawa.

Untuk perkembangbiakan burung manyar tercatat di sumateran utara ( danau toba ) dan juga Jawa Timur Taman Nasional Baluran.

  1. Ciri Burung Manyar Tempua (Ploceus philippinus )

burung manyar tempua jantan dan betina

  • Ukuran tubuh 15 cm
  • Ketka musim berkembang biak, manyar tempua jantan akan memiliki tengkuk dan mahkota bewarna kuning emas, tubuh atas bewarna coklat ke abu-abuan, tubuh bagian bawah kuning tua dan wajah bewarna hitam
  • Untuk betinanya pada umumnya bewarna kuning pada bagian kepala dan tanda hitam

Karakter Burung Manyar Tempua

Burung manyar memiliki hidup bersosial yang bagus, dan bisa bergabung bersama spesies burung lainnya dan juga sering bersama dedang koloninya untuk mencari makanan, baik di permukaan tanah dan pada tanaman.

Pakan yang bisa di cari dan di konsumsi burung manyar tempua seperti benih, padi, biji-bijian yang sebentar lagi mau di panen, dan sehingga burung ini sering di anggap hama dan burung perusak karena sering memakan tanaman padi dan lainnya.

Cara Merawat Burung Manyar

Jika anda ingin memelihara burung manyar dan berharap burung tersebut memiliki suara yang bagus seperti burung kenari, blackthroat dan burung finch lainnya, maka burung manyar perlu di latih dan rawat dengan cara yang tepat.

Apapun jenis burung manyar yang anda pelihara, untuk perawatannya sama saja, dan biasanya burung manyar tempua dan burung manyar jantan lebih banyak di pelihara.

  1. Makanan Burung Manyar

Burung manyar, merupakan jenis burung yang suka mengkonsumsi pakan dari biji-bijian, namun meskipun begitu, burung ini juga suka mengkonsumsi serangga.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kualitas yang baik, burung manyar diberikan pakan dari biji-bijian dan serangga.

Makanan burung manyar :

  • Jangkrik kecil
  • Kroto
  • Ulat hongkong
  • Buah apel
  • Biji-bijian
  1. Perawatan Harian Burung Manyar

  • Pada pagi hari, burung di embunkan sambil memberikan 1 sendok teh kroto, dan alangkah baiknya campur kroto dengan parutan buah apel
  • Ketika matahari mulai muncul, berikan 2 -3 ekor ulat hongkong
  • Mandikan burung, lalu di angin-anginkan dan berikan kembali jangkrik 2 -3 ekor
  • Setelah itu burung di berikan pakan biji-bijian yang di sediakan di cepuk pakannya
  • Ketika siang hingga sore hari ketika burung beristirahat burung di master dengan burung lain, seperti blackthroat, prenjak, ciblek, gelatik wingko, burung kenari dan lainnya
  • Ketika sore hari pada jam 03.00 burung di angin-anginkan kembali sambil memberikan 1 ekor jangkrik dan 1 ekor ulat hongkong

Cara Menjikan Burung manyar

Jika burung manyar anda belum jinak atau masih liar, maka burung perlu di jinakan terlebih dahulu agar burung rajin bunyi dan tidak takut dengan manusia.

Untuk menjinakan burung manyar cukup mudah untuk dilakukan, hanya perlu waktu untuk melakukannya.

Burung dimandikan hingga basah kuyup, ketika burung dijemur di simpan di tempat yang ramai dan begitu penyimpanan hariannya juga sisimpan di tempat yang ramai, seperti di dalam ruang tamu atau tempat lainnya yang cukup ramai agar burung terbiasa dekat manusia.

Cara Memasteran Burung Manyar Trotolan

Jika burung manyar rekan-rekan masih di bantu loloh, maka perlu menyesuaikan dengan jadwal makannya, karena setiap 1 sampai 2 jam burung manyar yang masih di bantu loloh harus di bantu loloh ketika ingin makan.

Untuk melakukan pemasteran burung manyar trotolan dan burung manyar yang masih bantu loloh, maka berikut cara melakukannya :

  • Untuk mempermudah dalam melakukan pemasteran, sebaiknya burung manyar tersebut sudah jinak, paling tidak jinak-jinak lalat, terutama burung manyar muda tersebut hasil dari tangkapan hutan
  • Pemasteran burung menyar bisa menggunakan burung langsung yang gacor atau menggunakan Mp3
  • Jika menggunakan burung gacor ketika melakukan pemasteran, sebaiknya dilakukan di ruangan khusus dan satu sama lain burung tidak saling melihat
  • Pilih waktu yang tepat ketika melakukan pemasteran, sekitar jam 08.00 – 09.30 dan sore hari pada jam 15.00 – 16.30
  • Jika pemasteran menggunakan suara Mp3, sebaiknya menggunakan 3 sampai 5 jenis suara masteran, dengan memberikan jeda setiap sesinya dan mengatur volume yang sedang, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu kencang
  • Ketika pemasteran berlangsung, pastikan burung dalam keadaan kenyang, terutama untuk burung yang masih bantu loloh

Kumpulan Suara Burung Manyar Mp3

Di bawah ini telah kami sediakan kumpulan suara burung manyar yang bisa kalian gunakan untuk memaster burung manyar kesayangan rekan-rekan sekalian, terutama untuk burung manyar yang masih anakan atau trotolan.

Audio Burung Manyar Tempua | Download

Audio Burung Manyar Jambul | Download

Audio Burung Manyar Emas | Download

Perbedaan Jantan dan Betina Burung Manyar Trotolan

Bagi anda yang ingin membeli burung manyar, sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang perbedaan jantan dan betina, karena mengingat setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, ada yang ingin membeli jantan atau betina.

Agar anda tidak salah pilih ketika membeli burung manyar, maka berikut adalah perbedaan burung manyar jantan dan betina trotolan :

  • Ukuran kaki jantan burung manyar jantan trotolan lebih besar dan panjang dari betina
  • Jantan burung manyar trotolan sering mengeluarkan bunyi kicauan
  • Trotol burung manyar jantan lebih aktif bergerak dibandingkan denhan betina
  • Perhatikan bulu di bagian telinga burung manyar, karena burung manyar jantan memiliki bulu bewarna kuning
  • Warna bulu betina burung manyar agar pucat
  • Warna bulu jantan burung manyar memiliki warna yang lebih pekat

Daftar Harga Burung Manyar Terbaru

Harga burung manyar akan memiliki harga yang lebih tinggi ketika burung burung tersebut memiliki kemampuan berkicau yang baik, terutama burung tersebut sering menjuarai lomba kicauan.

Namun, harga burung manyar itu sendiri selain di pengaruhi oleh kemampuan berkicau, harganya juga di pengaruhi oleh umur, jenis kelamin dan berbagai jenisnya.

Dan tentunya karena harga burung manyar yang sudah gacor memiliki harga yang mahal dan jika ingin membelinya membutuhakn buget yang tinggi.

Namun, bagi anda yang ingin membeli burung manyar dengan buget yang kecil, bisa memilih yang masih anakan, perihal kicauan, ya memang perlu di latih terlebih dahulu yang membutuhkan waktu yang relatif lama.

Jenis Burung Manyar Harga Burung Manyar
Burung Manyar Bakalan Rp = 100.000
Burung Manyar Betina Rp = 110.000
Burung Manyar Jantan Rp = 130.000
Burung Manyar Kembang Rp = 210.000
Burung Manyar Kepala Emas Rp = 260.000
Burung Manyar Gacor Rp = 500.000
Burung Manyar Full Gacoran Rp = 600.000

Harga burung manyar di atas, sewaktu-waktu akan berubah tergantung derah, musim, keturunan dan berbagai macam hal lainnya yang membuat harganya bervareatif.

Leave a Comment