Setting Makanan Burung Lovebird Agar Rajin Berkicau dan Untuk Bertelur

Seperti yang telah banyak kicaumania ketahui, selain perawatan harian yang dilakukan untuk membuat burung menjadi rajin berkicau, makanan merupakan hal penting lainnya yang perlu untuk di berikan pakan lovebird kesayangannya.

Namun, terkadang bagi seorang pemula, tentunya tidak mengetahui tentang makanan apa saja harus diberikan untuk kondisi burung tersebut.

Dalam hal setting pakan memang membutuhkan penyesuaian tersendiri, seperti pemberian pakan untuk meningkatkan birahi, setting pakan untuk rajin berkicau, dan makanan yang cocok diberikan untuk beternak dan lain sebagainya.

Makanan Burung Lovebird

Setiap burung lovebird, memiliki kondisi yang berbeda-beda, ada yang memiliki birahi yang stabil, kurang birahi dan kelebihan birahi.

Namun yang pasti birahi merupakan hal penting untuk di dapatkan pada burung lovebird agar nantinya burung tersebut menjadi rajin berkicau. Namun, jika birahinya berlebih atau bahkan kurang, maka kualitas kicauannya tidak bisa dikeluarkan secara optimal.

Adapun, untuk makanan yang bisa diberikan untuk lovebird di antaranya :

  • Milet merah dan milet putih
  • Jagung muda
  • Kangkung
  • Canary
  • Kwaci
  • Toge
  1. Pakan Harian Lovebird

Untuk pakan harian, rekan-rekan bisa memberikan milet putih saja sudah cukup, namun untuk memberikan Gizi yang seimbang, maka rekan-rekan bisa memberikan pakan lainnya, seperti mencampur milet putih, milet merah, kwaci dan canary.

Setiap seminggu 2 kali, berikan jangung muda dan juga kangkung untuk memenuhi kebutuhan gizi lainnya yang di butuhkan oleh burung.

  1. Untuk Meningkatkan Birahi

Untuk meningkatkan birahi burung lovebird dari setting makanan, maka rekan-rekan bisa memberikan pakan dari biji-bijian setiap harinya, akan tetapi untuk pakan dari kangkung di berikan setiap harinya, karena kangkung dapat meingkatkan birahi burung dengan baik, agar nanti ketika mau di ternak, burung mau kawin dan di kawini.

Begitu juga pakan dari jagung muda manis, berikan setiap harinya , namun jangan berikan dalam jumlah terlalu banyak, karena jagung muda jika dikonsumsi setiap oleh lovebird dapat membuatnya menjadi mencret.

  1. Pada Saat di ternak Agar Cepat Bertelur

Seperti pada saat diternak, pakan yang bisa diberikan seperti kangkung, tauge, jagung dan pakan dari biji-bijian di berikan, untuk menunjang produksi burung menjadi lebih baik, untuk meningkatkan kualitas sel reproduksi jantan dan betina.

Namun, ketika pada saat burung sudah mengeram, maka pemberian pakan kangkung di stop terlebih dahulu, agar birahi burung tidak naik. Karena jika birahi burung naik pada saat mengeram, maka proses mengeramnya akan terganggu, karena jantan sering menggoda betina minta kawin ketika sedang mengeram.

Namun, jika telur burung sudah menetas, maka bisa berikan kembali kangkung dan jagung muda berikan kembali 3 kali dalam seminggu.

  1. Lovebird paud/Anakan

Untuk pakan lovebird paud atau anakan, jika sejak keceil di loloh oleh indukannya, maka nantinya ketika sudah waktunya burung akan belajar sendiri untuk mecah milat. Namun, jika burung tersebut belum terbiasa makan sendiri, maka rekan-rekan bisa memberikan pakan dari bubur untuk bayi atau beli pakan khusus untuk lovebird anakan.

Leave a Comment