Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Secara Fisik dan Kebiasaan

cara membedakan lovebird jantan dan betina

Dalam menjodohkan burung lovebird, tentunya memilih jenis kelamin tertentu menjadi suatu hal yang harus di ketahui oleh pemilik burung, karena ada beberapa kemungkinan yang terjadi ketika burung sudah berjodoh , namun burung masih belum mau bertelur dan meskipun mau bertelur, akan tetapi telurnya tersebut tidak mau menetas, karena kedua lovebird tersebut memiliki kelamin yang sama, betina dengan betina.

Ya, burung lakbet memang merupakan jenis burung yang tidak bisa langsung di bedakan begitu saja, untuk menentukan jenis kelaminnya, seperti burung lainnya, meskipun ada beberapa jenis lovebird yang mudah untuk di bedakan.

Dari setiap peternak lovebird biasanya memiliki cara tersendiri untuk membedakan kelamin lovebird, misalkan dengan meraba supit udang  atau dengan cara lainnya, namun terkadang untuk membedakan jenis kelamin lovebird, tidak bisa menggunakan salah satu patokan itu saja, perlu melihat hal lainnya yang sering digunakan oleh kicaumania lainnya yang sudah berpengalaman.

Terkadang dari beberapa lovebird, ketika burung tersebut di cek supit udangnya seperti betina, akan tetapi bisa saja burung tersebut memiliki kelamin jantan.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Di bawah ini , ada beberapa kebiasaan para kicaumania untuk menentukan jenis kelamin tertentu pada lovebird yang bisa kalian coba. Namun , yang pasti penjelasan di bawah ini tidak bisa di tentukan hanya dari salah satu factor saja, perlu perbandingan dengan factor lainnya, kecuali anda memembedakannya dengan menggunakan tes DNA.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Secara Fisik

Ada beberapa cara yang bisa di amati untuk melihat jenis kelamin lovebird, seperti melihat atau meraba bagian tubuh tertentu pada burung , atau juga dengan melihat perilakunya yang akan menjadi pembahasan kali ini.

  1. Bentuk Tubuh

Ciri-ciri yang pertama untuk menentukan kelamin lovebird adalah dengan melihat fostur tubuh burung, dimana lovebird betina memiliki bentuk tubuh yang lebih kekar dan juga besar dari pejantan. Namun , tidak selalu jadi patokan, karena bisa saja lovebird jantan memiliki bentuk badan yang besar, karena mengalami kegemukan.

  1. Bulu Lovebird

Secara umum, lovebird jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dibandingkan dengan betina. Namun tetap tidak selalu jadi patokan, karena tergantung dari vareasi geografis,iklim dan factor makanan yang membuat bulu betina terlihat sama dengan jantan.

  1. Ekor Lovebird Jantan dan Betina

Perhatikan bentuk ekor pada lovebird secara keseluruhan, karena bentuk ekor lovebird jantan akan terlihat runcing dan untuk ekor lovebird betina akan terlihat sama rata atau melebar dari setiap bulu ekornya.

  1. Tulang Pubis ( Supit udang )

Tulang pubis atau biasa di sebut juga dengan supit udang, bentuk tubuh bagian pinggul lovebird sering dijadikan patokan untuk menentukan kelamin lovebird. Pada masa, dimana musim berkembang biak, burung lovebird betina akan memiliki tulang pubis yang lebih lebar dan terasa elastic ketika diraba, karena hal tersebut di pengaruhi oleh perubahan hormone tubuhnya. Sedangkan untuk tulang pubis jantan ketika di raba, memiliki jarak yang lebih sempit.

Lihat Juga : 

Download Suara Lovebird Ngekek Panjang Mp3 Untuk Masteran
Daftar Harga Burung Lovebird

Cara Membedakan Lovebird jantan dan Betina Berdasarkan kebiasaan

gambar lovebird jantan dan betina

Gambar lovebird jantan dan betina

Selain ciri fisik yang bisa dijadikan perbedaaan umum kelamin lovebird, jenis kelamin pejantan dan betina memiiki kebiasaan yang berbeda, namun seperti ciri fisik pada umumnya, dari factor kebiasaanya tertentu tidak bisa di jadikan patokan secara tunggal, perlu melihat berbagai macam patokan lainnya agar lebih lengkap untuk menentukan suatu kelamin lovebird.

  1. Posisi kaki bertengker

Perhatikan ketika lovebird sedang bertengker dari tangkringan, karena lovebird betina ketika bertengker, kedua kakinya akan terlihat lebih melebar, selebar bahunya. Sedangkan untuk lovebird jantan, ketika bertengker, lebar kakinya tidak melebihi batu tubuhnya.

  1. Perilaku Menggigit Objek

Perilaku lovebird betina cenderung akan langsung menggigit terhadap objek tertentu , seperti menggigit sesuatu benda seperti mainan , kayu dan objek lainnya ketika ada objek tertentu berada di dalam sangkarnya.

Benggigit yang dimaksudkan antara lain, burung lovebird betina  akan cenderung melihat, , membaui, menyentuhnya secara langsung dengan paruhnya dan selanjutnya akan mengngingit. Dan untuk jantan tidak langsung untuk menggigit benda.

  1. Meloloh Pasangan

Untuk melihat kelamin lovebird ketika di dalam kandang koloni, sehingga burung berjodoh sendiri, maka bisa di lihat dari pejantan yang sering meloloh betina. Biasanya , dengan menjodohkan secara koloni, maka naruli dari burung itu sendiri, tidak akan salah memilih pasangannya, tidak seperti di jodohkan oleh pemilik burung, yang memiliki kemungkinan salah menjodohkan.

Namun , ketika lovebird di pelihara secara soliter, terlebih masih belum bisa di pastikan jenis kelaminnya, maka akan lebih sulit, karena bisa saja kedua lovebird itu memiliki kelamin yang sama, betina x betina, jantan x jantan.

Misalkan lovebird betina 1 akan terus meloloh pasangan betinanya, dan salah satu betina tersebut bersikaf seperti lovebird jantan dan sering meloloh yang menjadi pasangannya.

  1. Membuat sarang

Biasanya lovebird betina, akan terlihat lebih sering membawa ranting untuk membuat sarang, sehingga burung betina terkadang akan terlihat stress, Karena mungkin betina merasa bertanggung jawab atas telur yang di keluarkannya, namun ada beberapa betina lovebird yang terlihat santai ketika membuat sarang.

Lovebird betina terkadang ada beberapa yang membantu membuat sarang, namun tidak sesering betinanya,meskipun ada beberapa jantan lovebird yang cukup rajin dalam membuat sarang.

  1. Membuka sayap sebelum kawin

Karakter burung lovebird betina ketika sebelum kawin, akan lebih sering membuka sayapnya di bandingkan pejantan.

Meskipun begitu, hal ini tidak selalu jadi patokan,karena pejantan juga terkadang beberapa kali membuka sayap sebelum kawin, meskipun tidak sesering betina. tapi yang pasti pejantan lovebird akan menempati posisi di atas ketika kawin.

  1. Menggaruk pasangan

Sebelum kawin, lovebird jantan akan lebih sering menggaruk kepala pasangannya, meskipun betina juga suka menggaruk kepala jantannya. Namun , pejantan lebih sering menggaruk kepala betinanya.

  1. Mengerami Telur

Mengerami telur pada burung lovebird bisa di erami oleh kedua kelamin,jantan dan betina. meskipun begitu, jarang sekali ditemukan jantan lovebird mengerami telurnya,dibandingkan betina yang sering mengerami telurnya.

  1. Meloloh Anakan

Lovebird jantan dan betina sama-sama suka meloloh anakannya, akan tetapi ada juga yang mengalami dari peternak, dimana pejantan yang tidak mau meloloh anakannya dan cenderung malas untuk memberikan makanan pada anakannya, namun sangat jarang di temukan.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Secara Fisik dan Kebiasaan | duniakicau | 4.5