fbpx

Cara Memaster Burung kicauan Menggunakan MP3 dan Burung Langsung

 

Burung peliharaan entah apa itu jenisnya membutuhkan perawatan yang harus dilakukan seperti dengan melakukan masteran. 

Apapun cara yang dilakukan untuk mendapatkan kicauan terbaik dari burung itu sendiri membutuhkan masteran. Jika dulu untuk melakukan masteran pada burung kicauan menggunakan burung langsung yang sudah gacor yang di dekatkan, pergi ke kios burung hanya untuk memaster atau memancingnya bunyi,membeli beberapa jenis burung yang sudah gacor untuk masteran, dan lain sebagainya maka dengan menggunakan media Audio Mp3 yang di putar, maka hal tersebut juga bisa dilakukan dan tidak kalah bagus dengan menggunakan langsung.

Tidak semua memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan masteran menggunakan burung langsung, karena kesibukan dari pemilik burung itu sendiri,masalah biaya, tidak banyak yang memelihara burung sejenis di lokasi anda dan lain sebagainya, maka dari itu menggunakan Mp3 menjadi salah satu solusi untuk membuat kualitas burung menjadi meningkat.

Cara Memaster Burung kicauan

Pada kesempatan kali ini Duniakicau.net akan memberikan tips bagaimana cara memaster burung kicauan dengan menggunakan Mp3 dan menggunakan burung langsung agar burung tersebut mampu menirukannya dengan baik, karena setiap cara memaster burung  membutuhkan cara yang berbeda, karena mengingat cara yang dilakukan berbeda pula.

Namun , bagi yang ingin melakukan masteran burung kicauan, maka bisa mendownloadnya terlebih dahulu yang telah admin sediakan di halaman audio untuk masteran, dari berbagai jenis macam jenis burung kicauan, seperti murai batu, lovebird, anis merah, cucak ijo, burung ciblek dan dengan burung lainnya. Selain itu, kami juga sediakan suara untuk terapi dan pancingan untuk setiap jenis burungnya, yang bisa di download di halaman ini , Lihat : Download Kumpulan Suara burung Masteran Mp3 .

Hal yang perlu di perhatikan sebelum Memaster Burung

Secara umum, burung kicauan membutuhkan waktu yang tepat untuk dilakukan, ketika para pemilik burung memperdengarkan suara masterannya, burung bisa dengan maksimal untuk menikmati suara kicauan dari masterannya tersebut, sehingga sewaktu-waktu burung bisa untuk menirukannya dengan baik.

  1. Kondisi Burung

Dalam melakukan masteran burung kicauan, hal yang penting adalah dimana burung dalam keadaan sehat, karena jika burung dalam keadaan sakit, maka percuma saja dan sebaiknya sembuhkan terlebih dahulu saja, dan setelah sembuh baru lakukan masteran.

Pastikan burung tidak dalam keadaan lapar, karena tidak bisa focus untuk mendengarkan suara masteran dan juga burung tidak dalam keadaan aktif, karena ketika burung sedang aktif cenderung tidak mau untuk mendengarkan kicauan dari masterannya.

 Pada saat mbung menjadi salah satu cara yang bisa di pilih untuk melakukan masteran pada burung kicauan,karena ketika burung dalam masa mabung, akan membuatnya menjadi sering berdiam diri dan jarang berkicau. Dengan begitu tentunya dapat membuat pemasteran berlangsung dengan baik , karena burung bisa menikmati irama kicauan dari suara masterannya dan menikmatinya.

  1. Waktu Masteran

Pemilihan waktu yang tepat memberikan banyak peranan, agar suara masteran burung bisa di dengarkan dengan baik, seperti menghindari melakukan masteran pada saat burung sedang aktif, burung dalam keadaan birahi, burung aktif pada pagi hari, dan lain sebagainya.

Jadi, untuk memulai masteran, maka bisa memilih waktu pada saat burung dalam keadaan bersantai dari tangkringan dan burung terlihat banyak berdiam diri.

Akan tetapi sebagai Referensi, untuk memaster burung kicauan, maka bisa dengan memulainya pada pagi hari jam 09.00 , siang hari pada jam 12.00 hingga jam 03.00 dan sore hari pada saat jam 17.00 sampai jam 18.00. Namun, jika pada saat jam tersebut burung masih dalam keadaan aktif, maka bisa dengan memilih waktu lain, karena setiap lokasi dan situasi tempat daerah berbeda-beda dan kondisi burung itu sendiri. Jadi perhatikan terlebih dahulu burung kicauan anda, jika burung sudah banyak berdiam diri, maka bisa dengan melakukan masteran.

  1. Kenyaman saat masteran

Pada saat masteran berlangsung, artinya burung benar-benar di harapkan bisa mendengar suara masterannya dengan baik, seperti layaknya manusia ketika mendengarkan music dan tentunya membutuhkan kenyamanan.

Kenyaman penting sekali untuk di dapatkan pada saat burung melakukan masteran, agar bisa menikmati irama kicauan masterannya dan bebas dari hewan pengganggu, seperti suara yang berisik, lokasi masteran yang banyak hewan predator yang dapat membuat burung menjadi ketakutan dan lain sebagainya.

Cara Memaster Burung Dengan MP3

Memaster burung dengan menggunakan Mp3 memiliki keunggulan, dimana untuk melakukannya bisa dilakukan secara fleksibel, bisa memilih jenis suara dalam jumlah banyak dan juga bisa memutar jenis suara yang sama setiap melakukannya.

Sebelum memaster burung, maka bisa dengan memilih kualitas suara masteran yang jernih, karena jika kualitas suara dari audio tidak bagus, maka burung akan mengalami kesulitan untuk mendengarkannya dengan jelas.

Jika sudah memiliki kualitas suara masteran yang baik, maka putar suara Mp3 masteran dengan Velume sedang, tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu kecil. Karena jika di putar dengan suara terlalu kecil, di khawatirkan burung tidak bisa mendengarnya dengan jelas, begitu juga terlalu kencang yang akan membuat burung menjadi tidak nyaman karenanya. Dan simpan media pemutar suara masterannya tersebut dekat dengan kandang, tepat di bawah kandangnya.

Cara Memasteran Burung Menggunakan Burung Langsung

Memaster menggunakan burung langsung, berbeda dengan menggunakan Mp3, karena salah satunya adalah keterbatasan suara masteran dalam berkicau karena kecapean, dan berbagai macam lainnya yang harus di perhatikan.

  1. Full Krodong

Ketika burung di krodong pada saat dimasterkan untuk membuatnya bisa focus terhadap pendengarannya saja, sehingga proses masteran bisa berjalan dengan cepat. Simpan burung masteran di dekat burung yang mau di master yang sudah di krodong dan biarkan burung masterannya berkicau tanpa krodong dan yang burung sedang di master bisa mendengarkan saja irama kicauan masterannya.

  1. Suara masteran

Agar burung tidak mengalami kesulitan untuk menghapal suara masterannya, maka berikan suara masteran dengan beberapa suara saja, 1 sampai 2 jenis suara. Dan jika burung sudah mulai bisa menirukannya, maka bisa dengan memasternya dengan jenis suara lainnya.

Demikianlah cara memaster burung kicauan dengan menggunakan audio MP3 atau dengan menggunakan burung langsung yang sudah gacor.

Leave a Comment