fbpx

Jenis Burung Murai Batu Yang Bagus Lengkap dengan Gambar dan Harganya

Murai batu merupakan jenis burung yang memiliki banyak peminat dari kalangan kicaumania Indonesia, dimana kelebihan yang dimiliki oleh burung tersebut menjadi daya tarik tersendiri untuk di pelihara.

Dari dulu hingga saat ini, burung murai batu memiliki banyak peminat, dan harga dari murai batu ini tergolong stabil, tidak seperti burung lainnya, seperti lovebird dan jenis burung lainnya.

Namun, meskipun burung ini memiliki harga yang stabil, akan tetapi harganya cukup relatif mahal, apalagi murai batu tersebut memiliki kelebihan, seperti kemampaun berkicau yang bagus, menjuarai lomba, jenis murai batu dan lain sebagainya.

Ya, setiap jenis murai batu memiliki harga yang berbeda-beda, hal tersebut di sebabkan oleh kemampuan burung itu sendiri, karena ada beberapa jenis murai batu yang memiliki harga yang lebih mahal dari jenis murai batu lainnya, karena kemampuan berkicaunnya lebih baik dari yang lainnya.

Jenis Murai Batu

Perbedaan bulu ekor burung Murai Batu
Perbedaan bulu ekor burung Murai Batu
gambar ekor murai batu
gambar ekor murai batu

Untuk beberapa jenis murai batu merupakan jenis burung yang berasal dari indonesia, akan tetapi burung murai batu yang cukup banyak di pelihara dari kalangan kicaumania berasal dari negara lainnya, seperti murai malaysia.

  1. Murai Batu Medan

Gambar Murai Batu Medan
Gambar Murai Batu Medan

Murai batu medan sebenarnya bukan benar-benar berasal dari medan,akan tetapi murai batu yang di datangkan di semenanjug malaysia, aceh, pasaman dan padang sidempuan.

Akan tetapi dulunya murai batu mendan sering di temukan kawasan Sumatera utara di perbukitan gunung leuser, bahorok dan lawang. Namun, meskipun begitu, burung ini juga tergolong langka dan sulit untuk di temukan di daerah tersebut.

Keberadaan murai batu medan memang sulit di temukan, dan meskipun ada di pasaran, biasanya merupakan hasil keturunan murai batu medan  dengan jenis murai batu lainnya, seperti murai malaysia, padang sidempuan, pasaman, murai aceh.

Yang menjadi ciri khas dan daya tarik jenis murai ini adalah, memiliki tubuh yang besar dan tegak ketika berdiri, sehingga bagi yang meliharnya terlihat gagah.

Dan untuk ciri fisik murai batu medan antara lain :

  • Murai batu medan bertubuh besar dan lebih besar dari jenis murai lainnya
  • Warna bulu hitamnya terlihat legam dan mengkilap, jika terkena matahari warna bulunya terlihat kebiru-biruan
  • Warna kakinya hitam, namun untuk anakan murai batu lebih ke merah yang kehitam-hitaman
  • Memiliki 4 bulu warna putih di ekornya dan memiliki bulu hitam yang strip yang membelah horizontal
  • Panjang tubuhnya bisa mencapai 27 cm – 30 cm
  • Ketika berkicau, murai batu medan sering mengangkat ekornya hingga kepalanya

Lihat Juga : Harga Murai Batu

  1. Murai Borneo atau kalimantan

Gambar Murai Batu Borneo Kalimantan
Gambar Murai Batu Borneo Kalimantan

Banyak dari kalangan kicaumania untuk mengetahui perbedaan burung murai batu kalimanan dengan mudah, dengan melihat dari ciri fisiknya. Namun meskipun begitu, untuk mengetahui murai batu borneo diantaranya :

  • Kepala murai batu borneo memiliki kepala yang kotak dan datar, atau tidak bulat
  • Mata melotot dan tajam
  • Murai batu borneo memiliki warna kaki coklat kehitaman, coklat kemerahan dan juga warna yang kekuningan. Dan untuk memilihnya jangan membeli yang memiliki kaki yang kekuningan karena memiliki mental yang kurang bagus
  • Panjang ekor hanya mencapai 10 cm – 13 cm
  1. Murai Batu Larwo atau Jawa

Foto Burung Murai Batu Jawa atau Larwo
Foto Burung Murai Batu Jawa atau Larwo

Murai batu jawa tidak setenar dengan burung murai lainnya, seperti murai batu medan, dan tentunya burung ini akan sulit untuk di dapatkan, karena banyak penangkar tidak beternak jenis murai batu borneo dan memilih murai baru medan karena lebih banyak peminatnya.

Akan tetapi bagi para pecinta murai batu, ada juga yang lebih memelihara jenis murai ini. Dan bicara tentang kelebihan yang dimiliki oleh burung tersebut memiliki gaya dan kemampuan berkicau yang unik. Dimana ketika berkicau, murai batu jawa ketika berkicau sering mengangkat bulu di bagian kepalanya, sehingga menyerupai jambul.

Lihat Juga : Suara Murai Batu MP3 ( Semua Jenis )

Dan untuk ciri-ciri murai batu jawa antaralain :

  • Panjang ekornya sekitar 8 – 10 cm
  • Tubuhnya kecil, bahkan lebih kecil dari jenis murai batu lainnya
  • Karakter suara kicauannya hampir sama dengan burung murai lainnya
  • Memiliki bulu yang bewarna putih di bagian dadanya sebagai pembatas bulu warna hitam
  1. Murai malaysia

Foto Murai Batu Malaysia

Murai batu malaysia memiliki kemampuan berkicau yang berbeda dengan murai batu lainnya, dimana kemampuan berkicau burung ini memiliki banyak suara isian yang baik, selain itu murai malaysia itu sendiri memiliki gaya bertarung yang bagus, sehingga enak di lihat.

Dengan kemampuan berkicau yang baik dan memiliki gaya yang bagus, maka burung murai malaysia banyak  yang mengikut lombakannya.

Murai batu malaysia yang terkenal berasal dari negeri sambilan. Dimana karakter mental burung berasal dari malaysia ini sangat agresif dan bermental petarung yang tangguh.

Bukan hanya terdapat dari negeri sambilan saja, murai batu malaysia yang terdapat dari kelantan, selangor dan pahang memiliki sifat agresif dan mental petarung tangguh yang sama.

Biasanya murai batu memiliki ciri fisik yang berbeda, namun untuk murai malaysia memiliki panjang ekor yang bisa mencapai 21 cm.

  1. Murai Batu Bordan

Gambar Murai Batu Bordan
Gambar Murai Batu Bordan Via tipsbudidaya.com

Murai batu medan merupakan hasil silang kawin antara murai batu borneo betina dan murai batu medan jantan. Dengan melakukan kawin silang dari kedua jenis murai batu yang berbeda, diharapkan mampu menghasilakn anakan yang berkualitas, karena dari setiap jenis murai batu yang ada, memiliki karakter dan kemampuan berkicau yang berbeda pula.

Murai batu borneo memiliki gaya dan kicauan yang baik, seperti sering meaik turunkan ekornya ketika berkicau dan mmeiliki suara tembakan yang keras. Meksipun murai batu medan dan borneo memiliki motif bulu ekor yang sama.

Dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masin borneo, diharapkan anaknnya memiliki suara yang gacor, gaya bertarung yang bagus, dan memiliki mental yang tangguh seperti kedua indukannya.

Baca Juga : Cara Ternak Murai Batu Agar Cepat Kawin dan Betelur

  1. Murai Batu Lampung

Foto Murai Batu Lampung
Foto Murai Batu Lampung

Seperti burung murai batu pada umumya, murai batu lampung sangat langka untuk di temukan di lampung, karena adanya alih pungsi hutan menjadi kepemukiman manusia, yang mengharuskan murai batu lampung bermigrasi ke daerah/tempat lain untuk bertahan hidup.

Untuk itu, biasanya ketika menemukan muari batu lampung ini biasanya berasal dari riau, jambi dan kota agung, bukan hanya dari tangkapan hutan dari lampung.

Untuk ciri murai batu lampung, diantaranya :

  • Fostur tubuh murai lampung lebih kecil dari murai medan
  • Kicauannya cenderung ngeban atau mengulang-ngulang kicauan yang sama dan kurang bervareasi kicauannya
  • Ekor murai batu lampung mencapai 12-18 cm
  • Warna kuning bulu bagian dada lebih ke orange ke coklatan. Warnanya lebih gelap di bandingkan murai kalimantan
  • Memiliki mental yang bagus gesit dan kuat
  1. Murai Jambi

Gambar Murai Batu Jambi
Gambar Murai Batu Jambi

Murai batu jambi memiliki habitat di pegunungan di jambi, namun ada 2 jenis murai batu jambi, seperti murai jam yang biasa hidup di dataran rendah dan murai batu jambi yang berasal dari dataran tinggi.

Perbedaan antara murai batu jambi selain dari kebiasaannya hidup ( dataran tinggi dan dataran rendah ), murai jambi memiliki fostur tubuh yan berbeda.

Murai jambi yang biasa tinggal di dataran rendah memiliki tubuh yang kecil serta ekor yang pedek, sedangkan untuk murai batu jabi yang biasa tinggal di dataran tinggi memiliki tubuh lebih besar, serta ekor yang melengkung ke atas.

Tentang kemampuan berkicau murai jambi lebih sering berkicau dan bermental tangguh.

  1. Murai Bahorok

Gambar Burung Murai Batu Bahorok
Gambar Burung Murai Batu Bahorok

Murai batu bahorok berasal dari provinsi sumatra utara, kecamatan bahorok, kabupaten langkat. Di alam liar di sekitar daerah tersebut, masih cukup banyak ditemukan jenis murai batu bahorok di sekitar taman nastional gunung leuseur. Namun, untuk menjinakan burung ini cukup sulit untuk dilakukan karena jenis murai batu bahorok sangat jarang sekali berinteraksi dengan manusia.

  1. Murai Batu Nias

Burung Murai Batu Nias
Burung Murai Batu Nias

Hampir semua burung murai batu cukup langka keberadaannya, termasuk meksipun burung tersebut awalnya berasal dari nias, maka kebanyakan yang ada di pasaran, murai batu nias berasal dari simeuleu, pagai/mentawai, sibanang dan lain sebagainya.

Untuk mengetauhi tentang ciri-ciri fisik murai batu nias, diantaranya :

  • Tubuhnya kecil, seperti murai batu lampung
  • Ekor murai batu nias bewarna hitam dan tidak ada warna putih atau ekor murai nias bisa di bilang memiliki warna blacktail
  • Volume suara kicaunnya keras
  • Ekornya panjang mencapai 17 – 20 cm yang hitam pekat
  • Lebih mudah di master atau mudah menirukan suara murai batu lainnya lebih cepat
  • Murai nias lebih mudah beradaptasi dan tidak mudah stress

Lihat Juga : Cara Mengatasi Murai Batu Kurang Ngotot Saat Lomba

  1. Murai Irian

murai batu irian

Murai batu irian memiliki bulu yang berbeda pada jenis murai batu pada umumnya, dimana murai irian memiliki warna bulu hitam yang mengkilap kehijauan, terutama ketika bulunya tersebut terkena sinar matahari, maka akan semakin berkicau dan terlihat bulunya mengkilap. Dan untuk panjang tubuh murai batu irian bisa mencapai 35 cm.

  1. Murai Batu Lahat

Foto Burung Murai Batu Lahat
Foto Burung Murai Batu Lahat

Murai batu lahat memiliki cukup banyak penggemar dan biasanya banyak di temukan dari kalangan kicaumania Indonesia untuk di pelihara.

Dan tentunya bukan tanpa alasa, karena murai batu lahat memiliki kemampuan berkicau yang banyak vareasi kicauannya dan bermental yang baik.

Secara fisik, murai batu lahat mirip dengan murai nias, dengan panjang ekor yang bisa mencapai 18 – 23 cm .

  1. Murai Batu Thailand

Burung Murai Batu Thailand
Burung Murai Batu Thailand

Murai batu thailand berasal dari thailand dan juga sering di temukan di malayasia, yang biasa hidup di perhutanan yang jarang terjamah oleh manusia.

Keistimewaan murai thailand, dimana mentalnya yang sangat agresif dan kemampuan yang indah , sehingga sering banyak di ikut lombakan.

Bulu yang dimiliki oleh murai thailand memiliki bulu yang tidak tebal, namun memiliki ekor yang sangat panjang yang bisa mencapai 34 – 38 cm.

Namun, meskipun bulu ekornya panjang , cuman hanya beberapa ekor saja dan itupun tidak terlalu tebal bulunya.

  1. Murai Filipina

Gambar Murai Batu Filipina
Gambar Murai Batu Filipina

Murai batu Filipina ini bukan jenis burung yang di gemari dari kalangan kicaumania untuk di lombakan, karena kemampuan berkicaunya tidak terlalu bagus. Mungkin , murai filipina lebih cocok dipelihara sebagai pajangan rumah saja.

Nah, demikianlah ulasang kali ini tentang jenis burung murai batu yang cukup populer dari kalangan kicau mania Indonesia, mulait dari yang memiliki suara kicauan yang biasa, hingga yang memiliki kicauan yang paling bagus seperti yang telah di sampaikan diatas.

Leave a Comment

error: Content is protected !!