Tanda-tanda Lovebird Betina Akan Bertelur yang Perlu diketahui

Dalam melakukan beternak lovebird untuk pemula memang membutuhkan pengetahuan yang cukup, seperti mengetahui ciri-ciri lovebird betina akan bertelur.

Karena dalam hal beternak lovebird ada  beberapa persoalan, seperti mulai lovebird gagal berjodoh, lovebird tidak kunjung kawin, telur tidak menetas dan persoalan lainnya.

Ketika lovebird sudah berjodoh dan burung sudah mulai kawin, maka hal selanjutnya adalah apakah lovebird tersebut akan sudah mulai bertelur atau belum, untuk itu Duniakicau.net membagikan informasi untuk untuk mengetahui tentang tanda-tanda lovebird betina akan bertelur.

Perilaku Lovebird Betina Mulai Akan Bertelur

Setelah burung melakukan perkawinan, 10 – 15 hari kedepan, lovebird sudah mulai bertelur, mengeluarkan telur satu persatu dengan jeda 2 – 4 hari sekali dengan jumlah telur 2 – 6 butir telur.

Lihat Juga : Cara Beternak Lovebird Agar Cepat Kawin dan Bertelur

Ciri-ciri lovebird betina sudah ngisi telur, biasanya akan memiliki bentuk tubuh yang lebih gemuk dari sebelumnya, terutama bagian duburnya yang membesar, perilaku yang terlihat gelisah dan juga bersuara keras.

Coba anda masukan kertas/koran/serbuk kayu/ daun pisang kering/batang daun singkong kering atau bahan lainnya untuk tempat bersarang, jika lovebird akan bertelur, biasanya burung akan sibuk menyobek kertas/ koran dan sibuk mengangkut bahan sarang yang disediakan ke dalam glodoknya.

Lihat Juga : Ciri-ciri Lovebird Fighter yang Bagus

Ciri-ciri Lovebird Betina Akan Bertelur

  • Lovebird betina akan sibuk membuat sarang dari bahan-bahan yang di sediakan
  • Lovebird betina akan sering berdiam diri di dalam glodok
  • Pada bagian anus lovebird betina terlihat membesar atau bengkak, dan anusnya terlihat besar
  • Ketika bernafas, lovebird betina yang akan bertelur terlihat berat

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Macet Produksi

Perawatan Indukan Lovebird Akan Bertelur

Ketika akan bertelur, lovebird sangat membutuhkan asupan kalsium dan kandungan lainnya dari pakan, untuk itu pakannya di berikan secara lengkap, mulai dari kangkung, jagung muda, milet merah dan putih, canary seed dan pakan biji-bijian lainnya, serta memberikan tulang sotong sebagai asupan untuk memenuhi kebutuhan kalsium untuk memproduksi telur dan indukan itu sendiri.

Pada tahap ini, jangan ganggu dulu dengan melihat isi dalam glodok apalagi sampai membuka glodoknya, karena bisa menggangu burung, dan di khawatirkan burung tidak mau bertelur di dalam glodok, namun untuk perkambangannya harus di pantau terus dengan memberikan asupan pakan yang berkualitas.

Leave a Comment