Burung Kenari Stres ? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya Agar Normal Kembali

Dalam merawat burung kenari memang memiliki kendala tersendiri ketika dalam perawatannya, seperti burung menjadi macet bunyi, burung menjadi ngeruji, burung over birahi dan juga burung menjadi stress.

Seperti kendala-kendala lainnya, tentunya dapat mengakibatkan kualitas kicauan burung kenari menjadi menurun dari sebelumnya.

Stress bisa saja terjadi pada burung kenari, namun sebaiknya sebagai pemilik burung jangan membiarkan momongannya tersebut berlarut-larut dalam keadaan stress, karena bukan hanya kicauannya, akan tetapi kesehatan fisik dan mentalnya menjadi terganggu yang bisa merusak tubuhnya.

Namun, dibanding mengatasinya maka alangkah baiknya mencegahnya dengan perawatan yang tepat dengan melihat beberapa penyebab burung kenari stress pada penjelasan di bawah ini .

Penyebab Burung Kenari Stres

  • Burung kenari yang biasa di tempat yang tidak terlalu ramai, lalu disimpan di tempat yang terlalu ramai bisa membuat burung menjadi stress
  • Cuaca yang buruk
  • Kendang kenari yang terlalu kecil bisa membuat kenari menjadi stress
  • Kenari sedang mengalami over birahi
  • Kandang terlalu kotor, bahkan berbau
  • Burung kenari takut dengan hewan predator, seperti kucing, tikus, anjing dan hewan lainnya yang bisa membuat burung menjadi tidak nyaman dan takut

Jika melihat penyebab pada penjelasan di atas, maka hal yang selanjutnya adalah dengan cara merawatanya agar kondisinya kembali stabil dan menjadi gacor kembali.

Cara Mengatasi Burung Kenari Stres

Setiap kenari memang berbeda-beda yang menjadikan penyebab burung tersebut menjadi stress, namun apapun penyebabnya, maka karena terkait mental burung itu sendiri yang terganggu maka untuk mengatasinya adalah dengan mengembalikan mentalnya menjadi stabil dan tidak stress kembali.

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Kenari Terlalu Galak

  • Agar emosinya menjadi pulih dan tidak stress lagi, maka simpan burung kenari di tempat yang nyaman, aman dari gangguan hewan predator dengan lingkungan yang tidak terlalu panas dan dingin
  • Gunakan sangkar yang tepat, sesuai dengan sangkar yang di peruntukan untuk kenari
  • Burung mengalami over birahi
  • Celupkan kepala burung selama sedikit saja. Cara ini memang terlihat cukup sadis ya ! , tapi memang jika perlukan untuk mengembalikan mentalnya perlu untuk dilakukan, jika cara lainnya belum mendapatkan hasil yang optimal

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi kenari stress agar kembali normal dan mentalnya menjadi stabil kembali.

Leave a Comment