Efek Samping dan Manfaat Kelabang untuk Burung Peliharaan

Untuk beberapa jenis burung peliharaan suka mengkonsumsi makanan dari serangga atau hewan lainnya, termasuk hewan kelabang.

Untuk beberapa jenis burung, seperti burung murai batu dan kacer, kelabang merupakan santapan yang biasa di konsumsi ketika di alam liar.

Dan tentunya pakan dari kelabang yang di konsumsi oleh burung peliharaan tersebut bermanfaat untuk kesehatannya.

Efek Samping Kelabang bagi Burung

Kelabang di berikan pada burung sebaiknya hanya diberikan sebatas pakan tambahan saja untuk mendukung kualitas kesehatan dan kemampuan berkicaunya dan jangan di berikan sebagai pakan utamanya.

Efek samping pemberian kelabang pada burung jika diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak bisa membuat burung panas, dimana nantinya akan membuatnya menjadi over birahi dan mengalami rontok bulunya.

Lihat Juga : Murai Batu Stres ? Inilah Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Manfaat Kelabang untuk Burung

Manfaat kelabang akan di rasakan oleh burung peliharaan asalkan jumlah pakannya diberikan dengan cukup, yang bisa membuat burung menjadi lebih sehat dan penampilannya berkicaunya maksimal, terutama ketika burung saat lomba.

Kandungan protein pada kelabang menjadikan asupan pakan yang bagus untuk pertumbuhannya dengan kandungan protein yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari jangkrik, dengan beragam gizi lainnya dengan beberapa manfaat yang bisa di dapatkan, seperti :

  • Cocok di berikan untuk burung yang loyo agar lebih responship
  • Bagus diberikan pada burung yang lambat panas
  • Membuat burunglebih aktif
  • Meningkatkan mental burung, terutama pada saat lomba
  • Meningkatkan birahi burung
  • Bagus diberikan pada burung yang malas bunyi/macet bunyi

Lihat Juga : suara murai batu ngekek panjang full isian cililin dan lovebird mp3

Cara Memberikan Kelabang pada Burung

Agar bisa mendapatkan manfaat pada burung peliharaan anda, maka kelabang cukup di berikan seminggu sekali sebanyak 1 ekor saja, dan di berikan pada saat sebelum lomba 1 ekor.

Itulah efek samping dan manfaat kelabang untuk burung peliharaan seperti burung kacer, murai batu dan burung lainnya pemakan serangga untuk meningkatkan mental, stamina, performanya.

Tinggalkan komentar