Cara Merawat Burung jalak Suren Mabung yang Tepat

cara merawat jalak suren mabung

Mabung pada burung jalak suren menjadi suatu hal yang akan di alami oleh burung tersebut. Namun , meskipun berupakan hal yang alami yang pasti akan terjadi, terkadang kita sering menemukan dimana burung jalak suren  yang mabung memiliki dampak negative, karena disebabkan oleh perawatan yang tepat.

Namun , bagaimanapun proses mabung akan terjadi, maka untuk melakukan perawannya sebaiknya jangan di samakan ketika dalam menggacorkan burung, karena tidak baik untuk burung yang seding mabung. dan terkadang ada beberapa kasus , burung yang di rawat tidak tepat pada saat mabung yang ada malah membuat burung tersebut menjadi macet bunyi. Dan hal tersebut menjadi suatu hal yang tidak di inginkan bagi pemilik burung.

Akan tetapi jika melakukan perawatannya yang dilakukan dengan cara yang tepat akan membuat burung mememiliki performa yang sama atau bisa meningkat kemampuannya.

Proses Mabung Tidak Lancar

Karena proses mabung pasti akan terjadi pada jalak suren, dan sebelum melakukan perawatannya, maka ketahui terlebih dahulu tentang gagalnya burung mabung dengan sempurna yang di sebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Mabung Terus-menerus

Mabung secara terus menerus merupakan hal yang sebaiknya di hindari, karena fase ini akan membuat burung tidak mengalami kondisi yang Fit dalam waktu yang lama,karena bulu burung proses mabungnya tidak pernah selsei.

  • Bulu tumbum tidak sempurna

Bulu tumbuh tidak sempurna yang menjadikan bulunya tersebut menjadi mudah patah, mudah rusak, keriting, tidak terlihat rapih

  • Macet Mabung

Macet mabung dapat membuat proses mabungnya terhambat karena disebabkan perlakukan dari perawatan tertentu, sehingga pada sewaktu-waktu proses mabungnya tidak lancar, sehingga dapat memakan waktu yang lebih lama

Baca Juga : Cara Merawat jalak suren macet bunyi & Download Suara Jalak Suren Mp3 Untuk Masteran

Cara Merawat Burung jalak Suren Mabung

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk membuat proses mabung tersebut bisa di nikmati oleh jalak suren anda, sehingga burung tetap nyaman meskipun kondisi fisiknya tidak sebaik ketika tidak dalam keadaan mabung.

  1. Jangan Menjemur Jalak Suren

Agar bulu burung dapat rontok dengan baik, maka kondisi suhu tubuhnya harus tetap lembab, dengan menjemurnya, maka akan membuat bulunya menjadi rekat dan menjadikannya susah untuk rontok. Padahal merontokan bulu dengan baik dapat membantu proses mabung menjadi cepat.

Jadi , hindari untuk menjemurnya, dan usahakan kondisi suhu sangkar atau tubuhnya tetap lembab dan simpan di tempat yang memiliki suhu yang lembab pula dan tidak terlalu panas atau kering.

  1. Jangan di mandikan

Selain jangan menjemur jalak suren ketika mabung, maka memandikannya juga sebaiknya di hindari ketika burung sedang merontokan bulunya, dan lakukan pemandian burung jalak suren ketika bulunya sudah banyak yang tumbuh.

  1. Full Krodong

Bulu yang melindungi dari panas dan dingin burung jalak suren akan rontok, untuk itu untuk menjaga suhunya tetap ideal pada burung jalak sure, maka bisa dengan menggunakan krodong pada sangkarnya.Namun , sekali-kali buka untuk mendapatkan udara yang segar pada pagi hari.

  1. Membersihkan kandang

Kandang yang bersih pada jalak suren yang sedang mabung memiliki manfaat untuk menghindari kuman, bakteri timbul dalam kandang  yang sewaktu-waktu dapat menyerang kesehatan burung dan merusak pertumbuhan bulu barunya.

Selain itu, karena kandang burung jalak suren sering di krodong, dengan kandang yang kotor dapat meniumbul jalak suren menjadi keracunan karena adanya gas ammonia dari kandang yang kotor.

  1. Tambah Ekstrafooding

Penambahan pakan dari Ekstrafooding pada jalak suren yang sedang mabung memiliki manfaat untuk mensuplai kebutuhan gizi dalam menumbuhkan bulu barunya. Karena Ekstrafooding memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Misalkan dalam pemberian pakan harian jangkriknya di berikan 3 ekor dalam sehari, berhubung jalak suren sedang mabung, maka bisa menambahkannya menjadi 6 ekor setiap harinya, untuk memberikan Gizi untuk pertumbuhan bulu dan menjaga staminanya.

  1. Pemasteran

Agar kemampuan burung jalak suren meningkat atau tetap terjaga, maka bisa dengan memasternya, sehingga nantinya burung bisa menghapal kicauan dari suara masterannya tersebut untuk di tirukan. Karena pada momen tersebut jalak suren sangat cocok untuk di master, karena aktifitas yang dapat membuat gagal focus dalam mendengarkan tidak dilakukan, karena banyak berdiam diri dan bisa focus untuk mendengarkan suara.

 Untuk mendownloadnya, bisa membuka link yang telah di sedikan di atas dan bisa memilih dari banyak suara yang telah di sediakan di atas.

  1. Multivitamin

Berikan asupan pakan tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi ketika jalak suren mabung, untuk menjaga burung kekurangan stamina karena Gizi dari pakan yang dikonsumsi habis untuk pertumbuhan bulunya.

Namun , cukup berikan Multivitamin khusus untuk mabung saja dan hindari pemberian suplemen untuk gacor, karena bisa menghambat proses mabungnya.

Cara Merawat Burung jalak Suren Mabung yang Tepat | duniakicau | 4.5