fbpx

Poksay Jambul Putih: Ciri-ciri, Habitat, Karakter, Suara dan Perawatannya

Burung poksay jambul putih merupakan jenis burung poksay yang bukan berasal dari Indonesia, poksay kepala putih ini merupakan burung import dari thailand.

Wibawa, suara dan tingkah laku burung ingin menarik perhatian para pecinta burung, karena burung ini sangat aktif ketika di dalam sangkar dan terlihat berwibawa ketika sedang berkicau.

Penampilan yang dimiliki oleh poksay jambul putih terlihat gagah dan burung inipun sering dijuluki burung rajanya ketawa dan rajanya poksay karena telah mengungguli jenis burung poksay lokal.

Karakter Suara Poksay Jambul Putih

Suara yang sering dikeluarkan oleh poksay yang berasal dari thiland ini memiliki suara khas seperti orang ketawa ( suara ketawa, Kwak – Kwak -Kwak ), sehingga sering di juluki sebagai burung perusak.

Lihat Juga : Kumpulan Suara Kicauan Burung Poksay

Ciri-ciri Poksay Jambul Putih

Burung poksay ada beberapa jenis, dan ada beberapa jenis lainnya yang hampir mirip dari warna bulunya, dan untuk mengetahui ciri-ciri burung poksay jambul putih diantaranya :

  • Warna bulu tubuhnya di dominasi bulu warna putih dan coklat
  • Terdapat bulu hitam pita di bagian telinga, garis mata hingga pangkal paruhnya
  • Warna bulu kepala dan bagian mantelnya bewarna putih
  • Bulu sayap hingga ekornya bewarna coklat
  • Bagian bulu ujung sekunder bewarna coklat tua
  • Ukuran tubuh poksay jambul putih lebih besar dibandingkan dengan poksay lainnya
  • Paruhnya bewarna hitam
  • Warna matanya hitam
  • Matanya besar dan terlihat bersinar

Karakter Poksay Jambul Putih

Burung ini cenderung lebih menyukai hidup soliter, meskipun terkadang suka hidup secara berpasangan, karena memiliki karakter yang emosional dan kasar sebagai tanda bahwa burung tersebut tidak suka di ganggu.

Baca Juga : Cara Menjinakan Poksay yang Giras

Habitat Poksay Jambul Putih

Kebiasaan burung poksay jambul putih ketika di alam liar biasa hidup di sekitar hutan sekunder terbuka yang penuh dengan semak belukar dan hutan bambu.

Dan ktika mencari makan, poksay jambul putih sering mencari makan dengan turun ke tanah yang berada di sekitar semak-semak belukar dan pohon bambu.

Lihat Juga : Kisaran Harga Burung Poksay

Cara Merawat Burung Poksay Jambul Putih

Poksay jambul putih menjadi aktif dan rajin berkicau tentunya harus di dukung dengan perawatan yang tepat, karena jika di rawat dengan secara asal-asalan, burung tidak bisa mengeluarkan kemampuannya tersebut dengan maksimal, untuk itu berikut adalah tips untuk perawatannya.

  1. Dalam perawatannya sebaiknya beri pasangan betina, karena burung poksay jambul putih berkarakter tempramental, sehingga kali di pasangkan dengan betina yang lenjeh terutama, dapat membuat burung menjadi jinak
  2. Untuk penampatan sangkar poksay jambul putih sebaiknya tinggi, karena itu yang membuat burung menjadi nyaman ketika di sangkarnya dan pastikan juga jauh dari hewan penggangu seperti kucing, anjing dan hewan lainnya
  3. Aksesoris dan perlengkapan sangkar di lengkapi, seperti tempat pakan, minum, tangkringan dan lain sebagainya

Makanan Burung Poksay Jambul Putih

Burung poksay jambul putih memiliki banyak makanan yang disukainya, seperti buah-buahan, serangga dan pakan buatan serpeti jika di ajarkan.

  • Buah-buahan : apel, mangga, pepaya, pisang kepok dan buah lainnya
  • Untuk pakan serangga, bisa memberikan ulat hongkong dan jangkrik. Jangkrik di berikan sebanyak 3 – 5 ekro dan ulat hongkong sebanyak 5 – 10 ekor pada pagi dan sore hari dan kombinasikan dengan pakan buah-buahan
  • Sebaiknya ajarkan burung poksay mau mengkonsumsi voer, dan jika belum terbiasa makan voer, maka setiap pemberian pakan dari buah dan serangga, mentaburinya terlebih dahulu dengan voer, agar burung terbiasa dengan aroma voer dan memakannya walaupun tidak sengaja karena menepel pada pakan serangga atau buah, sehingga lama kelamaan burung mau mengkonsumsi voer tanpa saja

Leave a Comment