Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Blackthroat Macet Bunyi

Burung yang satu ini yakni burung Blackthroat merupakan salah satu jenis burung yang sangat di sukai oleh para kicau mania Indonesia, Karena dalam melakukan perawatannya cenderung tidak sulit, karena tahan dari segala cuaca dan juga karakter suara kicauannya yang sering dijadikan suara masteran untuk jenis burung lainnya, seperti burung kenari, murai batu dan lain sebagainya.

Namun , bagaimanapun jika dalam melakukan perawatannya yang tidak tepat, tentunya burung Blackthroat juga akan mengalami macet bunyi yang di sebabkan oleh banyak hal, seperti burung stress dan lain sebagainya.

Dalam merawat burung Blackthroat tentunya harus melewati waktu yang cukup lama, terlebih burung Blackthroat tersebut di pelihara pada saat usianya anakan, dan tentunya untuk mencapai usia dewasa hingga mendapatkan suara gacornya membutuhkan waktu perawatan yang panjang yang dilakukan setiap hari.

Ada banyak hal yang akan terjadi pada masa perawatannya tersebut, seperti merawatnya pada saat masih anakan, saat dewasa, saat mabung dan terlebih pada saat macet.

Dengan melihat proses panjang tersebut yang bisa memakan waktu yang lama bagi pemilik burung untuk membuat Blackthroat menjadi gacor, dan tiba-tiba burung Blackthroat menjadi macet bunyi apalagi dalam waktu lama, tentunya menjadi suatu hal yang di takuti oleh pemiliknya.

Penyebab Burung Blackthroat Macet Bunyi

Untuk mengatasi burung Blackthroat macet bunyi, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja yang dapat membuatnya menjadi macet bunyi, karena tidak mungkin Blackthroat menjadi macet bunyi yang tadinya gacor tanpa alasan apapun.

  • Sangkar Blackthroat jatuh
  • Trauma terhadap hewan predator yang menyerang dan menakutinya
  • Terkena polusi udara seperti asap knalpot dan asap pembakaran sampah
  • Sering di simpan di tempat yang banyak angin kencang
  • Sangkar di simpan di tempat berdekatan dengan burung predator seperti burung hantu, elang dan cendet
  • Terserang penyakit infeksi atau pencernaan
  • Over Birahi

Selain di sebabkan oleh pada penjelasan di atas, penyebab Blackthroat macet bunyi bisa juga di sebabkan oleh kurangnya pemberian pakan yang berkualitas dan bisa juga di sebabkan oleh kurangnya pemberian Vitamin pada burung itu sendri.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Blackthroat Agar Cepat Gacor Dengan Tepat

Cara Mengatasi Burung Blackthroat Macet Bunyi

Dalam mengembalikan mental dan juga fisik dari Blackthroat itu sendiri sehingga mau berkicau dengan rajin kembali, maka butuh perubahan dalam menerapkan perawatannya yang di sesuaikan dengan kondisi Blackthroat yang membutuhkan kenyamanan untuk memulihkan kondisi terbaiknya.

Namun , jika burung tersebut menjadi macet bunyi disebabkan terjadinya gangguan pernafasan, maka hal yang harus dilakukan melakukan pengobatan hingga sembuh kembali. Karena jia sudah sembuh , maka burung akan rajin gacor kembali.

  1. Pindahkan Blackthroat Ketempat nyaman

Kondisi stress atau kondisi fisik yang membuat burung Blackthroat macet bunyi untuk mengawali perawatannya adalah dengan cara menyimpan kandang di tempat yang nyaman dan tenang, sehingga burung selalu nyaman dan secara perlahan akan memperbaiki mental dan fisiknya tersebut kembali normal.

  1. Mandikan Blackthroat

Burung Blackthroat yang macet bunyi tetap harus dilakukan untuk membantu pemulihannya, agar membuat badannya selalu segar setiap hari dan lambat laun rasa segar yang selalu dimilikinya akan merangsangnya untuk aktif bergerak dan rajin berkicau.

  1. Pakan Sayur dan Biji-bijian

Pakan dari sayur dan biji-bijian memiliki nutrisi yang banyak untuk memenuhi kebutuhan Gizi dari Blackthroat itu sendiri di samping pemberian pakan lainnya, sehingga burung akan terbantu proses pemulihannya.

  1. Pakan Ekstrafooding

Berikan pakan dari Ekstrafooding selama proses pemulihan berlangsung, karena kandungan protein yang cukup untuk di konsumsi setiap harinya oleh Blackthroat, akan membantu proses pemulihannya tesebut karena protein itu memiliki manfaat yang dapat membuatnya menjadi lebih berenergy.

Berikan pakan Esktrafooding seperti biasanya, seperti pakan dari kroto, laron,kapsul,ulat hongkong, telur rebus dan lain sebgainya.

  1. Jemur Burung Blackthroat

Penjemuran burung Blackthroat semasa macet bunyi tetap bisa dilakukan setelah dimandikan pada pagi hari selama  1 jam, dan hindari untuk menjemurnya terlalu siang, karena cahaya mataharinya terlalu panas.

  1. Full Krodong

Setelah aktifitas mandi pada Blackthroat, maka selanjutnya adalah dengan menggantang burung di tempat teduh beberapa menit , lalu krodong kandang tersebut hingga sore hari, sambil memutar suara burung masteran atau suara pancingan untuk membuatnya mau untuk berkicau kembali.

Dengan memansternya, bisa menggunakan burung lain seperti murai batu, cucak rowo, poksay atau bisa juga dengan menggunakan suara Blackthroat itu sendiri. Untuk mendapatkan suara masteran bisa dengan memebuka dihalaman lainnya, Lihat : Download Kumpulan suara Burung Mp3 Untuk masteran dan pancingan .

Ketika sore hari, maka buka krodongnya tersebut untuk memancingnya bunyi dengan menyimpannya di tempat yang teduh dan terdapat angin sepoy-sepoy kecil. Dan gunakan krodong secara Full kembali ketika malam hari, agar burung bisa berisitirahat total.

Leave a Comment