Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

cara merawat lovebird

Lovebird atau biasa juga di sebut burung lakbet memiliki banyak peminat yang cukup banyak dari kalangan kicaumania Indonesia, karena burung yang satu ini, selain memiliki kicauaan ngekek panjang yang menjadi ciri khasnya, lovebird juga memiliki bentuk fisik yang unik dan berbagai macam warna yang indah, serta jika di kawinkan dengan jenis warna berbeda , maka akan mengeluarkan warna mutasi lainnya yang unik.

Dari berbagai macam peminat yang ada tentunya dari beberapa warna yang beda memiliki harga berbeda pula, ada yang memiliki harga 100.000 untuk yang memiliki hijau strandar dan juga yang memiliki harga yang dapat mencapai jutaan rupiah, hanya karena memiliki warna unik dan terlihat mewah.

Selain warna memiliki peranan dalam menentukan harga, tentunya suara kicauan dari burung itu sendiri memiliki peranan yang cukup besar, terlebih burung tersebut memiliki kicauan ngekek panjang dan sering menjuarai lomba kicauan. Selain dapat meningkatkan harga dari burung itu sendiri, tentunya dari anakan lovebird juara tersebut akan meningkat harganya, karena memiliki prosfek kicauan yang baik seperti indukannya.

Namun , bagaimanapun yang namanya burung kicauan, terlebih lovebird, tentunya memiliki kicauan yang berkualitas sesuai jenisnya, menjadi hal membuat nilai lebih tersendiri meskipun warna lovebird tersebut memiliki harga yang paling murah, dan bisa bersaing dengan harga lovebird yang mahal sekalipun.

Jadi, bagi para pemiilik burung lakbet yang memiliki harga murah, jangan khawatir, karena dengan melakukan perawatan dan mencapai kicauan terbaik dari burung itu sendiri, harga jualnya cukup menjanjikan , terlebih untuk bisnis.

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

Untuk memaksimalkan kemampuan burung lovebird dalam berkicau, maka burung membutuhkan perawatan yang rutin setiap harinya, agar dalam setiap hari, burung lakbet tersebut mendapatkan kondisi terbaiknya, dengan begitu, burung akan menjadi lebih aktif dan rajin untuk berkicau.

Dalam perawatannya, menjaga kesehatan burung itu sendiri menjadi hal yang utama untuk di jaga, karena hal tersebut merupakan awal yang baik untuk membuat lovebird menjadi rajin berkicau ngekek panjang.

  1. Pakan Lovebird

Pakan memliki manfaat yang dapat membuat lovebird menjadi rajin untuk berkicau, dengan pemberian pakan yang cukup untuk kebutuhan gizinya. Lovebird merupakan jenis burung pemakan biji-bijian, seperti millet putih/merah, kwaci dan lain sebagainya.

Selain itu sebagai pakan tambahan atau Ekstrafooding bisa di berikan , seperti jagung muda manis, tauge, kangkung dan lain sebagainya.

Pakan dari biji-bijian bisa di berikan setiap harinya yang disediakan pada kandang, dan berikan pakan dari Ekstrafooding untuk melengkapi kebutuhan Gizi dari burung itu sendiri.

Namun, perlu untuk di perhatikan adalah dalam pemberiannya diberikan dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebih, selain dapat membuat burung menjadi obesitas/kegemukan, dengan pemberian Ekstrafooding ini diberikan dalam jumlah yang banyak, bisa membuat burung menjadi Overbirahi yang tidak baik untuk kualitas kicauannya. Jika buruh terlihat birahi secara belebihan, maka kurangi pakan Ekstrafooding ini.

  1. Memandikan Lovebird

Memandikan lovebird memiliki manfaat dalam membakar kalori dari burung itu sendiri, selain itu dengan memandikannya hingga basah kuyup, bisa membuat stamina burung menjadi meningkat dan tentunya sangat baik untuk meningkatkan kualitas kicauannya menjadi ngekek panjang.

Untuk memandikannya bisa dilakukan pada pagi hari pada jam 07.00, siang hari pada jam 12.00 dan juga sore hari. Dan anda bisa memandikannya sehari sekali atau 2 kali dalam sehari tergantung kebutuhan, namun jika burung dalam keadaan over birahi agar birahinya menurun, maka bisa memandikannya 2 kali pada pagi hari sore atau malam hari.

Memandikannya, bisa dengan menyemprotnya, memandikannya di keramba, atau dengan cara memegang lovebird dan membasuhnya.

  1. Menjemur Lovebird

Untuk menjemur lovebird, maka bisa dilakukan pada saat lovebird berumur 4 sampai 6 bulan ketika bulunya sudah tumbuh dengan sempurna.

Mandikan lovebird paa pagi hari ketika jam 07.00 hingga jam 10.00 selama 2 sampai 3 jam setelah di mandikan, dan jika itu di perlukan, maka bisa memandikan lovebird pada sore hari pada saat jam 03.00 hingga jam 05.00.

  1. Perawatan kandang Lovebird

Dalam perawatan lovebird guna untuk menghindari berbagai macam penyakit yang mungkin akan timbul dari kandang yang kotor, seperti terkena penyakit snot yang dapat mengganggu kesehatan mata, dan gangguan pencernaannya, terkena kutu atau tungau dan juga berbagai macam jenis penyakit lainnya.

Rawatlah kandang hingga benar-benar bersih dari sisa makanan yang jatuh dan juga kotoran dari burung itu sendiri, karena selain dapat menjaga kesehatannya, dengan menjaga kebersihannya dapat membuat burung menjadi nyaman untuk tinggal di dalam kandang.

  1. Simpan ditempat yang nyaman

Simpanlah burung di tempat yang nyaman, entah itu pada pagi hari ataupun pada malam hari, dan hindari menyimpan lovebird di tempat gelap karena dapat membuat burung menjadi tidak nyaman dan bertingkah aneh karenanya. Berikan pencahayaan yang cukup agar burung bisa melihat lingkungan sekitar.

  1. Memaster Lovebird

Agar burung memiliki kicauan ngegek yang baik, maka membutuhkan contoh suara yang di dengarkan oleh burung itu sendiri, dan ketika burung lovebird anda sering mendengarkannya, maka akan besar kemungkinan bisa menirukannya.

Untuk memaster burung lovebird, maka bsia dengan menggunakan MP3 yang di putar di hape atau juga bisa menggunakan burung langsung yang sudah memiliki kicauan ngekek yang baik.

Baca Juga : Cara Memaster Burung kicauan Menggunakan MP3 dan Burung Langsung

Dalam peratan burung lovebird tentunya tidak datang begitu saja, perlu waktu dan ketelatenan pemiilik burung itu sendiri. Jadi , ketika merawatnya dengan baik, maka lambat laun kualitas dari burung labet tersebut menjadi meningkat, entah itu secara mental, fisik dan terpenting bisa ngekek panjang.

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang | duniakicau | 4.5