Cara Seting Lovebird Jantan untuk Lomba Agar Tampil Maksimal

Melombakan lovebird jantan di antara burung betina tentu bisa memberi masalah tersendiri. Apalagi sebagian besar arena lomba lovebird lebih didominasi oleh burung yang berjenis kelamin betina. Jika si pejantan tidak berada dalam kondisi yang benar-benar stabil, maka birahinya akan cenderung melonjak dan menjadikannya tidak dapat tampil maksimal selama lomba berlangsung. Untuk itu, simak beberapa cara seting lovebird jantan untuk lomba berikut ini.

Suasana lomba lovebird

Sudah bukan rahasia lagi kalau sebagian besar lovebird jawara itu berjenis kelamin betina. Sebut saja lovebird Kusumo kepunyaan H Sigit Klaten, atau lovebird Cinderella milik Om Andi yang kerap menjuarai lomba-lomba burung di Semarang. Selain tidak gampang naik birahi seperti burung jantan, lovebrid betina dikenal lebih tenang di atas tenggerannya dan mempunyai durasi ngekek yang lebih panjang.

Tapi jangan salah! Ketika berada dalam kondisi yang benar-benar stabil, lovebird jantan memiliki peluang cukup besar untuk meraih juara. Bahkan sudah banyak burung jantan yang kini masuk ke arena lomba dan menjadi juara di berbagai even lomba di beberapa daerah.

Faktor yang sangat mendukung penampilannya di lapangan adalah pola rawatannya sehari-hari. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, maka kondisinya akan cenderung kurang stabil, sehingga ketika dilombakan perilakunya akan berubah nakal misalnya suka ngeruji, naik-turun tenggeran, bahkan jadi jarang mau mengeluarkan suara ngekeknya.

Lihat Juga :  Cara Jebol Birahi Lovebird Jantan

Untuk memaksimalkan penampilan lovebird jantan ketika dilombakan, maka beberapa pola rawatan berikut ini dapat diterapkan setiap harinya:

Memisahkan lovebird jantan dari keberadaan burung sejenis lima hari sebelum dibawa ke lapangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi birahiya agar tetap stabil sehingga burung akan selalu siap berlomba.

Selama berada dalam masa karantina tersebut, burung diberikan asupan pakan tinggi nutrisi yang bisa didapatkan dari pakan biji-bijian yang berkualitas. Pakan biji-bijian yang paling direkomendasikan para pemain lovebird adalah milet Cinderella. Pakan ini sudah diolah terlebih dulu dengan beragam bahan yang bermanfaat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh burung yang akan dilombakan.

Lihat Juga : Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina

Selain diberikan pakan biji-bijian. untuk mendukung perawatan hariannya lovebird tersebut juga harus mendapatkan asupan pakan tambahan khususnya yang berasal dari buah dan sayuran. Pemberian jagung manis dilakukan setiap hari, sedangkan untuk pakan tambahan lain seperti kangkung dan biji kuaci diberikan setiap beberapa hari sekali.

Selain melalui proses karantina dan perawatan rutin lainnya, setingan lovebird jantan agar tampil maksimal ketika dilombakan bisa dilakukan dengan menerapkan metode untulan.

Metode untulan diyakini bisa menjadikan burung jantan tampil lebih ngotot ketika berlomba. Selain itu, metode ini juga bisa menjadikan burung lebih rajin mengeluarkan suara ngekeknya dengan durasi maksimal.

Semoga manfaat

Leave a Comment