Cara Mengatasi Burung Lovebird Macet Bunyi Agar Ngekek kembali

burung lovebird macet bunyi

Lovebird yang tadinya ngekek rajin berkicau, tiba-tiba jarang berkicau , bahkan tidak berkicau sama sekali menjadi salah satu persoalan yang akan dihadapi oleh burung tersebut jika melakukan perawatan yang tidak tepat, atau burung dalam kondisinya yang tidak baik.

Sangat di sayangkan memang yang tadinya burung memiliki suara kicauan yang rajin, mendadak banyak berdiam diri. Sangat di sayangkan karena memang untuk membuat burung memiliki kicuaan yang baik, terlebih burung tersebut ngekek panjang membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan berbagai macam perawatan yang rutin yang di lakukan setiap harinya.

Dengan melihat kondisi burung yang menjadi macet bunyi, tentunya hal yang pertama dilakukan adalah, bagaimana cara mengembalikannya menjadi rajin berkicau kembali, dengan perawatan khusus untuk burung lakbet macet bunyi, karena dari setiap kondisi lovebird membutuhkan perawatan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Macet Bunyi

Dalam melakukan perawatan burung pada umumnya, hal yang paling mendasar untuk burung adalah, dimana burung memiliki kesehatan fisik dan mentalnya terjaga. Dan penyebab lovebird macet bunyi karena adanya gangguan fisik dan mentalnya, sehingga burung tidak memiliki Mood untuk berkicau.

Baca Juga :

6 Cara Merawat Burung Lovebird Mabung Yang Benar Agar Cepat Selesai

Cara Merawat Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

  1. Pengembunan Lovebird

Untuk membuat stamina dan daya tahan tubuh lovebird menjadi meningkat, maka butuh pengembunan setiap hari secara rutin.

Lakukan pengembunan pada lovebird yang sedang macet bunyi tersebut menggunakan krodong hingga beberapa menit, ketika lovebird sudah menyesuaikan dengan suhu sekitar, maka krodong tersebut di buka ketika pengembunan berlangsung.

  1. Memandikan Lovebird

Memandikan lovebird yang sedang macet bunyi, sebaiknya gunakan air yang lebih dingin dari biasanya. Air dingin tersebut bisa di ambil dari dalam kulkas, atau air yang di simpan di luar rumah selama semalam.

Mandikan lovebird dengan menyemprotkan air dingin tersebut ke tubuhnya hingga basah kuyup dan jemur setelah itu.

  1. Pakan Lovebird Macet Bunyi

Sediakan pakan seperti biasanya, terutama selalu tersedia pakan dari jagung muda dan juga milet putih.selain itu, berikan juga rebusan daun sereh sebanyak 1 lembar saja yang diberikan pada lovebird.

Rebus 1 buah daun sereh dan merebusnya di air yang mendidih dan air dari rebusan tersebut bisa di berikan pada lovebird selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu, secara rutin, hingga burung benar-benar sembuh kembali.

  1. Berikan Untulan Atau Pasangan

Burung lovebird biasanya lebih menyukai hidup berlama-lama dengan pasangannya, dan tidak heran jika terlalu lama jauh dari pasangan, burung akan menjadi mudah stress, dan menjadi malas berkicau. Jika hal tersebut merupakan penyebab lovebird macet bunyi, maka bisa memberikan pangan, sebagai terapi untuk memulihkan kesehatan mentalnya.

  1. Suplement

Selain stress karena tidak ada pasangan di dekatnya, lovebird juga bisa macet bunyi karena tidak memiliki asupan Gizi yang cukup, sehingga tidak memiliki energy yang cukup untuk ngekek panjang, dan meskipun mau berkicau, suaranya terdengar asal-asalan.

Berikan pakan tambahan dari suplemen khusus untuk burung, jika dari perawatan point 1 sampai point 4 yang sudah dilakukan masih belum bisa membuat burung rajin berkicau.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Macet Bunyi Agar Ngekek kembali | duniakicau | 4.5