Cara Merawat Sirtu Macet Bunyi Agar Rajin Berkicau Gacor Lagi ( Cipoh )

Burung cipoh atau biasa di sebut juga dengan burung sirtu memiliki suara siulan yang khas dan memiliki karakter suara lainnya yang membuat para kicau mania ingin memeliharanya karena memiliki keindahan kicauan yang khas yang dapat di kicaukan oleh burung itu sendiri.

Dalam perawatan burung sirtu ini memang gampang-gampang susah, dimana burung gamapang untuk di rawat, akan tetapi susah untuk membuanty rajin berkicau gacor !!!.

Namun , bagai manapun jika melakukan perawatan yang tepat dan rutin, maka akan membuat burung menjadi rajin gacor dengan khas kicauan yang dimilikinya.

Namun , untuk perawatan selanjutnya ketika burung sudah rajin gacor , tentunya harus tetap dirawat secara rutin dan tepat, agar kemampuannya tidak menurun.

Bukan berarti perawatan yang sudah dilakukan dan membuat burung menjadi gacor sukses, bukan berarti berhenti di rawat, karena selain menjaga kualitas dan meningkatkan kualitas lebih baik lagi, ternyata masih tersimpan permasalahan lainnya yang dapat membuat burung menjadi macet untuk di atasi.

Sudah dalam melakukan perawatan membutuhkan waktu lama, namun secara tiiba-tiba burung menjadi macet bunyi dalam waktu singkat, dan tentunya bagi pemilik burung menjadi kesal karenanya.

Penyebab Burung Sirtu Macet Bunyi

Entah itu di sengaja atau tidak, ketika melakukan kesalahan perawatan tertentu dapat membuat burung sirtu menjadi macet bunyi. Maka dari itu bagi yang belum tau penyebab sirtu macet bunyi, maka bisa dilihat dari beberapa kemungkinan yang membuatnya menjadi macet bunyi tersebut, seperti :

  • Di ganggu Hewan

Burung sirtu yang macet bunyi bisa di sebabkan ada gangguan dari hewan predator yang menakuti atau mengganggunya, sehingga burung menjadi merasa trauma. Biasanya hewan predator yang bisa menakuti burung sirtu antara lain, seperti tikus, anjing kucing dan hewan lainnya.

  • Sangkar jatuh

Sangkar yang jatuh bisa membuat burung sirtu menjadi macet bunyi, terlebih sangkar tersebut jatuh dalam ketinggian dan cukup keras, sehingga selain kaget burung menjadi kesakitan karenanya.

  • Sakit atau Kurang Fit

Burung sritu dalam keadaan sakit atau kurang Fit, bisa membuatnya menjadi banyak berdiam diri karena merasa tidak memiliki energy yang cukup untuk berkicau dan juga aktif bergerak.

  • Mabung

Mabung merupakan hal ilmiah kalau burung menjadi banyak berdiam diri dan tidak berkicau, dan memang seharusnya begitu agar energynya tidak habis karena sering berkicau dan aktif bergerak.

Cara Merawat Sirtu Macet Bunyi

Untuk mengembalikan burung cipoh menjadi rajin gacor kembali pasca macet bunyi, maka bisa dengan melihat beberapa penyebab yang ada, dan untuk melakukan perawatannya nanti di sesuaikan saja dengan kondisi burung itu sendiri menjadi macet bunyi.

Misalkan burung menjadi jarang berkicau karena sedang sakit, agar gacornya kembali tentunya tinggal menunggu saja burung itu menjadi sembuh dan melakukan perawatan khusus untuk menyembuhkan burung sakit.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Sirtu

  1. Jauhkan dari burung lain

Burung sirtu akan lebih mudah stress ketika burung di dekatkan dengan jenis burung Fighter, seperti burung kacer, murai batu dan jenis burung Fihgter lainnya.

Dalam keadaan normal saja, burung rawan stress ketika di gantang berdekatan dengan burung Fighter, dan tentunya ketika burung cipoh dalam keadaan macet bunyi simpan burung di tempat yang sepi, jauh dari suara burung kicauan lainnya untuk memulihkan kondisinya menjadi lebih baik.

  1. Berikan Makanan Lebih

Agar cepat pulih macet bunyinya, burung cipoh berikan pakan Ekstrafooding lebih banyak dari biasanya, karena kandungan protein dan nilai gizi dari pakan tersebut dapat memberikan energy dan membantu membuatnya lebih bernergy dalam beraktifitas harian.

Berikan pakan dari kroto segar sebanyak 2 sendok makan setiap hari, yang di berikan pada pagi dan sore hari, dan memberikan ulat kandang sebanyak 1 cepuk setiap harinya.

Namun , untuk pemberian pakan dari Voer di kurangi saja, ½ porsi dari yang biasa di berikan.

  1. Pancing dengan betina

Untuk memancing burung sirtu macet bunyi, bisa dengan mendekatkan burung cipoh betina untuk memancing birahinya timbul, sehingga mau berkicau nantinya.

Dekatkan burung betina pada siang hari agar berjauhan dan ketika malam hari di simpan dengan jarak berdekatan. Namun ketika sudah mau bunyi kembali, maka burung betina jauhkan kembali , agar nantinya pejantan memanggil terus betinanya.

Adapun jika anda tidak memiliki sirtu betina, maka bisa dengan menggunakan suara pancingan Mp3 yang bisa di download di halaman ini, Lihat : Download Suara Burung Sirtu Mp3 Masteran dan Pikatan .

  1. Multivitamin

Multivitamin merupakan asupan tambahan untuk melengkapi kebutuhan vitamin bagi burung jika dari pakan yang diberikan setiap hari tidak memenuhi kebutuhannya. Dengan memiliki vitamin yang cukup, tentunya akan membuatnya menjadi segar bugra setiap harinya.

  1. Pengembunan dan mandi

Rajinlah untuk mgenembunkan burung pada pagi hari dan memandikan setelahnya agar membuat tubuhnya segar, meskipun sedang macet bunyi. Dengan memiliki badan yang segar setiap hari, maka lambat laun macet bunyinya sembuh kembali dan mau untuk berkicau. Dan jemur setelah dimandikan agar bulunya kering kembali.

Leave a Comment