Cara Membuat Murai Batu Jadi Fighter dan Gacor

Duniakicau.net- Mental fighter yang selalu dimiliki oleh burung murai batu ketika ada di rumah dan pada saat lomba tentunya menjadi hal yang lebih di inginkan pemilik murai batu.

Ada banyak jenis perawatan murai batu, seperti melatih burung memiliki suara isian dan melatih mental burung menjadi fighter.

Kedua hal tersebut memang sama-sama penting, tapi lebih penting lagi mental yang kuat harus dibangun, karena sebagus apapun suara isian burung, jika mentalnya drop akan mengurasi penilaian juri ketika lomba.

Cara Membuat Murai Batu Jadi Fighter

Sifat fighter pada murai batu memang banyak di keluhkan oleh pemilik murai batu, karena ketika saat di rumah mentalnya bagus, tetapi ketika di bawa ke tempat lomba mentalnya langsung ciut.

Lihat Juga : Jenis Murai Batu yang Bagus

Ketika mentalnya menciut alias down maka penampilannya menjadi drop juga dan membuat murai batu menjadi malas untuk berkicau.

Untuk melatih murai batu memiliki mental yang fighter, banyak cara yang bisa dilakukan, dan untuk cara ini merupakan cara dengan buka tutup krodong murai batu untuk membuat sifat fighter burung muncul.

  • Persiapkan beberapa murai batu yang sudah dewasa dan mentalnya bagus sebanyak 3 -4 ekor untuk digunakan sebagai pancingan dalam ke adaan sangkarnya krodong di tutup untuk murai batu yang sedang macet bunyi mentalnya fighter kembali dan tidak down lagi.

Lihat Juga : Jenis Murai Batu Ekor Hitam

  • Simpan 3 – 4 murai batu tersebut di sangkar masing-masing dalam keadaan sangkar di krodong dengan posisi sangkarnya di lantai, bukan di atas gantangan dan biarkan murai batu tersebut di trek secara bersamaan bersama murai batu yang sedang turun mentalnya
  • Jarak pelatihanUntuk jarak saat pelatihan berlangsung, jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, beri jarak sejauh 4 – 6 meter

Baca Juga : Cara Mengatasi Murai Batu tidak Mau Bunyi Saat Lomba

  • Buka ke 3-4 murai batu yang bermental bagus tersebut dan biarkan sangkar murai batu yang berisi murai batu yang drop dalam keadaan tertutup beberapa menit dan biarkan berkicau di dalam sangkarnya tersebut
  • Setelah suara kicauannya sudah mulai gacor maka bisa membuka krodong sangkarnya setengahnya
  • Ketika sudah di buka krodong sangkarnya, biarkan murai batu yang lemah mental tersebut melihat lawannya dari sela-sela jeruji dan ketika sudah berani mengintip lawannya tersebut, maka krodongnya di buka secara full dan biarkan burung bertarung selama 30 menit

Lihat Juga : Ciri-ciri dan Kelebihan Murai Batu Aceh, Pola Ekor, Habitat dan Suaranya

  • Setelah 30 menit, sangkarnya di krodong kembali dan biarkan burung gacor di dalam krodong selama 10 – 15 menit
  • Setelah itu, buka lagi krodongnya secara full dan simpan di tempat tadi yang berisi murai batu yang mentalnya bagus, dan biarkan burung bertarung kembali selama 30 menit

Latihlah cara ini secara rutin 5 – 8 kali lamanya, dan perhatikan perubahan yang dimiliki oleh burung tersebut dari suaranya, apakah suara gacornya biasa atau gacor fighter.

Jika murai batu yang lemah mental tersebut bisa mengeluarkan gacor biasa, maka latihan dilakukan kembali 3 hari dan selanjutnya seminggu 2 kali.

Lihat Juga : Download Suara Murai Batu Jantan dan Betina

Tapi, jika murai batu tersebut gacor dengan fighter dengan ciri-ciri suaranya yang penuh variasi, suaranya menekan, kencang dan keras, maka latih burung ke tampat lomba untuk melatihnya dengan murai batu lain, agar mentalnya terus terlatih.

Untuk membantu proses perawatan ini, maka berikan juga ekstrafooding yang cukup sesuai karakter burung agar bisa maksimal.

Demikianlah penjelasan kaliyang bisa kami bagikan seputar cara membuat murai batu jadi fighter yang bisa kalian coba untuk melatih mental murai batu kesayangan anda.

Leave a Comment