Ciri-ciri Lovebird Siap Lomba di Bawa Ke Gantangan dan Mau Ngekek Panjang

Perawatan lovebid untuk lomba terkadang terasa sulit, terkadang burung di rumah sudah terlihat gacor dan stabil, namun begitu di bawa ke gantangan atau latber, burung tidak bisa tampil maksimal, karena burung mudah naik birahinya.

Ya, salah satu yang cukup merepotkan terkadang, mengatur birahi dan mental burung itu sendiri, bagaimana ketika lomba, birahinya stabil sehingga bisa tampil optimal ketika lomba.

Dari kalangan pecinta lovebird, tentunya seakan trend tersendiri ketika lovebird ikut lomba, apalagi lovebird mampu ngekek dengan durasi lama, dan burung tersebut dianggap memiliki kualitas yang bagus.

Mengetahui apakah lovebird tersebut sudah siap atau lomba tentunya sangat baik dilakukan untuk antisipasi, karena jika burung belum siap lomba, dan di paksa lomba, maka burung akan rawan stres, dan juga untuk mempersiapkan burung nanti lomba.

Ciri-ciri Lovebird Siap Lomba

Ada beberapa hal yang perlu di persiapkan untuk lomba lovebird, yang bisa di sesuaikan dengan melihat penjelasannya di bawah ini, karena setiap lovebird tentunya memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird yang Tidak Mau Bunyi di Gantangan

  • Umur ideal untuk membawa lovebird lomba sekitar 3 sampai 4 bulan, namun alangkah baiknya itu dilakukan sekitar umur 6 bulan
  • Birahi lovebird dalam keadaan stabil, tidak berlebihan birahinya. Karena jika birahinya terlalu tinggi, maka perilakunya berubah dan dapat penilaian jelek dari juri lomba
  • Lovebird dalam keadaan yang sudah rajin ngekek pajang dengan gaya khasnya
  • Mudah untuk bunyi ketika mendengar lovebird lainnya bunyi atau lovebird mudah latah
  • Lihat perilaku lovebird, misalkan lovebird sering mengengkat tubuhnya sambil mengepakan kedua sayapnya dan ketika diam berdiri, kedua ujung sayapnya mengapit
  • Ketika melihat lovebird lainnya, lovebird yang bermental yang baik, akan mengangkat dadanya ( membusungkan dada )
  • Ketika di pancing, burung akan mengeluarkan suara, seperti suara pancingan lovebird atau tepukan tangan
  • Memiliki stamina dan fisik yang baik, dan tidak dalam keadaan mabung

Untuk membuat lovebird memiliki ciri-ciri pada penjelasan di atas tentunya perlu perawatan yang rutin dan khusus, dan jika rekan-rekan sudah memiliki persyaratan yang telah di sampaikan di atas, maka burung sudah bisa di ajark ke arena lomba.

Leave a Comment