Cara Meningkatkan Volume Suara Burung Kacer Agar Keras dan Kencang

Suara burung kacer yang keras dengan irama yang khas yang bisa dikeluarkan oleh burung itu sendiri menjadi hal yang di inginkan oleh pemilik burung kacer.

Perihal suara burung kacer ada beberapa hal yang dapat mempengaruhinya, seperti keturunan burung itu sendiri yang memiliki suara yang berkualitas, dan juga pengaruh luar dari berbagai macam perawatan harian yang dilakukan.

Pembahasan kali ini tentang penyebab suara burung kacer tidak keras, akan admin kupas tentang pengaruh dari luar, seperti proses masteran,pengaruh kesehatan burung, factor lingkungan,pengaruh pakan dan lain sebagainya.

Jadi, dalam hal ini  burung kacer yang anda miliki, merupakan jenis kacer yang memiliki suara yang memiliki potensi menghasilkan volume dengan keras atau sebelumnya pernah keras, namun terhalang oleh berbagai macam hal seperti penjelasan di bawah ini.

Penyebab Burung Kacer Tidak Bersuara Keras

  • Menjemur burung kacer secara berlebihan
  • Burung kurang vitamin dan jarang dilatih sehingga kurang bertenaga
  • Terdapat gangguan pernafasan, infeksi tenggorokan dan gangguan pernafasan lainnya
  • Burung kurang mendapatkan vareasi makanan. Misalkan hanya memberikan pakan dari Voer kering saja
  • Burung sering di tempatkan di lingkungan yang panas, seperti sering menggantang burung di teras loteng, di bawah atap yang menggunakan seng, posisi gantang burung dekat dengan outdoor AC dan tempat lainnya yang memiliki suhu yang panas

Cara Meningkatkan Volume Suara Burung kacer

Coba perhatikan kembali, apakah dalam penyimpanan burung kacer anda di tempat yang panas pada contoh di atas atau lokasi lainnya yang memiliki suhu yang panas pula.

Jika ia, maka untuk kedepannya, simpan burung di tempat yang tidak terlalu panas, meskipun tidak terkena sinar matahari langsung, akan tetapi efeknya kurang bagus untuk kesehatan burung.

Coba perhatikan kembali, apakah dalam penyimpanan burung kacer anda di tempat yang panas pada contoh di atas atau lokasi lainnya yang memiliki suhu yang panas pula.

Jika ia, maka untuk kedepannya, simpan burung di tempat yang tidak terlalu panas, meskipun tidak terkena sinar matahari langsung, akan tetapi efeknya kurang bagus untuk kesehatan burung.

  1. Pengembunan

Proses pengembunan burung kacer memiliki manfaat untuk mendorong burung berkicau dengan nada yang keras. Sambil proses pengembunan berlangsung, maka berikan pula 1 sendok kroto untuk asupan makanan yang membuat stamina burung terjaga.

  1. Simpan di kandang Umbaran

Dalam proses pengumbaran, secara langsung akan melatih nafasnya menjadi lebih baik, termasuk meningkatkan Volume suara burung kacer itu sendiri. Jika burung jarang melakukan pengumbaran, maka sebaiknya lakukan pengumbaran sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu, dan pantau terus perkembangannya.

  1. Dijemur secukupnya

Karena jika menjemur secara berlebihan bisa membuat volume burung menjadi menurun, maka dalam proses terapi ini sedang berlangsung, maka cukup menjemur selama 1 sampai 2 jam saja, dan itu juga dilakukan pada saat matahari tidak terlalu panas, dan jangan lakukan penjemuran melebihi jam 09.30, karena panas matahari melebihi jam tersebut terlalu panas.

  1. Simpan di tempat sejuk

Sebisa mungkin setelah di jemur, simpan burung di tempat yang benar-benar sejuk, dan hindari menyimpannya di tempat yang memiliki udara yang panas. Karena seperti yang telah disampaikan sebelumnya, penyebab burung kacer bersuara kcil di sebabkan oleh suhu udara yang panas.

  1. Bersihkan sangkar

Burung terkena infeksi saluran pernafasan atau gangguan pernafasan lainnya , bisa di sebabkan adanya bakteri dan kuman yang berada di dalam sangkar dan membuat tenggorokan burung menjadi terinfeksi. Maka dari itu, jika selama ini sangkar selalu kotor, maka rajinlah untuk membersihkannya secara rutin.

  1. Perhatikan pakan Voer

Hindari untuk mengganti pakan dari voer secara drastic, karena bisa menurunkan kualitas kicauan burung. Misalkan merubah jenis pakan yang biasa di konsumsi dari pemilik sebelumnya. Jika ingin merupakan pemberian pakan, maka lakkan secara bertahap, misalkan mengganti seperempat terlebih dahulu, hingga burung terbiasa dengan jenis pakan voer baru, sambil tetap bisa menikmati voer lama yang biasa dikonsumsi sebelumnya.

Selain itu, perhatikan juga penyimpanan pakan, agar pakan voer tersebut tidak mudah berjamur karena lembab, karena bisa membuat infeksi pada tenggorokan burung.

  1. Gunakan Air Bersih

Alangkah baiknya, ganti air minum setiap hari agar kesegaran dan kebersihan air terjaga dan membuat burung mendapatkan asupan air yang berkualitas untuk menghindari adanya gangguan pada pernafasan burung kacer.

Nah, admin kira sudah cukup untuk mengembalikan burung yang memiliki sura kecil atau tidak keras seperti yang telah di sampaikan di atas. Lakukan secara rutin setiap hari, maka lambat laun burung kacer memiliki kualitas suara terbaiknya kembali.

Leave a Comment