fbpx

Ciri-ciri Perbedaan Burung Sirtu/Cipoh Jantan dan Betina

Dalam memelihara burung sirtu/cipoh tentunya mengetahui perbedaan jenis kelamin perlu di ketahui, karena kualitas suara burung jantan dan betina burung sirtu memiliki kualitas suara kicauan yang berbeda.

Bagi anda yang ingin memelihara burung sirtu karena tertarik suara kicauannya, maka bisa memilih burung sirtu jantan, karena suara kicauan burung sirtu betina hanya mengeluarkan suara siulan, suara ngekrek dan monoton.

Perbedaan Burung Sirtu Jantan dan Betina

Cara membedakan burung sirtu jantan dan betina cukup sulit, karena penampilan fisik jantan dan betina hampir serupa, dan tentunya untuk seorang pemula akan sulit untuk mengetahuinya.

  1. Warna Bulu Burung Sirtu

Untuk membedakan sirtu jantan dan betina bakalan bebeda antara burung sirtu hasil tangkapan hutan dan sirtu rawatan manusia dari masih lolohan hingga dewasa.

Untuk burung sirtu yang berasal dari tangkapan hutan, warna bulunya lebih cerah, entah itu jantan dan betina, akan tetapi warna bulu jantan sirtu lebih cerah dibandingkan betina.

Lihat Juga : Harga Burung Sirtu Jantan dan Betina

Berbeda halnya dengan sirtu yang di rawat sejak kecil hingga dewasa di pelihara oleh manusia, dimana warna bulu jantan dan betina pudar, tidak secerah burung sirtu hasil tangkapan hutan.

Warna bulu dari burung sirtu tentunya di pengaruhi oleh perawatan, seperti faktor makanan, jemur, mandi, dimana burung seirtu tangkapan hujan proses tersebut terawat secara alami, berbeda halnya burung sirtu rawatan manusia, dimana perawatannya terbatas, semampunya pemilik burung.

  1. Warna Lidah dan Mulut Sirtu

Untuk mengetahui perbedaan sirtu jantan dan betina , bisa di lihat dari warna mulut dan lidahnya, dimana warna kulit jantan hitam, sedangkan warna lidah dan mulut betina hitam pudar.

Baca Juga : Perawatan Burung Sirtu

Akan tetapi, untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina melihat dari warna lidah dan mulutnya tersebut hanya bisa dilakukan untuk burung sirtu yang sudah dewasa, di atas 1 tahun, dan tidak bisa dilakukan untuk sirtu yang masih muda di bawah 1 tahun, karena warna lidah dan mulutnya bewarna kemerahan.

Lihat Juga : Suara Burung Sirtu Jantan dan Betina

  1. Suara Jantan dan Betina

Suara jantan dan betina burung sirtu seperti yang telah di sampaikan di atas memamng berbeda kualitasnya.

Pada saat berumur 2 -3 bulan, burung sirtu jantan akan mengeluarkan suara, dimana ketika umur 1 bulan, jantan suda mengeluarkan suara ngekrek dan ketika umur 3 bulan sudah rajin mengeluarkan suara nyiul dan ketika berumur 5 – 6 bulan sudah mengeluarkan suara siiiirrttuu.

Berbeda dengan betina, ketika berumur 2 – 3 bulan hanya mengeluarkan suara ngekrek saja, tidak mengeluarkan suara nyiul dan suaranya monoton.

Demikian penjelasan tentang Ciri-ciri perbedaan burung sirtu jantan dan betina di lihat dari ciri fisik dan kualitas suara kicauannya.

Leave a Comment