Cara Merawat Cucak IJo Nyulam Mabung Secara Terus Menuerus Waktu Lama

Cara Merawat Cucak IJo Nyulam Mabung

Persoalan burung yang mengalami nyulam mabung dalam waktu yang lama menjadi hal yang prnting untuk di perhatikan, agar pemilik burung bisa mengatasi permasalahan yang ada , sehingga burung yang terlalu lama mengalami mabung nyulam, bisa cepat selesai sebagaimana yang seharusnya terjadi untuk cepat di atasi.

Namun, bagaimana yang sudah atau sedang mengalami mabung terlalu lama ? yang harus dilakukan adalah merubah cara perawatan yang biasa dilakukan dengan perawatan khusus untuk mabung, karena meskipun terkesan tidak jauh berbeda dalam perawatannya, akan tetapi dapat memberikan efek yang berbeda pada burung cucak ijo.

Dalam perawatan harian cucak ijo yang dilakukan tentunya akan terjadi beberapa masalah yang akan di hadapi oleh pemilik burung, dan salah satu permasalahan yang akan terjadi pada burung cucak ijo yang terlalu lama mabung nyulam tentunya hal yang di khawatirkan adalah, dimana burung yang tadinya memiliki kualitas gacor optimal menjadi macet bunyi, dan sangat di sayangkan sekali jika macet bunyi di alami oleh burung cucak ijo kesayangan anda tersebut.

Ada beberapa hal lainnya yang dapat merusak penamppilan dari burung cucak ijo yang terlalu lama mabung selain menurunnya kualitas kicauan, akan tetapi kualitas penampilan lainnya seperti bulunya yang terlihat kusam dan pertumbuhan bulu barunya tidak normal yang tidak rapih, tidak cerah seperti yang seharusnya.

 Cara Merawat Cucak IJo Nyulam Mabung

Dari melihat berbagai macam hal yang mempengaruhi kualitas dari cucak ijo yang nyulam mabung terlalu lama, maka dari hal tersebut membutuhkan perawatan khusus untuk proses nyulam mabung tersebut bisa cepat terselsaikan, mekipun pada awalnya tidak normal proses mabungnya.

  1. Jemur Setiap Hari

Cucak ijo yang mengalami mabung nyulam terlalu lama bisa dengan menjemurnya setiap hari selama 15 menit saja pada pagi hari mulai dari jam 07.00 atau hingga jam 09.00. dan usahakan jangan menjemurnya melebihi jam 09.00, karena matahari yang di hasilkannya terlalu panas dan dapat membuat burung terlalu kepanasan.

  1. Vareasi Pakan Buah-buahan

Setiap pakan dari buah-buahan yang biasa di berikan memiliki nilai Gizi yang berbeda-beda, agar burung mendapatkan gizi yang cukup, maka bisa memberikan pakan dari buah-buahan yang biasa diberikan dengan vareatif secara bergantian dalam pemberiannya setiap hari.

Baca Juga :

Misalkan, memberikan pakan pisang kepong dan buah papaya yang biasa di berikan pada cucak ijo peliharaan anda, dan untuk memberikannya berikan secara Vareatif setiap harinya secara bergantian atau bisa memberikannya secara bersamaan yang di simpan di dalam kandang burung, dan berharap burung mau mengkonsusmi kedua pakan yang biasa di berikan tersebut.

  1. Kurangi Ekstrafooding

Ekstrafooding bisa menjadi salah satu penyebab burung cucak ijo nyulam mabung terlalu lama, karena burung menjadi birahi dan rajin berkicau meskipun dalam keadaan mabung nyulam. Kurangi pakan dari Ekstrafooding tersebut dari jumlah yang biasa di berikan. Misalkan dengan memberikan pakan dari jangkrik cukup 2 ekor saja setiap hari yang di berikan 2 ekor.

Selain pakan jangkrik , berikan juga pakan dari ulat bambu untuk membantu proses pemulihan mabung nyulam terlalu lama.

  1. Suplementasi

Pemberian suplementasi pada cucak ijo memang suatu hal yang bisa di berikan untuk mengatasi cucak ijo terlalu lama mabung nyulamnya, karena untuk saat ini untuk mengatasi hal tersebut sudah tersedia produk untuk mengatasi persolan mabung pada burung. Gunakan suplementasi khusus untuk membantu proses mabung burung agar sempurna dan membaca panduannya dalam kemasan tentang cara penggunaannya yang bisa di beli di kios burung atau tempat lainnya yang menjual suplemen burung, atau bisa juga di toko online.

Cara Merawat Cucak IJo Nyulam Mabung Secara Terus Menuerus Waktu Lama | duniakicau | 4.5