Cara Mengatasi Burung kacer Sering Ngeruji di Sangkarnya Agar Normal kembali

Burung kacer terkenal dengan kemampuan berkicaunya yang memiliki banyak vareasi, dan gaya ngobranya. Namun , burung kacer juga kerap datang permasalahan ketika dalam perawatannya, salah satu ngeruji.

Ngeruji merupakan istilah yang sering kicaumania sebutkan, ketika burung sedang memiliki perilaku menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar, terutama bagian paruhnya, sehingga terlihat menggesek-gesekan paruhnya ke jeruji naik turun.

Perilaku tersebut merupakan suatu tanda, burung sedang memiliki kondisi yang tidak baik, bukan hanya memiliki perilaku ngeruji saja, akan tetapi kesehatan mental dan fisiknya akan menurun juga, termasuk kemampuan berkicau.

Sifat ngeruji bisa terjadi pada beberapa burung, seperti burung kacer, burung lovebird , burung kenari, burung pleci dan jenis burung lainnya.

Hal yang menjadi penyebab burung kacer menjadi sering ngeruji adalah, dimana burung kacer tersebut sedang mengalami over birahi. Dimana yang hal yang membuat burung kacer tersebut menjadi over birahi adalah dengan pemberian pakan yang memiliki kandungan protein yang tinggi atau juga karena pola perawatan yang tidak tepat.

Cara Mengatasi Burung kacer Sering Ngeruji

Jika , burung kacer rekan-rekan sudah mengalami hal tersebut, maka  untuk menghilangkan kebiasaan buruknya tersebut, membutuhkan perawatan yang khusus, sehingga birahinya menjadi stabil dan burung bisa berkicau dengan baik seperti sediakala.

  1. Kurangi Ekstrafooding

Sifat agresif merupakan karakter burung itu sendiri, dan pengaruh pakan ekstrafooding seperti , kroto, jangkrik, ulat hongkong dan pakan sejenis lainnya dapat membantu burung tampil dengan maksimal. Namun, jika pakan Ekstrafooding tersebut di berikan dalam jumlah yang berlebihan, maka burung akan menjadi terlalu agresif dan di barengi dengan birahi yang tinggi, dan akhirnya burung menjadi memiliki perilaku ngeruji.

Agar sifat agresifnya tidak berlebihan dan birahinya menjadi stabil, maka asupan pakan Ekstrafooding yang memiliki kandungan protein di kurangi dari porsi pakan yang biasa diberikan.

Selain pakan Ekstrafooding di kurangi, sebagai gantinya, agar burung tetap kenyang dan kebutuhan gisinya tercukupi, maka berikan pakan dari papaya, pisang atau pakan lainnya yang bersumber dari buah-buahan dan berikan juga cacing tanah, karena cacing tanah memiliki sifat dingin, sehingga meskipun memiliki kandungan protein tidak membuat burung menjadi terlalu agresif.

  1. Perbanyak mandi

Untuk meredam sifat burung kacer yang terlalu agresif dan over birahi, maka mandikan burung secara rutin setiap pagi, atau bila perlu mandikan juga pada malam hari, jika burung terlihat berlebih birahinya,tapi tetap perhatikan factor lingkungan juga ya ! .

Lihat Juga : Cara Meningkatkan Volume Suara Burung Kacer

  1. Kurangi jemur

Untuk penjemuran sebaiknya di kurangi saja, karena hawa panas bisa membuat burung menjadi birahi atau bisa menghentikan memandikan kacer untuk beberapa waktu.

Namun, jika masih ingin tetap menjemurnya sebaiknya lakukan pada pagi hari sekali dan lakukan hanya sekitar 20 sampai 30 menit saja.

Demikianlah pembahasan kali tentang tentang cara mengatasi burung kacer yang kerap ngerruji di sangkarnya agar kembali normal.

Leave a Comment