Download Suara Burung Sirtu/ Cipoh/ Cipow Mp3 Masteran dan Pikatan

Burung yang memiliki banyak nama ini, seperti nama burung sirtu, cipoh, sirpu dan cipo ini memiliki kicauan khas yang mengalun, serta memiliki suara siulan khas yang di akhiri dengan penekanan suara kicauan.

Dengan kemampuan berkicau burung sirtu tersebut tentunya banyak dari kalangan kicaumania Indonesia menyukai burung ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan kumpulan suara burung sirtu untuk masteran dan juga untuk pancingan burung agar ikut bunyi.

Namun, sebelumnya, yuk kita ketahui terlebih dahulu tentang jenis burung sirtu.

Jenis  Burung Sirtu

Burung Sirtu atau iora (Aegithinidae) ini memiliki memiliki 4 spesies yang tersebar di Asia tenggara dan India, sedangkan untuk 2 spesies di antaranya terdapat di Indonesia yang kerapkali di jumpai di tajuk pohon dan jarang sekali turun ke tanah.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Cipoh

  • Cipoh kacat / common iora (Aegithina tiphia): Sering di sebut juga dengan cipoh kacat yang memiliki persebaran di Indonesia, Malaysia dan Filipina, dengan ciri fisik , ukurang tubuh 14 cm, bulunya bewarna hijau zaitun, sayapnya bewarna kuning dan hijau yang di sertai 2 garis yang mencolok. Jenis cipoh ini popular di Indonesia sebagai burung peliharaan
burung cipoh kacat
Gambar burung cipoh kacat
  • Cipoh besar / great iora (Aegithina lafresnayei) : Persebaran jenis burung cipoh ini tidak di temukan di Indonesia, tapi hanya di temukan di Negara dengan 3 subspesies atau ras dengan persebaran di Vietnam, Kamboja, Thailand,China, , Myanmar Laos dan Malaysia . suaranya mirip dengan cipoh kacat, namun tempo irama kicauannya lebih cepat
burung cipoh besar
Gambar burung cipoh besar
  • Cipoh jantung / green iora (Aegithina viridissima) : cipoh jenis ini juga sering dijumpai di Indonesia, Asia tenggara dan malaysia, dengan ciri fisik dengan ukuran tubuh 13 cm, warna bulunya hitam tua, terdapat garis pada sayapnya, sekilas mirip cipoh kacat tapi warna dadanya lebih gelap, begitu juga dengan betinanya mirip dengan cipoh kacat, namun cipoh jantung bulunya lebih gelap warna hijaunya dan memiliki garis yang yang bewarna kekuningan
burung cipoh jantung
Gambar burung cipoh jantung

Baca Juga : Cara Mengatasi Sirtu Malas Bunyi

  • Cipoh ekor-putih / white-tailed iora (Aegithina nigrolutea) : memiliki nama sebutan marshall’s iora dengan persebaran di Negara India dan srilangka dengan ciri fisiknya, bulu tepi ekornya bewarna putih, mirip seperti cipoh kacat
Gambar burung cipoh ekor putih

Baca Juga : Harga Burung Cipoh

Kumpulan Suara Burung Sirtu Mp3 Masteran dan Pikatan

Mp3 Sirtu masteran | Download

Suara burung sirtu anakan | Download

Suara burung sirtu di alam liar | Download

Suara burung sirtu gacor Mp3 | Download

Suara Sirtu Pancingan

Suara burung sirtu untuk pancingan versi 1 | Download

Suara burung sirtu untuk pancingan Versi 2 | Download

Suara burung sirtu untuk pancingan versi 3 | Download

Suara sirtu betina | Download

Suara panggilan Cipoh ekor-putih | Download

Suara Cipoh Ekor Putih | Download

Suara Sirtu Jantung | Download

Suara Cipow Besar | Download

Berikut di atas merupakan kumpulan suara burung sirtu mp3 yang bisa dipilih untuk memancing dan juga untuk masteran.

Burung sirtu atau biasa di sebut juga dengan burung cipoh memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia, sehingga eksistensi dari burung ini tetap terjaga, dan tentunya lomba kicauan uantuk kategori burung ini masih ramai untuk dilakukan. 

Dan tentunya bagi para pecinta sirtumania ingin sekali memiliki burung kicauannya tersebut memiliki suara kicauan yang berkualitas. Dan salah satu yang harus dilakukan di luar perawatan harian dari burung ini adalah dengan cara melakukan masteran dari burung sejenis atau burung lainnya yang di perdengarkan , sehingga burung cipohnya bisa gacor maksimal.

Berikut di bawah ini merupakan kumpulan suara burung sirtu yang bisa di download sebagai referensi yang bisa di pilih untuk memaster dan memancing burung sirtu kesayangan anda.

Namun , untuk memaksimalkan suara kicauan dari burung cipoh maka membutuhkan suara kicauan masteran untuk di pedengarkan dan perawatan lainnya, seperti pemberian pakan berkualitas, memandikan, menjemur.

Ha yang penting untuk di perhatikan adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk melakukannya, seperti melakukan pada saat burung dalam keadaan diam atau istirahat pada pagi hingga sore hari, dan perhatikan di jam berapa burung tersebut beristirahat, maka jika sudah di pastikan, maka bisa melakukan masteran.

Ketika burung sedang aktif, maka bisa dengan menggunakan suara pancingan untuk melatih suara dan pernafasannya, karena ketika pada saat burung aktif, maka ketika di pancing akan ikut berkicau dan rajin untuk terus berkicau. Namun, hindari untuk memaster burung sirtu pada saat aktif , karena hanya akan membalas kicauannya dan cenderung tidak mau untuk mendengarkan dengan baik suara masterannya.

Selain itu, factor lingkungan menjadi hal yang harus di perhatikan, dengan memberikan kenyamanan yang bebas dari gangguan,karena ketika proses melakukan masteran burung bisa focus mendengarkan irama kicauan masterannya dan bisa di simpan memori otak burung sirtu.

Leave a Comment