Cara Merawat Anis Merah Mabung Agar Cepat Kembali Tumbuh Bulunya

Merawat anis merah ketika mabung dan ngurak seharusnya di bedakan ketika saat di rawat untuk membuatnya menjadi gacor, karena dari setiap kondisi yang berbeda-beda, anis merah membutuhkan perawatan yang berbeda pula, seperti burung anis merah ketika mabung, maka hal yang menjadi focus utama dalam melakukan perawatannya adalah, dimana proses perontokan bulunya menjadi lancar dan juga pertumbuhan bulu barunya dapat tumbuh seperti pada semestinya.

Dalam proses mabung dan ngurak  terjadi, maka akan melihat dari ciri-ciri dari burung itu sendiri yang akan cenderung untuk banyak berdiam diri, tidak aktif bergerak dan juga malas untuk berkicau, dan kondisi tersebut adalah kondisi terbaik untuk proses mabung, karena jika masih tetap rajin aktif bergerak dan berkicau itu menandakan proses mabungnya tidak normal, dimana hal tersebut akan menghambat proses mabung berlangsung, yang bisa berdampak pada lamanya proses mabung, menjadikan kualitas bulu barunya tidak bagus, dan beberapa kasus dengan perawatan yang tidak tepat justru dapat membuat burung menjadi macet bunyi pasca mabung karena adanya kesalahan dalam perawatannya.

Cara Merawat Anis Merah Mabung

Ada beberapa hal yang akan terjadi ketika moulting atau mabung terjadi, seperti proses perontokan bulu lama ( ngurak ) dan juga proses  pertumbuhan barunya ( mabung ) yang menjadikan perahatian , sehingga dalam kedua kondisi tersebut dapat lancar.

Baca Juga :

  1. Buat Burung Menjadi Ngedrop dan tidak berkicau

Jika burung dalam kondisi mabung dan ngurak , namun burung tersebut masih rajin berkicau dan juga aktif bergerak, maka sebisa mungkin di usahakan untuk membuatnya lebih banyak berdiam diri, karena kondisi drop merupakan kondisi terbaik ketika burung sedang mabung.

  1. Krodong

Agar kondisi terbaik di miliki oleh burung anis merah yang sedang mabung dan ngurak, maka gunakan full krodong agar burung bisa istirahat dengan baik dan menjaga suhu tubuhnya tetap hangat selama proses mabung berlangsung.

  1. Atur Pakan

Pengaturan pakan diberikan ketika burung dalam kondisi mabung dan saat ngurak atau sedang merontokan bulunya. Agar perontokan bisa berjalan dengan baik, selama ngurak maka pemberian pakan dari Ekstrafooding di kurangi saja atau bisa di hentikan dan berikan kembali pakan dari Ekstrafooding tersebut ketika bulu burung sudah mulai mau tumbuh atau sudah memasukan tahap mabung untuk mensuplai kebutuhan Gizi dalam pertumbuhan bulu barunya tersebut.

  1. Sauna

Alternataf  lain untuk membuat perontokan bulu anis merah adalah dengan sauna dengan Full krodong sangkar dengan membasahi krodong tersebut dan menyimpannya di bawah sinar matahari agar membuat suhu sangkarnya tersebut menjadi lembab, karena menngingat suhu yang lembab sangat baik untuk perontokan bulunya.

  1. Jangan Mandikan

Jangan mandikan burung anis merah yang sedang ngurak atau sedang merontokan bulunya, karena bisa terhambat proses perontokan bulunya tersebut. Namun kalian bisa memandikannya kembali ketika bulunya sudah mulai tumbuh cukup lebat.

  1. Kebersihan kandang

Kebersihan kandang tetap harus terjaga, ketika burung sedang mengalami ngurak dan mabung, untuk menghindari berbagai macam penyakit dan juga menghindari adanya kuman atau tungau yang bisa merusak pertumbuhan bulu barunya.

  1. Suplementasi

Jika ingin menggunakan suplementasi untuk membantu proses mabung dan ngurak berlangsung, maka bisa dengan menggunakan suplemantasi.

Adapun suplementasi yang bisa di pilih antara lain, seperti suplemen untuk proses ngurak agar lancar perontokan bulunya dan juga suplemen untuk mabung untuk memperlancar pertumbuhan bulunya menjadi terlihat rapih, mengkilap dan kuat.

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan ketika anis merah ngurak dan mabung, dan ketika bulunya sudah mulai tumbuh yang di tandai dengan bulu jarum yang banyak pada tubuhnya, maka tingkatkan kembali kebutuhan pakan dari Esktrafooding, karena protein sangat baik untuk membantu pertumbuhan bulu barunya dan pastikan kembali ketika ngurak atau rontok bulu jangan berikan ekstrafooding sama sekali, meskipun mau di berikan pun dalam jumlah kecil dan patikan tidak membuatnya menjadi rajin berkicau.

Leave a Comment