fbpx

Ciri-ciri Murai Batu Lampung Asli yang Perlu diketahui

Duniakicau.net – Secara keseluruhan dari jenis murai batu yang berasal dari sumatera, seperti murai batu aceh, murai batu lampung dan murai batu medan memiliki fisik yang sama.

Namun, yang membedakan murai batu lampung dengan jenis murai batu yang berasal dari sumatera lainnya dari ekornya yang pendek dan lurus.

Meskipun ukuran ekor murai batu lampung pendek, ada juga murai batu lampung yang memiliki ekor yang panjang, yang biasa di sebut juga dengan murai batu lampung super.

Dengan ukuran ekor yang pendek, hal tersebut memiliki keuntungan tersendiri bagi burung tersebut, dimana burung tidak mudah kelelahan ketika sedang bertarung, karena murai batu lampung tidak terbebani oleh ekornya.

Berbeda halnya dengan murai batu yang memiliki ekor yang panjang dan melengkung, seperti murai batu medan, dimana ketika di bertarung burung tersebut akan mudah lelah, karena ketika bertarung memaikan ekornya yang panjang dan tentunya menjadi lebih terbebani.

Ciri-ciri Murai Batu Lampung Asli

Karena beban dari ekor murai lampung sedikit, tentunya stamina burung tidak mudah hilang dan bisa bertarung lebih lama dengan jenis murai batu yang memiliki ekor yang panjang.

Lihat Juga : Ciri-ciri dan Perbedaan Murai Batu Lampung Super dan Murai Lampung Semi

Akan tetapi, jika di lihat dari keindahan, murai batu lampung kurang enak di pandang dibandingkan dengan murai batu yang memiliki ekor yang panjang, terutama ketika murai batu tersebut sedang memainkan ekornya.

Gaya bertarung murai lampung mirip seperti murai batu boneo, dimana murai batu lampung sering mengangguk-nganggukan kepalanya mirip seperti mencangkul, akan tetapi murai lampung tidak mengembungkan bulu bagian dadanya.

  1. Kelebihian Murai Batu Lampung

Memiliki stamina yang bagus dan tangguh dan juga memiliki suara kicauan yang bagus jika di latih dengan cara yang tepat, seperti pemasteran dan perawatan harian, meskipun pada dasarnya murai lampung memiliki nada suara yang monoton atau mengulang-ngulang.

Baca Juga : Perawatan Murai Batu Trotol Agar Cepat Ganti Bulu Dewasa

  1. Kekurangan Murai Lampung

Vokal dari suara murai batu lampung cenderung monoton/ngeulang-ngulang dan juga memiliki mental yang kurang bagus, dimana ketika melihat murai batu lain yang dominan ketika bertarung, murai lampung akan dengan cepat drop mentalnya.

Kekurangan murai lampung perlu untuk dilatih, agar ketika bertarung saat lomba burung bisa tampil optimal, seperti sering membawa latbet dan perawatan yang tepat agar bersuara yang lebih bervareatif.

Lihat Juga : Cara Membuat Murai Batu Muda Lebih Fighter Mentalnya

Demikian, penjelasan tentang Ciri-ciri murai batu lampung yang asli dengan melihat gaya bertarung dan ciri fisiknya.

Semoga Membantu.

Leave a Comment