fbpx

10 Perbedan Burung Cililin Jantan dan Betina ( Hitam dan Coklat )

Sebagian besar orang memelihara burung cililin, ingin sekali burung peliharaanya tersebut memiliki suara yang bervareasi dan rajin mengeluarkan suara kicaunnya.

Mengetahui perbedaan jenis kelamin burung cililin tentunya memiliki peranan untuk mengetahui dan memilihnya, karena untuk jenis kelamin burung cililin tidak memiliki suara yang bagus sebagai burung kicauannya, terutama untuk burung masteran.

Ya, kualitas suara jantan burung cililin lebih bagus dari betina, untuk itu jika ingin memelihara burung cililin untuk meramaikan rumah karena kicauannya atau sebagai burung masteran, maka bisa memilih burung cililin yang berjenis kelamin betina.

Cara Membedakan Burung CIlilin Jantan dan Betina

Dari kicauan burung cililin saja sebenarnya bisa di ketahui apakah burung cililin tersebut berjenis kelamin jantan atau betina.

Namun, jika burung tidak mengeluarkan suara kicauannya, maka akan sulit untuk mengetahuinya, dan berikut adalah tips membedakan burung cililin coklat dan hitam.

Baca Juga : Cara Membuat Burung CIlilin Rajin Bunyi

Ciri-ciri Cililin jantan

  1. Jambul Cililin Jantan

Cililin coklat dan cililin hitam yang berjenis kelamin jantan memiliki jambul yang lebih lebat dan panjang dari betina. dan biasanya semakin dewasa akan semakin terlihat perbedaan jambul cililin jantan dan betina tersebut.

  1. Fostur dan Ukuran Tubuh Cililin Jantan

Ukuran tubuh burung cililin jantan lebih besar dan panjang, dan cililin jantan fostru tubuh cililin jantan terlihat lebih gagak dan tegak.

Ketika di alam liar, fostur tubuh cililin jantan terlihat gagah dan tegak, sebagai cara burung cililin jantan menarik perhatian betinanya.

  1. Ukuran Kaki Cililin Jantan

Kaki jantan burung cililin memiliki ukuran yang besar dan juga panjang, selain itu cengkramannya lebih kuat, dan hal tersebut akan terlihat ketika sedang dimandikan atau sedang di pegang.

  1. Suara Cililin Jantan

Kicauan cililin jantan lebih nyaring, memiliki irama dan rajin mengeluarkan suara kicauannya.

  1. Tingkah Laku CIlilin jantan

Cililin jantan memiliki karakter yang mudah naik birahinya, dan memiliki karakter yang aktif, dan akan terlihat lagi ketika birahinya sedang naik. Bukan hanya itu, ketika cililin masih anakan karakter aktifnya sudah terlihat.

Ciri-ciri Cililin Betina

Secara keseluruhan burung cililin betina memiliki ukuran tubuh yang kecil dari jantan, mulai dari kaki hingga kepalanya.

Lihat Juga :  Download Suara Burung Cililin

  1. Jambul Cililin Betina

Cililin betina memiliki jambul sama seperti cililin jantan, namun ukurannya lebih pendek dan bulunya tipis, meskipun sudah dewasa jambulnya tetap sama, sama-sama tipis dan pendek, tidak sepanjang dan selebat jantan.

  1. Ukuran Tubuh Cililin Betina

Ciri fisik cililin betina adalah ukuran tubuhnya yang kecil, pendek dan terlihat membungkuk, lebih mudah lagi untuk membedakannya ketika di dekatkan dengan cililin jantan, akan terlihat jelas perbedaannya.

  1. Kaki Cililin Betina

Kaki cililin betina lebih pendek dan cengkramannya pun cenderung tidak kuat, tidak sekuat kaki cililin jantan.

Dan untuk sebagian kaki cililin betina tertutup bulu.

  1. Suara Cililin Betina

Burung cililin betina memang bisa berkicau, namun kualitasnya jawuh di bawah cililin jantan, dan meskipun bersuara, sering terputus-putus kicauannya, dan suara isiannya jarang keluar.

  1. Tingkah Laku Cililin Betina

Dalam kedaan birahi rendah, cililin betina sering banyak diam, namun ketika birahinya tinggi tingkah lakunya aktif, sama seperti jantan.

Nah, demikianlah tips mengetahui perbedaan burung cililin coklat dan cililin hitam yang bisa kalian ketahui untuk menambha wawasan seputar burung kicauan.

Leave a Comment