Jenis Burung Kenari Yang Bagus di Indonesia Lengkap dengan Harganya

Ketika berbicara tentang burung, tentunya sebagian besar orang akan mengetahui tentang burung kenari ini, karena dari dulu hingga sekarang eksistensi burung ini tetap terjaga, karena kemampuan berkicaunya sangat bagus.

Bicara tentang burung kenari memang seakan banyak hal yang perlu untuk di ketahui, salah satunya adalah dengan jenisnnya, dimana kenari memiliki banyak jenis dengan berbagai macam warna dan kemampuan berkicau.

Jenis burung kenari memiliki kemampuan dan keunikan masing-masing, dan di setiap jenis kenari yang ada memiliki harga yang berbeda pula.

Selain itu, ada beberapa jenis kenari yang memiliki karakter penyanyi dan ada juga jenis kenari warna, karena memiliki bentuk dan warna bulu yang indah.

Jenis Burung Kenari dan Harganya

Jenis kenari memiliki berbagai macam jenis, dimana jenisnya tersebut tentunya secara harga akan menjadi beragam.

Bukan hanya tentang jenisnya saja yang membuat kenari memiliki harga yang berbeda-beda, namun kemampuan berkicau juga di pertimbangkan, semakin bagus kualitas suara kicauannya, maka harganya akan lebih mahal.

Lihat Juga : Harga Burung Kenari Semua Jenis

  1. Kenari Waterslager

gambar burung kenari waterslager

Gambar burung kenari waterslager

Burung kenari yang berasal dari belgia ini memiliki ciri khas tersendiri, dimana tubuhnya bisa mencapai 16,5 cm yang cukup besar. Untuk kemampuan berkicau burung satu ini memang memiliki banyak penggemar tersendiri, karena kicauan yang khasnya, selain itu suara kicauan burung kenari waterslager terdengar suara air, sehingga banyak yang menyukainya.

  1. Kenari Yorkshire

gambar burung kenari yorkshire

gambar burung kenari yorkshire

Kenari yang satu ini memiliki tubuh yang tergolong besar dari burung kenari lainnya, selain itu perawakan kenari yorkshire ini terlihat gagah jika di bandingkan kenari lainnya.

Dengan bentuk tubuh yang bagus, serta kemampuan berkicau yang tidak kalah bagus dengan jenis burung kenari lainnya, maka untuk harganya itu sendiri, bisa mencapai 5 – 10 jutaan rupiah.

  1. Kenari Spanish Timbrado

kenari spanish timbrado

Asal usul dari kenari Spanish Timbrado berasal dari Spanyol, yang membuat istimewa burung kenari yang satu ini adalah, dimana kemampuan berkicaunnya terdengar nyaring dan jernih.

  1. Kenari Roller

kenari roller

Burung kenari yang berasal dari jerman, kenari roller ini secara umum fisiknya memiliki besar tubuh yang standar-standar saja, namun yang menjadi keunikan tersendiri dari kenari roller adalah, dimana ketika sedang berkicau, bagian dagunya menjadi membesar atau mengembang.

  1. Kenari Border

gambar kenari border

Gambar kenari border

Sepintas secara fisik, burung kenari border tidak terlalu jauh berbeda dengan burung lainnya, begitu juga dalam hal kemampuan berkicaunnya, kenari borner mampu berkicau dengan suara yang merdu.

Namun, burung ini memiliki khas, dimana bulu dan tubuhnya seperti terlihat mengembang seperti balon. Sedangkan untuk bulunya sendiri, itu bervareatif, ada yang memiliki warna bulu putih, kuning, cinamon, hijau dan vareasi warna lainnya.

Lihat Juga : Suara Burung Kenari ( Watersanger, Yorkshire, Border, Dll )

  1. Kenari GLoster

kenari gloster

Kenari gloster memiliki panjang tubuh yang tergolong kecil yang hanya sekitar 11,5 cm, namun yang menjadikan jenis burung kenari ini mudah di ingat adalah, dimana burung kenari tersebut memiliki bulu dibagian kepalanya yang lebat hingga menutupi bagian matanya.

  1. Kenari Norwich

kenari norwich

Kenari norwich jenis kenari yang berasal dari Inggris, dengan panjang tubuh yang lumaya besar yang bisa mencapai 16 cm.

Untuk warna kenari Norwich itu sendiri ada beberapa warna, seperti warna cinamon dan warna putih.

  1. Kenari Melayu/ Gunung

kenari melayu

Javan Greenfich adalah nama ilmiah jenis kenari melayu atau biasa di sebut juga kenari gunung. Kenari ini merupakan kenari yang berasal dari Indonesia, dengan penyebarannya biasa di temukan di sekitar, gunung lawu, gunung gede, papandaian, pangrango, dan biasa hidup sekala berkelompok dalam jumlah sedikit dan biasa ditemukan sendiri ketika di alam liar.

  1. Kenari Lokal

gambar kenari lokal

gambar kenari lokal

Kenari lokal memiliki beberapa istilah, seperti F1, F2 dan seterusnya. Untuk ittilah “F “ itu sendiri merupakan istilah keturunan, dan untuk F1 itu sebutan dari hasil perkawinan silang antara kenari 1 dan kenari 2.

Misalkan, kenari lokal di kawinkan dengan kenari yorkshire, maka lahirlah kenari yang biasa di sebut kenari F1 dan keturunan setelahnya.

Selain itu, istilah F1, F2, dan keturanan seterunya, bukan hanya keturunan dari hasil kawin silang antara kenari lokal dan kenari yorkshire, akan tetapi bisa juga hasil kawin silang antara kenari gloster dan kenari merah.

  • Kenari Lokal Blue : memiliki kemiripan seperti burung gereja, namun warna tubuhnya yang bewarna hitam ada campuran warna abu-abu
  • Kenari Lokal Isabel : secara umum perbedaan fisik antara kenari ini dengan kenari lainnya memiliki kemiripan, akan tetapi warna bulu yang dimilikinya lebih gelap
  • Kenari Lokal Hijau : dibagian tubuhnya memiliki warna belang coklat yang kehitaman, dan memiliki warna bulu dada kuning yang kehitaman
  • Kenari Lokal Sunkist : asalan kenapa burung kenari di berikan nama kenari sunkist karena memiliki warna bulunya mirip dengan jeruk sunkist
  • Kenari Lokal Kuning : kenari lokal kuning memiliki bulu kuning yang cerah, serta memilki kombinasi warna putih di bagian tubuhnya
  • Kenari Lokal Merah : kenari lokal merah memiliki warna bulu yang merah, akan tetapi kenari jenis ini memiliki warna lainnya, yakni warna orange

Nah, demikianlah penjelasan tentang jenis kenari yang terkenal di Indonesia, mulai kenari yang berasal dari dunia dan kenari lokal.

Leave a Comment