Setting Makanan Burung Anis Merah Agar Rajin Berkicau dan Kebutuhan Lainnya

Setting pakan burung anis merupakan salah satu cara untuk membuat anis merah memiliki kondisi terbaik sesuai dengan kondisi burung itu sendiri.

Ya, memang untuk membuat burung mendapatkan kondisi terbaiknya dengan pemberian pakan tertentu perlu di sesuaikan, seperti ketika burung dalam keadaan mabung, ketika burung macet bunyi dan ketika di rawat pada saat akan ikut lomba.

Makanan yang biasa di konsumsi oleh anis merah berupa serangga kecil, seperti jangkrik, kroto, cacing tanah, buah-buahan dan lain sebagainya.

Namun, terkadang para kicuamania, terutama seorang pemula tidak mengetahui setting pakan yang tepat, maka dari kami memberikan informasi sebagai referensi racikan makan yang tepat untuk di berikan pada anis merah sesuai kebutuhan burung.

Makanan Burung Anis Merah

Untuk pakan yang bisa di berikan pada anis merah antara lain :

  • Kroto
  • Cacing tanah
  • Jangkrik
  • Pepaya
  • Pisang
  • Apel
  • Salak
  • Buah kantil
  • Buah sawo
  1. Pakan Harian Anis Merah

Pakan harin bisa di berikan dengan memberian Voer yang di sediakan di sangkarnya, namun sebagai refernsi sebaiknya kandungan proteinnya sekitar 12 – 18 % .

Pakan jangkrik diberikan sebanyak 2 ekor pada pagi hari dan sore hari berikan 1 ekor jangkrik lagi.

Untuk pakan mingguannya, kalian bisa memberikan 1 sendok teh 2 kali dalam seminggu dan cacing tanah 2 ekor untuk 1 minggu sekali.

Sedangkan untuk pakan dari buah-buahan di berikan setiap harinya dengan bergantian, misalkan senin sampai selama buah pisang, rabu sampai kamis buah apel dan jumat sampai sabtu di berikan pepaya.

  1. Pakan Sebelum Lomba

Agar burung memiliki stamina sebelum lomba dan bisa tampil maksimal ketika di arena lomba, maka butuh persiapan beberapa hari sebelum lomba.

Untuk pakan harian H- 3 dan H – 2 pakan jangkriknya cukup di berikan 2 ekor saja setiap harinya dan pakan lainnya tetap di berikan seperti Voer dan buah-buahan. Agar burung tidak terlalu banyak aktifitas , guna untuk menghemat energy ketika lomba dengan mengurangi pakan jangkrik.

Sedangkan H – 1 pakan cacing  di berikan dengan jumlah 3 ekor pada pagi dan siang hari .

Sebelum lomba, berikan jangkrik kembali 2 ekor dan sedikit kroto dan 1 jam sebelum lomba berikan 1 ekor jangkrik lagi.

Karena burung selama lomba dapat menguras energynya, maka untuk mengembalikan energy yang hilang, bisa memberikan pakan seperti biasanya ( pakan harian ) ,sambil memberikan multivitamin.

  1. Pakan Over Birahi

Karena kondisi burung terlalu over birahinya, maka untuk menurunkan birahi, maka pakan dari ekstrafooding di kurangi. Cukup hanya memberikan 1 ekor jangkrik setiap hari dan cacing di berikan 1 sampai 2 kali dalam seminggu, sedangkan untuk pakan voer dan buah tetap di berikan.

  1. Pakan Anis Merah Mabung

Untuk pakan dari ekstrafooding ketika burung anis merah sedang merontokan bulunya sebaiknya di kurangi jumlahnya atau di stop dulu pakan ekstrafoodingnya, dan hanya memberikan pakan dari Voer dan buah-buahan.

Namun , ketika sudah terlihat bulu barunya sudah mulai tumbuh, maka pakan jangkrik di tingkatkan untuk mendukung pertumbuhan bulu dari asupan protein, dengan memberikan jangkrik sebanyak 8 ekor setiap harinya,1 sendok teh kroto setiap pagi, sedangkan cacing diberikan setiap 3 minggu sekali.

Namun, untuk menjaga kesehatan burung, berikan vitamin yang di campur dengan air minumnya.

Lihat Juga : Cara Merawat Anis Merah Mabung

  1. Pakan Beternak/Bertelur

Ketika ingin beternak dan mengatur pakannya, sebaiknya di seusikan saja seperti pakan harian yang biasa di berikan. Yang penting adalah dalam pemberian pakannya burung mendapatkan gizi yang seimbang dan birahi burung stabil, sehingga burung mau kawin dan di kawini dan juga produksi telurnya berjalan dengan baik.

Leave a Comment