Cara Memahami Karakter Lovebird

Memahami karakter lovebird menjadi satu hal yang dapat menentukan keberhasilan perawatannya. Dengan pemahaman karakter tersebut, pemilik akan bisa memberikan penanganan dan perawatan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh burung rawatannya. Sebagai panduan, berikut beberapa cara memahami karakter lovebird.

Untuk mendapatkan kualitas lovebird seperti yang diharapkan, maka si pemilik harus lebih dulu mengetahui bagaimana karakter dari burung tersebut. Dari pengenalan karakter lalu memahaminya, kita bisa menentukan perawatan yang cocok untuk diterapkan pada lovebird tersebut.

Karakter yang dimiliki lovebird adalah sesuatu yang sudah melekat sejak burung tersebut ditetaskan, dan akan diwariskan kepada setiap keturunannya. Karakter ini disebut sebagai karakter umum karena sudah menjadi sifat bawaan dari spesies lovebird secara umum.

Selain karakter yang umum tersebut, masing-masing individu lovebird juga memiliki karakter tersendiri yang disebut karakter individu atau karakter perilaku. Karakter burung seperti inilah yang harus bisa dikenali atau dipahami oleh kicaumania, karena bisa menjadi kunci sukses dalam perawatan burung kicauan.

Lihat Juga : Suara Lovebird Konslet

Pada dasarnya. lovebird merupakan burung dengan jiwa sosial dan bukan burung petarung. Namun begitu, karakter alaminya yang teritorial hanya muncul ketika birahinya sedang memuncak, dan di alam liar hal ini biasanya berlangsung selama musim kawin atau ketika burung sedang berkembang biak.

Untuk memunculkan sifat teritorial lovebird itulah, kicaumania harus bisa memainkan birahi dari lovebird tersebut. Nah, cara memainkan birahi burung itu yang dikenal dengan istilah settingan atau setelan, karena bisa menjadi pola rawatan yang baku atau standar untuk diterapkan pada burung tersebut setiap harinya.

Sebelum memberikan settingan yang tepat, pemilik burung biasanya akan mengamati perilaku burung rawatannya. Pengamatan ini dibutuhkan agar si pemilik dapat mengenali karakter yang dimiliki oleh lovebird tersebut. Dengan begitu, settingan yang akan diterapkan nantinya bisa disesuaikan dengan kebiasaan si burung.

Lihat Juga : Settingan Lovebird Betina

Beberapa cara mengamati perilaku untuk mengenali karakter burung lovebird antara lain:

  • Mengamati pola makan lovebird tersebut setiap harinya, apakah burung suka dengan pakan yang diberikan.
  • Mengamati kebiasaan mandi burung setiap harinya, apakah lebih senang dimandikan dengan cara disemprot atau kerap mandi dalam bak mandi yang dimasukkan ke dalam sangkar hariannya, dsb.
  • Mengamati perilaku lovebird pada saat dijemur di bawah sinar matahari, apakah burung senang dijemur lama-lama atau termasuk jenis yang tidak tahan panas.
  • Mengamati perilaku burung ketika berbunyi, apakah ada potensi ngekek yang lebih panjang atau cenderung pendek-pendek sehingga Kamu bisa memberikan suara masteran yang sesuai karakternya.
  • Mengamati tingkah laku di dalam sangkar misalnya kesesuaian dan jumlah tenggeran serta apakah burung lebih senang digantung di tempat ramai atau sepi, dsb.

Baca Juga : Cara Merawat Lovebird Paruh Putih untuk Lomba

Dari pengamatan perilaku di atas, si pemilik bisa menyimpulkan settingan yang tepat untuk diterapkan pada lovebird rawatannya tersebut. Pengamatan karakter ini juga bisa diterapkan di tempat lomba, tujuannya agar burung tetap berada dalam kondisi birahi yang stabil sehingga tidak gampang OB (over birahi).

Faktor lain yang tak kalah pentingnya dalam memahami karakter lovebrid adalah cara pemberian pakannya. Lovebird adalah burung pemakan biji-bijian atau granivora. Meski begitu, tidak berarti burung ini harus diberikan berbagai jenis pakan biji-bijian, karena bisa menyebabkan risiko kegemukan dan over birahi.

Demikian tips dan cara memahami karakter lovebird.

Semoga bermanfaat

Leave a Comment