Cara Menjinakan Burung Poksay yang Giras dengan Mudah dan Efektif

Burung poksay yang jinak dan memiliki suara kicauan bervareasi dan kencang merupakan dambaan para kicaumania Indonesia, khususnya bagi para poksaymania.

Namun, sayangnya, burung poksay merupakan jenis burung yang cukup sulit untuk dijinakan, apapun jenis poksaynya, entah itu poksay mandari, poksay honkong, poksay jambul dan poksay lainnya.

Dengan melihat kekurangan yang dimiliki oleh burung burung poksay tersebut yang sulit untuk dijinakan, maka banyak para poksaymania dalam merawatnya cukup kewalahan.

Menjinakan terlebih dahulu dari burung yang dipelihara merupakan hal penting untuk di lakukan, karena jika burung di rawat burung masih dalam keadan masih giras, terutama di dapatkan dari hasil tangkapan hutan.

Cara Menjinakan Burung Poksay

Untuk membuat poksay menjadi jinak, memang butuh proses, agar burung poksay yang belum jinak tersebut bisa dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan lingkungan ramai banyak orang.

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat poksay peliharaan yang awalnya giras menjadi jinak, antara lain :

  1. Mandi Hingga Basah Kuyup

Memandikan hingga basah kuyup pada burung poksay dapat membantu membuat burung menjadi cepat jinak.

Untuk melakukannya adalah dengan cara memandikan burung hingga basah kuyup, namun pastikan ketika memandikannya burung di pegang agar burung terbiasa di sentuh oleh pemiliknya.

Lihat Juga : Harga Burung Poksay

Mungkin, untuk awal-awal, burung akan tidak nyaman dengan meronta-ronta ketika dimandikan, akan tetapi jika sering dilakukan burung akan menjadi jinak dan terbiasa ketika di sentuk pemiliknya, meskipun pada saat dimandikan burung sering tidak bisa diam.

Ketika bulu burung dalam keadaan basah kuyup, berikan pakan kesukaannya, seperti jangkrik atau ulat hongkong.

Namun, sesekali burung poksay yang belum jinak tersebut di mandikan pada saat hujan, dengan menggantang burung di tempat yang terkena hujan ( hujan-hujanan ).

Setelah di jemur, simpan kembali burung di tempat yang sejuk dengan memberikan pakan kesukaannya.

Namun, untuk memandikan burung poksay hingga basah kuyup dilakukan cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu, karena cara ini cukup menguras energynya.

  1. Terapi Lapar

Membuat lapar burung hingga beberapa jam dalam melakukan terapi bisa membuat burung yang giras menjadi jinak. Tujuan dari penjinakan dengan cara ini untuk membuat burung poksay menjadi tergantung pada pemiliknya, sehingg sewaktu-waktu burung ingin makan, maka tidak segan-segan lagi untuk meminta pada pemiliknya.

  • Pada malam hari, pakan yang ada pada sangkar burung di keluarkan, sehingga nantinya burung pada pagi hari merasa lapar
  • Setelah pagi hari berikan beberapa pakan agar burung tidak terlalu kelaparan
  • Burung dimandikan dan jemur seperti biasanya
  • namun jangan berikan pakan selama 3 sampai 4 jam lamanya
  • Setelah itu, setiap 1 jam sekali burung di berikan pakan serangga ( menggunakan tangan langsung, atau melalui lidi yang di sodorkan oleh pemiliknya )
  • Setelah 3 sampai 4 jam kemudian pakan dari buah-buahan di simpan di sangkarnya

Lihat Juga : Suara Burung Poksay

Jika sudah dilakukan tips yang telah di sampaikan di atas, biasanya burung poksay akan mau mengkonsumsi pakan yang disodorkan langsung oleh pemiliknya dan burung tidak kelabakan dan giras lagi .

  1. Simpan ditempat yang Tepat

Agar burung poksay terbiasa dengan manusia, lingkungan tempat tinggal anda, maka biasakan burung di simpan di tempat yang ramai dan sesekali menggantang burung dengan rendah.

Dengan sering mengantang di tempat yang cukup ramai dan posisi gantangan rendah, lambat laun burung akan jinak dan tidak giras lagi, meskipun untuk beberapa minggu, burung sering ketakutan.

Jangan sekali-kali menyimpan poksay di tempat yang sepi, karena akan membuat burung semakin sulit untuk dijinakan.

Leave a Comment

error: Content is protected !!