Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

cara merawat burung pleci

Setiap burung membutuhkan pola perawatan yang berbeda-beda, terutama pada burung pleci yang memiliki karakteristik yang berbeda, dimana dalam melakukan perawatannya di sesuaikan dengan karakter burung itu sendiri.

Dari berbagai macam pola perawatan setiap pecinta plecimania memang berbeda-beda, dengan tips rahasia yang dimilikinya.

Bukan hanya melakukan pola perawatan yang berbeda-beda dari setiap pecinta plecimania, akan tetapi banyak juga yang sudah melakukan perawatan yang kurang lebih sama seperti kicaumania lainnya, akan tetapi ada juga hasil yang di dapatkan tidak memuaskan seperti yang di harapkan.

Mungkin sebagain dari pembaca sekalian sudah menerapkan beberapa pola perawatan pada burung pleci kesayangannya, akan tetapi untuk melengkapi informasi yang tepat untuk merawat pleci, maka harus membutuhkan banyak informasi, bukan hanya beberapa informasi saja. Dan pada penjelasan ini merupakan salah satu tips yang admin Duniakicau.net sediakan untuk para pecinta pemula dari beberapa pleci mania yang sudah melakukan perawatan yang tepat ini untuk di terapkan pada burung kesayangannya menjadi gacor.

Cara Merawat Burung Pleci

Bagi anda yang sudah memiliki burung pleci atau masih mau berencana untuk membelinya, maka coba ingat-ingat kembali atau bisa memilihnya terlebih dahulu, tentang cara memiliki bahan pleci yang bagus. Karena bukan hanya soal perawatan saja untuk membuat pleci rajin gacor, akan tetapi membeli bahan yang tepat juga memiliki prosfek yang baik untuk mengoptimalkan burung memiliki kemampuan berkicau yang maksimal.

  • Cara memilih Bahan Burung Pleci

Sebagian besar ketika orang ingin merawat pleci untuk di gacorkan, biasanya memilih jenis kelamin jantan. Dan berikut adalah cara memiliki bahan pleci obyokan :

  1. Burung pleci jantan memiliki suara kicauan panggilan yang ngebass,pendek dan terdengar kasar
  2. Untuk mengamati pleci memiliki mental bagus dan memiliki prosfek memiliki kicauan yang berkualitas bisa dilihat dari pleci selalu aktif, suka menyendiri dan selalu terlihat waspada, terutama ketika burung dalam berebut pakan.
  3. Warna bulu lebih cerah, bentuk tubuh lebih panjang adalah ciri burung pleci jantan
  1. Pakan Burung Pleci

Selain dari memilih bahan pleci yang berkualitas, untuk memaksimalkan kemampuan kicauannya, maka butuh asupan makanan yang tepat, sehingga kebutuhan gizi dari pleci dapat terpenuhi dengan cukup, sehingga kualitas burung terus meningkat.

  • Biasakan , burung pleci mengkonsumsi pakan dari Voer, karena biasanya pakan dari Voer memiliki kandungan yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi jangan tergiur dengan harga mahal dan merk saja, akan tetapi perhatikan juga kandungannya, seperti kandungan serat, karbohidrat, protein, dan Nutrisi lainnya.
  • Buah-buahan kaya akan vitamin, serat dan berbagai macam lainnya yang harus di berikan pada burung pleci, sehingga burung tercukupi kebutuhan vitaminnya. Berikan burung pleci dari buah papaya, jeruk,pear,apel dan pakan dari buah lainnya.
  • Ekstrafooding biasanya identik dengan protein, karena memiliki kandungan protein yang tinggi yang harus diberikan pada pleci kesayangan anda. Berikan pakan EF berupa kroto, jangkrik, ulat hongkong dan lain sebagainya.
  1. Pengembunan dan Memandikan Pleci

Setiap hari pada pagi hari , burung pleci di embunkan pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit. Dan ketika matahari terbit dan sudah cukup menghangatkan tubuh burung pleci, maka mandikan burung pleci dengan cara menyemprotkannya dan juga memandikan dengan menggunakan keramba.

Pada saat bulunya basah kuyup, berikan pakan dari kroto yang di siapkan di cepuk pakan, dan usahakan pakan dari krotonya dalam keadaan segar, dengan terlihat dari warnanya yang putih.

  1. Menjemur Pleci

Selanjutkan ketika burung pleci dimandikan, selanjutnya untuk mengeringkan bulunya adalah dengan cara menjemurnya , maksimal 2 jam setiap hari. Dalam menjemurnya jangan terlalu lama dilakukan, karena bisa membuat suara burung menjadi serak, dehidrasi dan bisa membuat kicauannya hanya ngeriwik saja.

Sambil menjemurnya, sebaiknya pakan dari sangkarnya di angkat terlebih dahulu, dan hanya berikan madu, air gula atau nekstar di kandang. Dan ketika burung merasa lapar ketika di jemur, burung pleci hanya mengkonsumsi makanan dari pakan tersebut.

  1. Angin-anginkan Pleci

Burung pleci yang sudah di jemur, sebaiknya di angin-anginkan di tempat yang sejuk. Sambil mengangin-anginkan pleci, maka burung pleci di berikan pakan dari jangkrik dan memberikan pakan lainnya ke dalam sangkar, seperti pakan Voer bersih dan air bersih yang baru.

  1. Melatih Suara Kicauan Burung Pleci

Untuk membuat kualitas burung pleci meningkat, maka burung pleci membutuhkan contoh suara kicauan gacor dari pleci lainnya, dan tentunya burung tersebut harus sering berkicau.

  • Untuk membuat burung pleci rajin berkicau adalah dengan cara mendekatkan burung pleci dengan pleci lainnya, di sarankan yang sudah gacor, agar saling bersautan satu sama lainnya dan burung pleci masih belajar berkicau bisa menirukan suara kicauan dari pleci gacor. Dan jika tidak memungkinkan maka bisa menggunakan Mp3 yang bisa di Download di link yang telah disediakan di atas. dan sebaiknya ketika masteran, maka sering ganti irama kicauan masterannya, agar burung memiliki banyak Vareasi irama kicauan.
  • Lakukan pengumbaran sebanyak 2 kali dalam seminggu guna untuk melatih fisiknya
  • Latber atau mendekatkan burung di kandang pleci di kandang koloni perlu dilakukan guna untuk membuat suasana seperti di alam liar, dan membuat pleci menjadi lebih aktif bergerak dan berkicau
  • Sesekali mandikan pleci pada malam hari untuk setting birahinya
Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor Untuk Pemula | duniakicau | 4.5