Cara Menjaga Kondisi Burung Kacer Agar Tampil Maksimal ketika di Rumah dan Saat Lomba

Dalam memelihara burung kacer, memahami karakter burung itu sendiri merupakan hal penting untuk diketahui, karena nantinya ketika sudah memahami sifat dan karakternya, maka tentunya burung bisa tampil dengan maksimal, karena si pemilik atau perawatan memberikan hal baik bagi burung tersebut, dan burung bisa memiliki kondisi terbaiknya.

Hal yang paling menonjol dari burung kacer antara lain, burung tersebut memiliki sifat fighter dan juga teritorial, sehingga ketika ditempat burung tersebut terdapat burung kacer jantan lain atau burung lainnya, maka kacer jantan akan risih dan ingin mengusirnya dengan cara berkicau sambil melakukan gerakan yang mengintimidasi.

Nah, dengan karakter seperti itu, tentunya jika rekan-rekan memiliki burung kacer yang lebih dari satu atau 2 ekor, maka membutuhkan cara yang tepat untuk memeliharanya, karena jika setiap hari menyimpan kacer jantan di lokasi yang sama, maka akan membuat salah satu burung kacer menjadi kalah dan ngedrop.

Jadi, rekan-rekan tidak memiliki 2 burung kacer yang berkualitas, dan hanya 1 kacer yang memiliki kualitas mental dan kicauan yang baik. Namun, jika melakukan cara yang tepat, maka rekan-rekan juga bisa memiliki 2 burung kacer yang berkualitas, tanpa harus membuat salah satunya menjadi ngedrop mental yang sebentar lagi akan diketahui dengan cara membaca penjelasannya di bawah ini.

Cara Menjaga Kondisi Burung Kacer Agar Tampil Maksimal

Setiap pemilik burung kacer, dalam hal memeliharanya tentunya berbeda-beda, ada yang suka ikut lomba di lapangan dan ada juga yang memiliki burung kacer hanya untuk hiasan rumah.

Namun, apapun tujuan seseorang memelihara kacer, maka menjadi rajin berkicau merupakan hal penting, terutama bagi burung untuk lomba, dimana bukan ketika dirumah saja burung rajin berkicau, akan tetapi ketika dilapangan juga rajin berkicau dengan optimal, meskipun harus bertarung melawan puluhan burung kacer jantan gacor lainnya.

  1. Memelihara burung kacer lebih dari Satu

Untuk memelihara burung kacer jantan lebih dari satu ya, sah-sah saja selama perlakukannya dilakukan dengan cara yang tepat, sehingga tidak membuat salah satu menjadi ngedrop mental dan bahkan menjadi macet bunyi.

Dalam penyimpanan setiap harinya, entah burung rumahan atau burung lomba, maka dalam penyimpanannya di simpan di tempat yang berjauhan, karena bisa membuat salah satu burung menjadi jarang berkicau.

Terutama burung kacer untuk lomba, sebaiknya setiap hari jauhkan dari kacer lainnya, karena ketika di ikut lombakan burung tidak bisa tampil dengan baik, entah itu karena energynya terkuras karena terlalu sering agresif ketika dirumah karena sering di dekatkan dengan kacer lainnya.

Akan tetapi, jika dalam pemeliharaan burung kacer untuk lomba, sesekali atau menjelang lomba, burung tersebut di dekatkan dengan kacer lainnya yang memiliki kicauan yang biasa saja dan memiliki mental yang biasa juga, guna untuk mendongkrak mental kacer yang akan di ikut lombakan tersebut meingkat, sehingga burung menjadi semakin percaya diri ketika nanti tampil di arena lomba.

  1. Ketersdiakan pakan berkualitas

Ketersediakan pakan yang berkualitas yang dapat meningkatkan stamina dan birahi burung menjadi suatu hal yang dapat membuat burung kacer menjadi rajin berkicau sepanjang hari.

Dan biasanya, pakan yang bisa diberikan untuk membuat birahi dan energy burung meningkat adalah dengan memberikan pakan ekstrafooding, seperti kroto, jangkrik dan pakan lainnya. Namun ¸sambil memperhatikan jumlahnya, agar tidak berlebihan karena bisa membuatnya menjadi over birahi.

Terutama burung kacer lomba, dimana pemberian pakan dari ekstrafooding tersebut akan ditingkatkan beberapa hari menjelang lomba, agar burung bisa tampil penuh energy, karena mengingat ketika saat tampil di arena lomba, dapat menguras energynya, dan burung membutuhkan banyak energy agar menang.

  1. Mencegah serangan kutu

Meskipun burung kacer memiliki kelebihan, akan tetapi burung ini juga memiliki kekurangan, dimana burung kacer mudah untuk terserang kutu yang bisa membuat burung menjadi stres dan macet bunyi, sehingga burung tidak bisa menampilkan kemampuan terbaiknya, entah itu di rumah, apalagi ketika di arena lomba.

  1. Menjaga Birahi Burung

Birahi burung yang terlalu tinggi, bisa membuat burung kacer menjadi tidak bisa tampil maksimal dan menjadikan burung memiliki perilaku yang tidak baik, seperi Mbagong/Ngebalon , malas berkicau hingga burung bisa menjadi macet bunyi.

Jadi ketika burung kacer mengalami hal tersebut, maka bisa menurunkan kembali agar stabil, salah satunya dengan terapi mandi malam.

Dan masih belum cukup untuk membuat birahinya menjadi stabil, maka lakukan penangan lainnya, seperti yang telah di jelaskan pada artikel lainnya yang telah di bahas sebelumnya.

Baca juga : Cara Menurunkan Birahi Burung Kacer

Leave a Comment