Tips Memilih Perkutut Bangkok yang Bagus Kualitas Suaranya

Memilih burung perkutut bangkok ketika ingin dipelihara memiliki peranan penting untuk dilakukan, karena jika memilih burung perkutut yang memiliki memiliki prosfek yang tidak bagus, maka tentunya burung perkutut bangkok yang di pelihara tersebut akan mendapatkan kualitas kicauan yang terbaik.

Sangat di sayangkan sekali, ketika perkutut bangkok yang dipelihara tersebut sering kalah lomba karena tidak memiliki kicauan yang baik, karena salah pilih pada saat membelinya atau juga tidak bisa berkicau seperti yang di inginkan.

Ya, tentunya akan membuat pemilik kesal karena burung perkutut bangkok yang di pelihara tersebut tidak mampu mengeluarkan kicauan seperti yang di harapkan.

Cara Memilih Burung Perkutut Bangkok

Setiap burung memiliki ciri-ciri khusus yang menandakan burung tersebut memiliki kualitas yang baik dan prosfek menghasilkan kicauan yang berkualitas, termasuk burung perkutut bangkok.

  1. Kepala

Memiliki bentuk kepala yang menonjol, sehingga ketika di lihat mirip dengan buah pinang, serta ukuran kepalanya besar.

  1. Leher

Lehernya panjang dan pangkal lehernya berukuran besar dan terlihat mengembang.

Dengan ukuran dan bentuk leher seperti itu, banyak para kung mania percaya, perkutut bangkok tersebut memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara “kung” yang panjang.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Perkutut

  1. Mata

Memiliki lingkaran kacamata yang besar dan tebal, ukuran pupilnya besar dan memiliki sorot mata yang terlihat tajam dan jenih.

  1. Hidung

Memiliki bulu halus di sekitar hidungnya, serta untuk hidungnya terlihat menonjol.

  1. Ukuran Tubuh

Jangan memilih perkutut bangkok yang yang memiliki tubuh yang terlalu kurus mapuan terlalu gemuk.

Tapi, pilihlah perkutut bangkok yang berbadan ideal dengan fostur tubuh yang proporsional dan berdiri tegak ketika berada di tangkringan.

  1. Ekor

Ciri khas dari ekor perkutut bangkok memiliki ukuran yang pendek dan ujungnya berbentuk tumpul atau papak.

  1. Kaki

Ciri khas kaki dari burung perkutut bangkok memiliki warna keunguan atau merah kehitaman.

Selain itu, untuk menandakan burung perkutut bangkok tersebut memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, memiliki cengkraman kaki yang kuat dan besar.

Ciri Suara Perkutut Bangkok yang Bagus

Kicauan yang berkualitas menjadi hal yang sangat di inginkan, untuk itu penting sekali memperhatikan atau mengetahui ciri-ciri kualitas suara perkutut bangkok yang bagus.

Lihat Juga : Download Suara Burung Perkutut Bangkok Mp3

  1. Suara depan

Dengarkan suara depat dari burung perkutut bangkok yang akan di pilih, suara depan yang bagus memiliki suara yang panjang.

Hindari untuk membeli perkutut bangkok yang bersuara depat pendek-pendek, karena kurang bagus.

Namun, hal tersebut biasanya terdapat pada perkutut bangkok dewasa yang memiliki suara depan panjang, yang berkualitas bagus.

Dan untuk perkutut bangkok muda, biasanya suara depannya masih pendek-pendek, dan meskipun bisa mengeluarkan suara depan panjang hanya sesekali saja.

  1. Suara Tengah

Suara tengah perkutut bangkok yang berkualitas bagus, memiliki irama yang enak di dengar, dengan tekanan suara yang renggang dan jelas.

  1. Suara Ujung

Suara ujung perkutut bangkok memiliki suara yang panjang serta mengalun untuk berkualitas, sedangkan untuk perkutut yang memiliki suara yang kurang bagus biasanya memiliki suara ujung yang putus, dengan ujung suara “kuk” .

Leave a Comment

error: Content is protected !!