fbpx

Cara Mengatasi Burung Jalak Malas Berkicau dan Kurang Aktif

Burung jalak , apapun jenisnya memiliki karakter yang sangat aktif bergerak dan juga untuk berkicau, dan untuk burung jalak muda saja, burung tersebut akan mudah gacor di bandingkan dengan jenis burung lainnya, selain itu untuk beberapa jenis burung jalak mampu menirukan suara manusia, seperti burung jalak nias dan beberapa burung jalak lainnya.

Dalam hal perawatan burung jalak, sering kali di temukan dari kalangan kicaumania terdapat beberapa masalah terkait burung mendadak tidak mau berkicau dan bahkan tidak aktif bergerak.

Nah, tentunya dengan burung mendadak menjadi banyak diam diri tersebut, sebagai pemilik burung akan menjadi kecewa dan kesal karenanya, karena untuk membuat burung jalak gacor butuh waktu dan perawatan yang rutin.

Penyeban Burung jelak Malas Berkicau

Sebagian dari pemilik burung jalak mungkin pernah mangalami burung yang tadinya gacor menjadi banyak berdiam diri.

Dan untuk mengetauhi penyebabnya apa, tentunya hanya pemilik tersendiri yang tau, karena penyebab burung menjadi macet bunyi ada beberapa hal, seperti :

  • Burung kurang Fit atau sedang sakit
  • Burung mabung
  • Banyak kutu dan tungau di tubuhnya
  • Burung stress atau trauma
  • Kurang gizi

Cara Mengatasi Burung Jalak Malas Berkicau

  1. Burung jalak mabung

Burung mabung menjadi banyak diam merupakan hal wajar, karena untuk menghemat energy dalam merontokan bulu lama dan menumbuhkan bulu barunya.

Jadi , jika burung jalak rekan-rekan kicaumania menjadi banyak diam tidak berkicau dan tidak aktif bergerak, maka tinggal tunggu saja, sampai proses mabungnya selesai . dan ketika selesai prosesnya, burung akan kembali berkicau dan aktif.

Lihat Juga : Daftar Harga Burung Kicau & Kumpulan Suara Burung

  1. Burung trauma dan stress

Penyebab burung jalak stress dan trauma bisa disebabkan oleh hewan predator yang mengintimidasi burung tersebut, seperti kucing, tikus, anjing dan hewan lainnya.

Selain itu sangkar burung yang jatuh sehingga membuat burung jalak menjadi kaget juga bisa menyebabkan burung menjadi malas bunyi.

Untuk mengatasinya adalah dengan cara menyimpa burung di tempat yang nyaman dan sepi, sehingga burung sendiri di tempat tersebut.

Jangan dekati burung dahulu oleh pemiliknya, kecuali ketika akan mengganti atau memberi pakan.

Dan sambil menyimpannya di tempat yang nyaman, putar suara angin atau suara air mengalir sebagai relaksasi.

  1. Kurangnya Asupan Gizi

Burung apapun jenisnya, ketika asupan gizinya kurang, maka ada kemungkinan burung tersebut memiliki kesehatan yang buruk, yang bisa dilihat dari ciri-ciri badan yang kurus, bulunya terlihat kusam tidak rapih, matanya layu dan tidak berkicau.

Burung jalak membutuhkan asupan pakan hewani dan nabati, jadi berikan pakan tersebut dari serangga seperti jangkrik, kroto, ulat hongkong, belalang. Sedangkan untuk pakan dari buah-buahan bisa memberikan pisang, pepaya, apel semangka dan voer .

  1. Kutu dan tungau

 Kutu dan tungau bisa membuat burung menjadi malas untuk berkicau, karena bisa membuat burung menjadi gatal, hal tersebut bisa di lihat dari tingkah laku burung yang terlihat gelisah dan tidak bisa diam karena tidak nyaman.

Jadi untuk pencegahannya bisa membersihkan kandang secara rutin dan memandikan burung.

Namun, jika sudah terlanjur maka kalian bisa membeli produk khusus untuk menghilangkan kutu atau tungau pada burung.

  1. Burung jalak sakit

Nah, untuk permasalahan burung sakit tentunya akan membuat burung menjadi banyak berdiam diri dan juga tidak berkicau.

Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengobati dan mencari tau penyebab sakitnya, dan ketika sudah sembuh burung akan kembali aktif dan berkicau kembali.

Nah, demikianlah penjelasan kali ini tentang penyebab dan cara mengatasi burung jalak menjadi malas untuk berkicau dan tidak aktif.

Leave a Comment

error: Content is protected !!