fbpx

Pleci Kecial Lombok: Suara, Ciri, Ras, Makanan, Perawatan, Dll

Duniakicau.net – Pleci kuning lombok atau sering disebut juga dengan nama pleci kecial lombok ( Zosterops chloris maxi ) merupakan jenis pleci yang hanya terdapat di Indonesia.

Banyak jenis burung yang berasal dari Indonesia yang tidak dapat di temukan di negara lainnya, dan terkandang untuk asal usulnya sendiri hanya ada di daerah terntentu , seperti pleci kacil lombok yang hanya terdapat di Bali ( Nusa penida )  dan Nusa Tenggara Barat ( Pulau Lombok )  dan sekitar pulau yang dekat dengan lokasi tersebut.

Untuk saat ini pecinta pleci kuning lombok kian di gemari, namun sebenarnya dari jaman dulu, masyarakat lombok sana sering melombakan jenis pleci ini, pada akhir pekat atau sekedar untuk melatih pleci peliharaannya tersebut dengan pleci dari pemilik pleci lainnya.

Ras/Subspesies Pleci Kecial Lombok

Pleci kecial lombok merupakan jenis pleci yang masih satu ras/subspesies dengan pleci dada kuning, seperti :

  1. Zosterops chloris intermedius

Persebarannya terdapat di sekitar sulawesi selatan, Flores, butung, sumbawa dan muna

Lihat Juga : Pleci Auriventer: Ciri-ciri, Harga, Suara, Habitat dan Karakter

  1. Zosterops chloris zachlorus

Habitatnya terdapat di kepulauan kelambau

  1. Zosterops chloris solombensis

Habitatnya di sekitar masalembo besar atau salombo besar

  1. Zosterops chloris flavissimus

Untuk ras pleci dada dada kuning yang satu ini, memiliki ciri-ciri seperti warna tungir yang kekuningan, kekangnya lebih kuning dan terang, yang habibitnya terdapat di kepulauan wakatobi ( pulau tukang besi ).

  1. Zosterops chloris mentoris

Untuk ciri-ciri pleci ras dada kuning ini , ukuran paruhnya kecil, lebih kecil dari satu ras lainnya yang habitatnya di kepulauan sulawesi.

Lihat Juga : Cara Terapi Pleci

  1. Zosterops chloris chloris

Ciri fisik ras pleci dada kuning Zosterops chloris chloris ini, warna bulu kuning pada tubuh bawahnya lebih tua yang memiliki habitat di kepulauan kai, aru, misol dan halmahera.

  1. Zosterops chloris maxi

Untuk pleci ras Zosterops chloris maxi ini memiliki ciri tubuh bagian atasnya lebih hijau dan kusam, warna bulu tubuh bagian bawahnya lebih pucat, dan untuk habitatnya di nusa penida dan ulau lombok.

Perbedaan Pleci kecial Lombok Jantan dan Betina

Untuk mengetahui ciri-ciri pleci kecial lombok jantan dan betina memang bukan hal yang mudah, karena, pleci merupakan jenis burung monformik, dimana penampilan jantan dan betina sangat mirip, sehingga cukup sulit untuk di bedakan.

Lihat Juga : Suara Pleci Gacor Full Isian

Untuk mengetahui perbedaan pleci kecial lombok jantan dan betina, yakni bisa melihat pada bulu kuning pada jantan bewarna lebih cerah/terang, bentuk ekor jantan menyerupai hurup “ V “ dengan jelas, dan jantan pleci kecial lombok memiliki suara panggilan double dan rapat, sehingga ketika mengeluarkan suara pangilan tersebut, suaranya seperti bergetar.

Suara Pleci Kecial Lombok

Di bawah ini merupakan contoh suara pleci kecial lombok yang bisa anda putar atau unduh untuk memancing atau untuk memaster pleci peliharaan anda.

Suara Panggilan Pleci Kecial Lombok | Download

Suara Kicauan Pleci kecial Lombok | Download

Perawatan Pleci Kecial Lombok

Secara umum untuk merawat burung pleci hampir sama, hanya saja untuk pemberian pakan perlu di sesuaikan, karena pleci kecial lombok memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis pleci lainnya.

Jika pemberian pakannyha kurang, bisa membuat pleci jarang bunyi dan pertumbuhannya terganggu.

Untuk itu, jika anda mengelami pleci kecial lombok peliharaan dan jarang bunyi, bisa menerapkan pemberian pakan yang akan kita bahas di bawah ini penjelasannya.

Makanan Pleci kecial Lombok

Untuk makanan pleci sebaiknya di kombinasikan, terutama empat jenis ini, seperti voer dengan kandungan protein tinggi, buah-buahan, jangkrik kecil, ulat hongkong putih, serangga kecil dan nekstar buatan.

Untuk perawatan pleciseperti jemur, mandi dan lain sebagainya, bisa membaca penjelasan ini, Baca : Cara Merawat Pleci .

Leave a Comment