Cara Merawat Burung Cendet Mabung Agar Cepat Selesai

cara merawat burung cendet mabung

Merawat burung cendet ketika akan di setting untuk membuatnya gacor dan pada saat mabung sebaiknya harus di bedakan, karena dari setiap kebutuhannya berbeda-beda.

Karena ketika dalam melakukan perawatan untuk gacor dilakukan pada saat mabung , maka kualitas burung akan menurun atau juga bisa pertumbuhan bulunya menjadi tidak normal yang terlihat tidak rapih, kusut dan juga beberapa hallainnya. Terlebih burung cendet tersebut akan menurun kualitas kicauannya.

Ada beberapa contoh, dimana pemilik burung merasa bangga pada burung cendetnya tetap rajin untuk berkicua dengan baik, padahal burung tersebut sedang mabung. Namun untuk beberapa bulan kemudian burung tersebut menjadi menurun kualitasnya.

Dalam proses mabung, burung cendet butung untuk beristirahat total dari aktifitas biasanya, seperti aktifitas berkicau dan aktif untuk bergerak aktif. Karena dengan focus pada mabung tersebut, maka sebagian besar energy yang dimiliki oleh burung cendet tersebut akan di gunakan untuk merontokan bulu lamanya dan menumbuhkan bulu barunya kembali dengan baik. Dengan adanya aktifitas lainnya seperti masih rajin berkicau atau bahkan birahi, yang ada burung tidak bisa focus dan akan membuat burung membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan proses mabung tersebut dan yang paling di khawatirkan, burung menjadi macet bunyi karenanya.

Cara Merawat Burung Cendet Mabung Agar Cepat Selesai

Dari pada hal-hal yang tidak di inginkan muncul pada burung cendet kesayangan anda, terlebih itu menjadi macet bunyi, maka pola perawatannya harus dibedakan. Dan sebelum melakukan perubahan perawatan, maka bisa dengan melihat ciri-ciri burung cendet mabung, seperti pada penjelasan di bawah ini :

  • Burung Lebih banyak berdiam diri dan jarak aktif bergerak
  • Burung menjadi manja
  • Menjadi malas untuk berkicau, padahal sebelumnya rajin gacor
  • Bulu cendet akan terlihat kusam, mudah nyerit dan kering
  • Bulu halus mulai berjatuhan, seperti bulu halus bagian ekor, dada dan sayap

Jika hal tersebut sudah dilihat dan di pastikan burung cendet anda sedang mengalami mabung, maka sebaiknya rubah pola perawatannya agar berjalan dengan sempurna.

Baca Juga :

  1. Menganti Voer

Dari beberapa cendet mania dalam pemberian pakan dari Voer tersebut ketika saat mabung adalah dengan mencampurkannya dengan Voer dari ayam broiler dengan Voer yang biasa di berikan khusu burung dengan perbandingan 50 : 50 .

  1. Menambah Esktrafooding

Burung cendet ketika mabung akan menghasbiskan energynya untuk proses perontokan bulu dan juga untuk pertumbuhan bulu barunya.

Dengan hal tersebut, tentunya burung cendet membutuhkan banyak energy dari pakan untuk mensuplai kebutuhan energy, terutama pakan dari Ekstrafooding. Misalkan dalam pemberian pakan jangkrik pada saat tidak mabung di berikan dengan jumlah3 ekor dan ketika mabung, maka bisa dengan menambahkannya menjadi 6 ekor setiap hari dalam pemberainnya. Begitu juga dalam pemberian pakan dari kroto yang tadinya di berikan 1 kali dalam seminggu, maka tambahkan menjadi diberikan setiap hari dan juga berikan pakan dari ulat hongkong 5 sampai 10 ekor setip harinya.

Namun , meskipun membutuhkan asupan makanan yang banyak untuk mensuplai kebutuhan Gizi burung cendet ketika mabung, maka perhatikan terlebih dahulu dengan melihat burung dan mengkondisikannya tetap berdiam diri atau tidak melakukan aktifitas yang aktif dan tidak berkicau.

Karena ketika burung menjadi rajin berkicau dan lebih aktif setelah penambahan pakan dari EF tersebut bisa kemungkinanan burung dalam kondisi birahi, dan sebaiknya kurangi pakan dari EF tersebut dan setting kembali pakannya dengan jumlah yang cukup yang di sesuaikan dengan kondisi burung cendet.

  1. Multivitamin

Multivimtin menjadi salah satu pilihan yang bisa di ambil untuk diberikan pada burung cendet ketika mabung. Karena bisa saja, pakank yang diberikan setiap hari tersebut masih belum cukup memenuhi kebutuhan gizi bagi burung cendet tersebut.

  1. Mandi dan Jemur

Untuk memandikan dan menjemur burung cendet mabung maka hindari untuk melakukannya ketika bulu lamanya tersebut ketika rontok atau ambrol, karena dengan menjemurnya akan membuat perontokan bulunya menjadi terhambat dan juga ketika memandikannya akan membuat bulu menjadi alot dan proses rontok bulu terhambat.

Mandikan dan jemur burung cendet ketika bulu jaruhnya terlihat lebat di sekujur tubuhnya, dan penjemuranjuga tidak boleh dilakukan lama, lakukan secukupnya saja, karena jika terlalu lama dapat membuat pertumbuhan bulunya tidak sempurna.

  1. Berikan Kenyamanan

Kenyamanan burung cendet ketika sedang mabung menjadi hal yang harus didapatkan, karena burung bisa focus untuk menikmati proses mabung tersebut. Dan sebisa mungkin hindari burung cendet merasa terganggu atau emosinya negatifnya timbul, karena dapat menghambat proses mabungnya. Seperti mengantang dekat dengan burung lainnya atau hewan predator yang menakutinya.

  1. Memaster Burung cendet

Mabung pada burung cendet akan membuatnya menjadikan burung malas untuk berkicau dan memilih untuk berdiam diri. Dan momen ini banyak dilakukan oleh para kicaumania dengan memaster burungnya tersebut. Sehingga burung bisa mendengarkan irama kicauan masterannya dengan baik , karena tidak melakukan banyak aktifitas yang menghambat pendengarannya menjad tidak focus.

Cara Merawat Burung Cendet Mabung Agar Cepat Selesai | duniakicau | 4.5